Cara Mengusir Tawon Ndas

Cara Mengusir Tawon Ndas merupakan jenis serangga terbang yang suka menyengat dan memiliki warna menyolok pada beberapa spesies. Tawon termasuk dalam ordo Hymenoptera yang juga beranggotakan semut dan lebah, walaupun sebenarnya Tawon atau tabuhan berbeda dengan lebah, namun terkadang orang awam menyebutnya sama.

Tawon membuat sarang beraneka ragam tergantung pada jenis serta cara hidupnya untuk jenis soliter biasanya membuat sarang untuk meletakkan persediaan makanan juga sebagai tempat anaknya tumbuh. Serangga ini memanfaatkan material alam di sekitarnya untuk membuat sarang. Hal tersebut dikarenakan mereka tidak memiliki kelenjar penghasil bahan pembuat sarang seperti kelenjar lilin yang terdapat pada lebah madu.

Tawon kura – kura pemburu laba – laba membuat sarang sederhana berupa suatu liang di dalam tanah untuh meletakkan korbannya. Tawon soliter jenis lain seperti tawon pot membuat sarang dari lumpur lalu menempelkannya di permukaan benda lain seperti tembok atau pohon.

Cara Mengusir Tawon Ndas dari Rumah

cara-mengusir-tawon-ndas

Apabila di rumah kita terdapat sarang tawon tentu sangatlah bahaya terutama yang memiliki balita. Hewan ini akan menyengat siapa saja ketika mereka merasa terancam. Biasanya sarang tersebut berada di langit – langit rumah, jika tidak segera di ambil maka sarang tersebut semakin lama akan menjadi besar serta penghuni sarangnya pun semakin banyak. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengusir tawon dari rumah.

1. Gunakan Cara Membersihkan Sarang Tawon di Rumah

sarang-tawon-ndas

Ketika akan mengusir tawon dari rumah kita maka terlebih dahulu kita harus membersihkan sarangnya. Caranya adalah Anda harus mengetahui letak sarang tersebut, lalu tunggu hingga penghuninya pergi dari sarang. Biasanya pada siang hari hewan ini akan keluar sarang untuk mencari makan.

Maka waktu ini lah yang tepat untuk membuang sarangnya. Usahakan anda betul – betul membersihkannya tanpa menyisakan tangkainya sedikitpun. Jika tangkai masih tersisa maka tawon akan membangun sarang kembali di tempat itu.

2. Menyemprotkan Insektisida dan Perangkap untuk Mengatasi Tawon Ndas

insektisida-pembasmi-tawon-ndas

Saat anda menggunakan insektisida untuk menyemprot sarang tawon maka gunakan baju pengaman serta alat bantu pernafasan. Lakukan penyemprotan pada sore hari sebab biasanya serangga ini tidak sedang agresif saat sore hari.

Perangkap yang dimaksud terbuat dari campuran air cuka, sabun pencuci piring serta gula. Larutkan bahan tersebut pada ember berukuran sedang lalu tambah sedikit air. Letakkan ember di bawah sarang tawon. Aroma yang dihasilkan akan menarik tawon untuk berdatangan kemudian akan tenggelam di air dan mati.

3. Memakai Cara Memasukkan Tawon dalam Kantong Plastik

Cara ini harus dilakukan dengan bantuan orang lain, anda tidak dapat melakukannya sendiri. Hal yang dibutuhkan kantong plastik berukuran besar, galah, pemotong dan baju pelindung. Selanjutnya ikat pemotong (pisau atau gergaji tajam) pada galah, ikat juga kantong plastik pada galah lain jangan lupa kenakan baju pengaman.

Salah satu orang memegang galah dengan kantong plastik dan salah satunya memegang galah dengan pemotong. Tempatkan galah dengan kantong plastik tepat pada sarang, kemudian potong tangkai sarang. Pastikan sarang jatuh pada kantong plastik lalu ikat kantong agar tawon tidak dapat keluar.

4. Mengubah Suasana Rumah

Ketika sarang sudah dibuang dan dibersihkan terkadang mereka akan kembali serta membangun sarang baru. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya bekas atau sisa sarang. Oleh karena itu anda harus mengecat ulang rumah anda agar tawon tidak membuat sarang.

Saat ada tawon masuk rumah maka ia akan mencari tempat nyaman untuk dijadikan sarang. Sebelum mereka membangun sarang maka usirlah saat mereka datang ke rumah. Demikian cara mengusir tawon dari rumah. Semoga berhasil, Terima kasih sudah mengunjungi artikel kami. !!!

Baca Artikel Lainnya :
Budidaya Lebah Madu Budidaya Lebah Madu mempunyai tujuan utama untuk mendapatkan madu yang dihasilkan oleh lebah. Madu ialah cairan kental manis yang diproduksi lebah seb...
Cara Memperbanyak Lebah Madu Lebah madu memiliki kebiasaan untuk hidup secara berkoloni dengan rata - rata antara sepuluh sampai tiga puluh ribu ekor per koloni. Untuk jenisnya bi...
Cara Membuat Ratu Lebah Madu Cara Membuat Ratu Lebah Madu - Lebah dikenal sebagai serangga penghasil madu yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh manusia. Madu juga diperc...
Cara Menyatukan Koloni Lebah Madu Cara Menyatukan Koloni Lebah Madu - Kadang kita perlu menyatukan koloni lebah madu yang satu dengan lainnya, dengan harapan mampu menyelamatkan dan me...
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!