Cara Mengusir Lalat

Lalat adalah salah satu hewan yang terkesan menjijikkan di dalam rumah, sebab hewan ini suka hinggap pada tempat – tempat kotor kemudian berpindah hinggap pada makanan. Lalat sangat menyukai makanan mengandung karbohidrat, protein dan lemak.

Terdapat banyak jenis lalat, yaitu kecil hitam, sedang dan juga besar berwarna hijau. Lalat membutuhkan protein dan bahan – bahan organik untuk proses pertumbuhannya, perkembang biakan dan regenerasi sel – sel rusak, sehingga membuatnya akan hinggap pada makanan atau sisa makanan di atas meja.

Saat lalat menghinggapi makanan maka ia akan meninggalkan kuman serta kotorannya di makanan tersebut. Sehingga membuat makanan tersebut menjadi tidak higienis dan menjadi sumber berbagai penyakit.

Penyakit yang sering ditimbulkan yaitu maag atau gejala pada pencernaan, karena terdapat kuman pada makanan yang ikut masuk ke dalam tubuh kita melalui pencernaan dalam lambung. Serangga ini juga berpotensi menyebarkan penyakit mematikan seperti kolera, lepra, TBC, demam tifoid, salmonella dan bakteri penyebab disentri.

15 Cara Mengusir Lalat Secara Alami dari Dalam Rumah

cara-mengusir-lalat

Rumah adalah tempat yang kita tinggali, apabila tidak bersih maka kita akan merasa tidak nyaman. Sehingga kita harus menjaga kebersihan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Selain kebersihan tempat tinggal, udara juga dapat berpengaruh pada kedatangan lalat, Selalu buka jendela agar sirkulasi udara menjadi lancar.

Datangnya lalat di tempat tinggal kita dapat disebabkan oleh kurang bersihnya lingkungan di sekitar rumah. Faktor lingkungan biasanya ditimbulkan oleh adanya kandang binatang ternak yang menghasilkan kotoran.

Penyebab utama timbulnya lalat dari dalam rumah, biasanya ialah tumpukan piring kotor di dapur, sisa – sisa makanan/buah yang mulai membusuk, atau sampah menumpuk. Untuk mengusir lalat datang ke tempat tinggal berikut cara-caranya:

Perubahan Pola Hidup

1. Membersihkan Lingkungan Rumah

Melakukan pola hidup sehat dapat membantu mengurangi lalat di dalam tempat tinggal, Letakkan bak sampah di luar, tutup sampah agar mencegahnya masuk ke dalam.

Apabila di dalam rumah terdapat bak sampah, usahakan sampah tersebut hanya menampung sampah kering karena lalat menyukai tempat kotor termasuk sampah basah. Jangan lupa menutup bak sampah tersebut, dan buanglah sampah setiap hari. 8 Cara Ampuh Membasmi Semut Secara Alami.

2. Buanglah Sampah Setiap Hari

Menjaga kebersihan rumah wajib dilakukan agar penghuni merasa nyaman dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satu cara menjaga kebersihan tempat tinggal yaitu dengan membuang sampah setiap hari.

Menggunakan Bahan Alami yang Tidak Disukai Lalat

1. Membuat Ramuan Daun Kemangi

Cara mengusir lalat secara alami yang pertama yaitu pemanfaatan daun kemangi yang biasa digunakan sebagai lalapan menu sambal. Langkah adalah ambillah daun kemangi secukupnya, lalu taruh pada plastik dan tambahkan sedikit air, Bau harum daun kemangi akan membuat lalat pergi.

Aturlah daun kemangi pada plastik agar terlihat menarik, agar bisa digunakan sebagai pengusir lalat, sekaligus hiasan. Aroma harum daun kemangi juga dapat digunakan sebagai pengharum ruangan.

2. Gunakan Daun Cengkeh

Jenis rempah – rempah satu ini sangat ampuh digunakan untuk mengusir lalat, Serta mudah diperoleh karena tersedia di pasar tradisional. Aroma harum daun cengkeh akan membuat laler alergi sehingga membuatnya pergi dari tempat tinggal kita. Bahaya dan Cara Jitu Mengusir Kecoa.

3 Menanam Daun Pandan

Seperti tanaman berbau harum lainnya ternyata padan juga dapat digunakan untuk membuat pergi lalat, Tanamlah daun pandan di sekeliling tempat tinggal, maka ia akan menjauh.

4. Menanam Bunga Lavender

Cara mengusir lalat secara alami sekaligus menjadi parfum bisa memanfaatkan bunga lavender, Caranya tanamlah bunga lavender di dalam rumah, aroma harum bunga lavender dapat mengusir lalat juga sebagai pengharum ruangan.

Selain itu, tampilan bunga lavender yang cantik juga dapat digunakan sebagi penghias ruangan anda.

Memakai Benda di Sekitar

1. Menyalakan Lilin Aroma

Lalat adalah serangga yang takut dengan api dan membenci aroma khas. Dengan menyalakan lilin di dalam rumah (dapur), atau dekat tempat makanan, maka lalat akan pergi karena api dan aroma khas lilin.

Cara ini banyak digunakan oleh pedagang nasi di pinggir jalan, mereka meletakkan lilin di sebelah lauk agar terhindar dari laler.

2. Menaburkan Garam Dapur

Garam dapur juga dapat digunakan untuk mengusir lalat di siang hari,  Ambil garam secukupnya, lalu taburkan pada daerah yang sering didatangi.

3. Gunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memiliki aroma menyengat yang tidak disukai lalat, Tuangkan minyak kayu putih seukuran tutup botol, lalu letakkan pada ruangan yang sering dihinggapi. Aroma dari minyak kayu putih akan membuat lalat kabur.

4. Menggantung Kantong Plastik Berisi Air

Cara ini sangat sederhana bahannya pun sangat mudah didapat. Penjelasan dari air dalam plastik dapat mengusir lalat, yaitu Apabila kantung plastik terisi air digantung, maka air akan membiaskan cahaya.

Cahaya yang datang akan dibelokkan ketika melalui air, Dengan demikian bayangan akan timbul, dan bergeser dari letak objek sebenarnya. Ilusi optik ini diharapkan dapat membuat lalat bingung dan menjauhi area plastik berisi air.

5. Nyalakan Kipas Angin

Cara sangat mudah untuk mengusir lalat hijau dari tempat tinggal yaitu dengan menyalakan kipas angin, Cukup arahkan kipas angin pada serangga maka laler akan tertiup angin dari kipas angin.

Menggunakan Alat Pembasmi Serangga

1. Memukul dengan Sapu Lidi

Cara membasmi lalat ijo yang pertama bisa menggunakan sapu lidi, Metode ini tergolong tradisional, dan cukup menguras tenaga untuk mengusir lalat hijau, namun terbukti sangat ampuh. Cukup ambil sapu lidi kemudian pukulkan pada laler, maka satu persatu akan mati, Segera bersihkan bangkai laler, agar tidak mengotori lantai dalam tempat tinggal.

2. Menggunakan Raket Nyamuk

Raket yang mengandung tegangan listrik, biasanya digunakan untuk menghilangkan nyamuk, selain itu juga dapat digunakan sebagai pengusir lalat. Caranya sama dengan saat kita menggunakan untuk membasmi nyamuk, nyalakan raket kemudian pukul sampai mengenai lalat yang ada di rumah kita.

3. Menaruh Lem Lalat di Sekitar Rumah

Cara ampuh yang digunakan untuk mengusir serangga lainnya yaitu dengan menggunakan lem lalat, yang banyak banyak dijual di toko – toko obat pembasmi serangga. Oleskan lem pada kertas ataupun kayu triplek, kemudian letakkan di tempat yang biasa dituju lalat, Lem ini akan membuatnya terperangkap dan tidak bisa melarikan diri.

4. Gunakan Semprot Serangga

Menggunakan penyemprot serangga memang terbukti sangat ampuh, untuk menghilangkan serangga di rumah seperti kecoa, nyamuk, semut, dan lainnya. Namun cara membasmi lalat ijo yang satu ini cukup beresiko bagi penghuni, karena dapat meninggalkan racun yang berbahaya.

Saat menggunakan semprot serangga, ikuti petunjuk penggunaan yang ada pada kemasan, jauhkan dari jangkauan anak, dan cuci tangan sebelum/sesudah menggunakannya.

Sampah merupakan tempat yang paling disukai lalat, maka bersihkanlah tempat tersebut. Kebersihan merupakan sebagian dari iman, selalu jaga kebersihan agar kita semua terhindar dari segala macam penyakit. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Baca Artikel Lainnya :
Cara Membasmi Lalat Kandang Kehadiran lalat merupakan salah satu masalah umum yang pasti akan di hadapi oleh para peternak sapi,kambing dan ayam. Lalat adalah salah satu serangga...
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!