Cara Mengusir Rayap di Rumah

Cara mengusir rayap di rumah – Sebagian besar orang tentu tidak asing dengan serangga satu ini, ya rayap. Rayap ialah serangga sosial / serangga yang hidup secara berkoloni anggota infraordo isoptera, bagian dari ordo blattodea (kecoa) yang dikenal luas sebagai hama bagi kehidupan manusia.

Serangga ini bersarang dan mengkonsumsi kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi. Binatang ini masih berkerabat dengan semut, juga serangga sosial.

Cara Membasmi Rayap Di Rumah Dan Pencegahan Kembalinya

cara-mengusir-rayap-di-rumah

Dalam bahasa Inggris, rayap disebut juga “semut putih” (white ant) karena kemiripan tingkah lakunya. Hewan satu ini merupakan hama yang kerap hidup dalam koloni dan juga mengkonsumsi selulosa, senyawa organik yang paling biasa diperoleh dalam kayu dan tanaman. Hewan ini sering menggerogoti perabotan rumah yang berasal dari kayu. Sehingga banyak orang mencari berbagai cara mrmbasmi rayap di rumah dan pencegahan kembalinya.

Maka tidaklah aneh jika serangga ini sangat suka kayu, tanaman karena media tersebut merupakan sumber makanan pokoknya yakni selulosa. Bahkan kayu yang telah diproduksi dan diolah menjadi furnitur pun tidak luput dari perhatiannya.

Sehingga rayap sering disebut hama bagi manusia karena sering merusak fasilitas terbuat dari kayu baik perabotan rumah, furnitur maupun bahan lain dirumah terbuat dari kayu. Berikut ialah sebuah cara sederhana mengusir rayap yang merusak perabotan di rumah:

Gunakan air cucian beras

Untuk yang suka memasak, tentu masak nasi ialah perkara mudah. Biasanya setelah mencuci beras, air bilasannya jangan dibuang begitu saja karena cara ampuh mengusir rayap di rumah secara alami dapat melakukannya dengan memakai air beras.

Cukup kumpulkan air bekas cucian beras tersebut, selanjutnya lakukan penyemprotan pada tempat yang terjangkit rayap. Hewan ini pun akan berkurang secara pelan dan pergi meninggalkan tempat tersebut.

Gunakan daun salam dan kemangi

Bumbu dapur satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain cocok untuk bumbu dapur, aroma kuat dari daun salam dan kemangi akan bermanfaat untuk digunakan sebagai cara ampuh mengusir rayap di rumah.

Cara menetralkan rayap dengan teknik ini cukup mudah untuk dikerjakan. Cukup letakkan saja daun-daun tersebut ke perabotan rumah. Serangga ini tak mungkin mendekati perabot tersebut.

Di samping itu, bahan ini juga aman untuk diletakkan pada lemari pakaian karena tak mungkin membuat pakaian menjadi bau. Sehingga cara menetralkan rayap yang satu ini tidak mampu memberi dampak negatif.

Cara Mengusir Tikus Curut

Gunakan kapur barus

Kapur barus memang mempunyai segudang manfaat. Kapur barus yang terkandung naftalena di dalamnya dapat dipakai sebagai cara menghilangkan rayap di area rumah secara efektif.

Di samping menghindarkan serangga kecil di rumah, bau kuat dari kapur barus juga sangat tidak disenangi oleh rayap. Letakkan kapur barus di furnitur-furnitur rumah dan beberapa sudut rumah. Rayap akan menghindari lokasi tersebut.

Air kapur sirih

Air kapur sirih memang terkenal sebagai pembasmi serangga, juga sangat ampuh untuk menghilangkan rayap di area rumah. Hewan tersebut sangat tidak suka kapur sirih karena mempunyai sifat panas bagi tubuhnya.

Untuk mengusirnya maka siramkanlah air kapur sirih ini ke tempat di mana rayap berada. Air ini juga dapat dimasukan ke wadah semprotan sehingga dapat lebih leluasa dalam mengusirnya.

Air tembakau

Usut punya usut, bahan baku pembuatan rokok ini juga ternyata dapat mengusir kawanan rayap. Caranya hal pertama wajib merendam tembakau di dalam air selama satu malam.

Perendaman ini memiliki tujuan untuk mengeluarkan sari yang terdapat di dalam tembakau tersebut. Setelah siap, silahkan siram atau lakukan penyemprotan air tersebut ke sarang rayap.

Gunakan garam

Cara mengusir kawanan rayap yang cukup mudah ialah dengan memakai garam dapur. Cukup taburkan garam di dekat sarangnya, maka serangga kecil itupun akan langsung menghindar.

Agar lebih efektif bisa juga mengombinasikannya dengan air tembakau dan selanjutnya semprot ke rongga-rongga yang menjadi tempat bersembunyinya.

Minyak tanah

Sebagai salah satu dari bahan bakar maka hampir semua serangga takut pada minyak tanah, tak terkecuali rayap kayu ini. Untuk membasmi rayap hanya perlu menyiram atau menyemprot kawasan yang menjadi sarangnya. Tidak perlu menanti lama, rayap tersebut akan langsung berhamburan keluar.

Gunakan minyak neem dan minyak jeruk

Minyak neem atau biasa dikenal dengan sebutan minyak mimba. Dihasilkan dari buah dan biji mimba. Ini termasuk cara menghilangkan rayap bebas racun di lemari yang aman.

Bahan ini aman untuk digunakan di dalam lemari makanan atau kabinet peralatan dapur. Kandungan d-limonene di dalam minyak jeruk akan menangkal rayap ketika bersentuhan langsung, demikian juga dengan minyak neem yang merupakan pestisida alami.

