Cara Mengusir Tikus dari Rumah 4.5/5 (2)

Tikus dapat ditemukan di seluruh belahan dunia, kecuali di Antartika atau pulau yang terletak di tengah samudera. Beberapa spesies tikus merupakan hewan yang hidup secara sosial, namun ada pula spesies yang hidup secara soliter.

Tikus betina dapat beranak beberapa kali setiap tahun, terlebih di daerah dengan cuaca hangat perkawinan dapat terjadi sepanjang tahun, dengan tingkat reproduksi tinggi membuat populasi meningkat pesat terutama saat sumber makanannya tercukupi.

Rumah kita adalah tempat paling nyaman untuk tempat tinggal, Cuaca yang hangat serta tersedianya sumber makanan menjadi faktor utama tikus datang. Curut dapat menyebabkan kerusakan pada perabotan karena gigitannya, Selain itu juga dapat menyebarkan bakteri penyakit melalui air kencing serta kotorannya.

Kehadiran hewan pengerat di rumah kita tentunya sangatlah mengganggu, berikut cara – cara ampuh mengusir tikus dari rumah :

cara-mengusir-tikus-paling-ampuh-dan-efektif

Menjaga Kebersihan dan Kerapian Rumah

Tikus merupakan salah satu hewan yang identik dengan tempat kotor, maka dari itu jagalah selalu kebersihan rumah. Sapulah rumah setiap hari terutama dari sisa – sisa bahan makanan yang terjatuh di lantai.

  Cara Budidaya Tikus Putih

Selain itu bersihkan juga tempat – tempat yang tidak terlihat seperti di bawah tempat tidur, di bawah almari dan lain sebagainya. Buanglah sampah setiap hari agar tikus tidak mencari makanan di tempat sampah, kerapian rumah juga perlu dijaga misalnya baju – baju yang sudah dicuci segera dilipat kemudian masukkan ke dalam almari.

Perkakas rumah tangga di letakkan dengan rapi di tempatnya agar tidak menjadi tempat persembunyian tikus, Apabila rumah kita bersih dan rapi penghuni rumah akan merasa nyaman dan curut tidak akan datang.

Cara untuk mengusir hewan pengganggu satu ini yaitu dengan menggunakan kabur barus. Sama seperti hewan pengganggu lainnya misalkan semut, rayap, kecoa tikus juga tidak menyukai aroma dari kapur barus, caranya cukup hancurkan kapur barus agar lembut lalu tebarkan pada area yang sering dilalui.

Jenis Hewan Peliharaan Pengusir Tikus

Dari dahulu kucing terkenal sebagai musuh tikus, karena kucing akan adalah predator utama hewan pengerat ini. Baik itu kucing jenis anggora, persia atau kampung merupakan musuh dari tikus, saat melihat hewan pengerat berkeliaran maka kucing akan mengejarnya, lalu tikus pun tidak akan kembali ke rumah karena takut ada kucing.

Tikus tidak menyukai suara bising, sehingga suara nyaring dan bising yang dihasilkan oleh jangkrik dapat mengusirnya dari rumah.

  Cara Membasmi Tikus Di Sawah

Bahan Alami Untuk Mengusir Tikus atau Curut

Buah durian merupakan buah yang memiliki aroma khas serta rasanya sangatlah nikmat. Namun kita tidak menggunakan buahnya sebagai bahan untuk mengusir tikus melainkan dengan kulitnya. Letakkan kulit durian di area yang sering dilalui tikus, bau dari kulit durian dapat mengusir bahkan membunuh jenis curut.

Dalam bidang kesehatan buah mengkudu sangat banyak khasiatnya, tapi sangat disayangkan memiliki bau tidak sedap bagi yang tidak terbiasa. Aplikasikan buah mengkudu dengan air lalu siram pada daerah tikus sering lewat, pastikan sebelum mencampur buah terlebih dahulu dihancurkan.

Aroma daun mint yang menyegarkan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan serta dapat digunakan sebagai pelengkap dalam masakan. Selain itu aroma segar dri daun mint dapat dijadikan sebagai salah satu bahan untuk mengusir hewan pengerat ini.

Caranya cukup ambil 3 ikat daun mint kemudian ambil sarinya dan larutkan ke dalam air dan semprotkan pada sarang tikus. Untuk menanggulangi hewan pengerat datang kembali, bisa menanam mint di sekitar rumah.

Jenis Perangkap Tikus Paling Ampuh

Lem tikus sekarang sudah banyak di jual di toko sekitar, cara penggunaannya pun cukup mudah, taruhlah lem pada papan atau triplek kemudian letakkan pada area yang sering dilewati. Jangan lupa untuk memberi umpan makanan pada lem tersebut agar tikus terpancing untuk memakannya lalu akan tertempel pada lem tersebut.

  Cara Mengusir Tikus Curut

alat untuk menjebak tikus terbukti ampuh untuk mengusir bahkan membunuh hewan menjijikkan ini dari rumah, selain itu jebakan ini juga banyak tersedia di toko, kita hanya perlu membelinya. Berilah makanan di dekat jebakan lalu letakkan pada area tikus sering lewat agar ia bisa terjebak dan mati.

Saat segala cara sudah ditempuh tapi belum berhasil maka cara terakhir yang dilakukan adalah memberi racun tikus. Namun perlu waspada dalam menggunakan racun ini karena dapat mencemari lingkungan juga dapat mengganggu pernafasan.

Di samping itu penggunaan racun tikus juga mengganggu penghuni rumah saat bangkainya belum diketemukan, sehingga akan menimbulkan aroma yang kurang sedap. Jadi pikirkan baik – baik sebelum menggunakan cara terakhir ini.

Demikian artikel tentang cara ampuh mengusir tikus dari rumah. Semoga bermanfaat, terima kasih sudah mengunjungi artikel kami !!!

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!