Rayap akan berhenti menggerogoti kayu dan tidak bertelur lagi setelah bersentuhan dengan minyak ini sehingga jumlahnya akan turun drastis. Caranya, teteskan minyak pada kapas dan usapkan pada lemari atau perabotan. Ulangi satu minggu sekali jika diperlukan.

Cuka dan perasan lemon

Campuran kedua bahan dapur ini termasuk dalam cara menghilangkan rayap bebas racun. Peras dua buah jeruk lemon dan campurkan perasannya dengan setengah cangkir cuka. Masukkan ke botol semprot dan lakukan penyemprotan ke area yang diserang. Ulangi hingga rayap hilang.

Gunakan air sabun

Air sabun dianggap sebagai cara berguna sebagai metode untuk menyingkirkan rayap secara mudah di rumah. Air sabun akan menghancurkan jalur pernapasannya dan akhirnya mati.

Caranya ialah pertama campur sabun cuci piring cair ke dalam gelas air. Kemudian tempatkan campuran ini ke dalam botol semprot. Semprotkan campuran pada setiap kayu yang terkena dampak serangan rayap.

Cara Ampuh Mengusir Kelelawar Dari Rumah

Pencegahan masuknya rayap

cara-membasmi-rayap-di-rumah

Apabila rayap sudah dibersihkan atau diusir dari rumah maka berikut langkah untuk mencegahnya dating kembali, antara lain :

Beri ventilasi memadai

Rayap sangat suka tempat lembap dan minim terik matahari. Apabila di dalam rumah terdapat banyak perabot berbahan kayu, maka cara menetralkan pertama ialah membangun ventilasi yang mencukupi sehingga terik matahari bisa masuk ke tiap sudut rumah. Dengan begitu, furnitur berbahan kayu pun tak mungkin mudah dikonsumsi rayap.

Jika beberapa perabot berbahan kayu terlanjur diserang rayap, maka cara mengusir setelahnya ialah menjemur perabotan tersebut pada area terbuka. Hal ini mempermudah terik matahari langsung untuk mengusirnya.

Bersihkan halaman dari genangan air

Di mana ada genangan air, di situlah rayap akan berkawin. Cara menetralkannya dari paling luar rumah ialah dengan menghindarkan adanya genangan air, baik di halaman rumah ataupun selokan.

Cara menetralkan rayap ini perlu dikerjakan terutama ketika musim hujan. Daripada mempunyai banyak genangan air, sebaiknya halaman rumahm mempunyai penampung air hujan seperti kolam supaya mudah dibersihkan.

Bersihkan pula selokan secara teratur, selain sebagai cara mengusir rayap, juga dapat menetralkan nyamuk.

Memperbaiki keramik atau pipa rusak

Cara mengusir rayap satu ini nampak sepele. Namun keramik yang rusak dapat memicu uap air akan cepat masuk ke rumah. Akibatnya kondisi rumah menjadi lembab.

Belum lagi jika rumah mengalami kebocoran pada pipa tertentu, maka kadar kelembapan di dalam rumah akan meningkat. Maka tidak heran jika rayap menjadi terpancing untuk masuk dalam rumah. Oleh karena itu, jangan meremehkan kerusakan kecil.

Cara mengusir hewan ini ialah dengan memulihkan setiap keramik rusak sebelum rayap masuk dan membangun koloninya. Selain itu, cegah kebocoran pada pipa rumah yang mungkin terjadi supaya tidak merembes kemana-mana.

Cara ini lebih bagus daripada menanti sampai rumah beneran sudah diserang rayap. Tentu akan lebih sulit untuk mengusir jika jumlahnya sudah terlalu banyak dan menggerogoti furnitur di rumah.

Menutup retakan dinding

Hal paling wajib diperhatikan untuk yang mempunyai rumah ialah mengontrol secara terencana kondisi rumah. Pemilik tidak pernah menyadari adanya retakan jika tidak diperiksa secara waspada.

Retakan yang muncul tersebut bisa menjadi jalan bagi rayap untuk masuk ke dalam rumah sehingga pemilik kewalahan untuk menemukan metode menetralkan rayap ketika koloninya sudah terbentuk. Oleh karena itu, periksa sisi rumah dengan seksama.

Hindari kontak langsung material kayu dengan dinding atau tanah

Bagi yang mempunyai rumah dengan bangunan dengan kandungan material kayu, selalu perhatikan jarak antara material kayu dengan tanah. Cara ini berkhasiat untuk mengusir rayap tanah yang umumnya masuk ke dalam bangunan dengan media kayu.

Ditambah lagi jika material kayu yang dipakai bukan kayu yang diolah dengan baik, maka material tersebut dapat secara gampang mengumpulkan uap air. Kondisi ini sangat disenangi oleh hewan ini.

Rayap mempunyai cukup bahan makanan dan suhu udara yang mendukung. Cara mengusir rayap dengan menghindari kontak langsung antara tanah dengan kayu cukup ampuh karena menutup jalannya menuju ke rumah.

Jemur perabot kayu

Cara menetralkan rayap yang suka mengkonsumsi material kayu ialah menjaga supaya material tersebut tetap kering. Perabotan yang terbuat dari kayu harus untuk dijemur secara teratur di bawah terik matahari.

Pastikan perabotan tersebut dijemur dengan waktu cukup lama supaya tidak ada lagi sisi perabot yang terlalu lembab.

Cara pengusiran ini akan lebih efektif untuk tipe rayap kayu. Selain itu, selalu gunakan pernis secara terencana pada peralatan perabot supaya sangat sulit kemasukan uap air.

Sebagai langkah cara mencegah, berikan jarak antara furnitur kayu dengan dinding supaya tidak memancing rayap masuk dari retakan dinding untuk bergerak ke arah furnitur.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment