Cara Mengusir Tokek

Tokek berkerabat dekat dengan cecak dan keduanya merupakan binatang yang bisa memutuskan dan menumbuhkan ekornya (autotomi), namun binatang ini berukuran lebih gede. Kulit punggung ditutupi oleh sisik-sisik samar (granular) dengan bintil-bintil agak besar dan menonjol.

Pupil mata tegak bentuk jorong, dengan tepian bergerigi. Jari-jari kaki depan dan belakang tumbuh sempurna, lebih lebar di ujung, terkadang dengan selaput di antara pangkal jari.

Cara Mengusir Tokek Dari Rumah

Cakar (kuku) terdapat pada ujung jari bagian bawah. Sisi bawah jari dihiasi dengan bantalan pelekat (disebut scansor) yang berkhasiat untuk menahan langkah supaya tidak jatuh, umumnya dipakai ketika memanjat pohon, dinding atau langit-langit rumah.

Salah satu tanda eksistensi tokek ialah adanya tinja berwarna hitam/cokelat dengan bintik putih di atasnya. Tanda yang lebih jelas ialah ketika melihatnya sedang merangkak di tembok.

Walaupun berkhasiat karena melahap serangga dan laba-laba, tokek bisa menjadi hama di rumah. Jadi, terkadang pemilik wajib melakukan beberapa langkah untuk menyingkirkannya dari rumah antara lain :

  • Menggunakan Kapur Barus

Ternyata kapur barus tidak cuma dapat mengusir serangga di rumah, tetapi bisa juga dipakai untuk mengusir cicak yang ukurannya jauh lebih gede alias tokek. Hal ini disebabkan hewan tersebut tidak menyukai aroma dari kapur barus.

Caranya ialah siapkan beberapa kapur barus lalu aplikasikan pada dinding atau perabot. Letakkan kapur barus di tempat yang umum dipakai cicak untuk bersembunyi, seperti di belakang lemari atau di atas plafon.

Cara Memelihara Tokek

  • Meletakkan Cangkang Telur

Ini merupakan cara sangat ampuh dan murah untuk menakut-nakuti tokek. Hewan tersebut akan melihat kulit telur tersebut dan beranggapan sebagai “pemangsa”. Tempatkan dua pecahan kulit telur di dekat rumah, misalnya di jalur akses menuju rumah, atau di dapur.

Kulit telur jangan sampai hancur, biarkan tetap berbentuk dua bagian. Cukup menempatkan satu pasang pecahan kulit telur di setiap pintu masuk. Ketika tokek berjalan menuju pintu masuk maka akan lari ketika melihat kulit telur tersebut. Agar kulit telur tidak bau, gantilah dengan yang baru setiap 3 hingga 4 minggu sekali.

  • Menggunakan Bulu Merak

Walaupun terdengar aneh, tetapi perlu dalam mengujinya. Dapat melekatkan atau menggantungkan hiasan dari bahan bulu merak pada dinding rumah, berdasarkan dari salah satu sumber direkomendasikan yang mengutip bahwa bulu merak ini sangat ditakuti oleh tokek, cicak dan juga sebangsanya.

Cara Menangkap Tokek

  • Menggunakan Bawang Merah

Bawang putih cukup efektif dalam mengusir tokek di rumah, karena bawang merah ini mempunyai aroma sangat menyengat dan dapat membuat tokek atau cicak merasa perih dan menentukan untuk meninggalkan lokasi yang sudah diletakan bawang merah.

Caranya yakni dengan mengiris bawang merah, lalu letakan pada lokasi yang umum dijadikan sebagai tempat berkumpul atau bersarang. Selain dengan memakai bawang merah, dapat juga memakai bawang putih yang tidak kalah ampuh untuk membuatnya tidak betah berada di rumah.

  • Memasang Lampu Penerangan

Biasanya tokek senang berdiam di dekat langit-langit rumah yang cukup redup. Hal ini karena binatang tersebut mempunyai sensitivitas tinggi terhadap cahaya. Oleh karena itu pasanglah lampu penerangan di area yang kerap ditempatinya.

Selain itu dapat juga memanfaatkan cahaya senter saat ada tokek muncul di kamar tidur atau kamar mandi. Cara ini sangat ampuh untuk mengusir karena akan membuatnya terkejut dan takut.

Cara Menjinakkan Tokek

  • Membuat Perangkap dari Lem

Kebanyakan serangga yang dimangsa oleh tokek terpikat dengan cahaya sehingga tokek sangat sering berada di area tersebut. Selain bisa menangkap serangga yang menjadi sumber makanannya, memasang kertas jebakan lalat di sekitar sumber cahaya juga hendak menangkap tokek itu sendiri

Posisi yang baik bagi menempatkan kertas jebakan lalat ialah pada bagian dalam kap atau tudung lampu. Bisa juga menempatkan papan lem (glue board) atau kartu perekat (sticky card) di sekitar jendela atau jalur akses lainnya.

Apabila ada tokek yang terjebak di jebakan, bebaskan dari jebakan dengan menuangkan minyak sayur pada jebakan dan lepaskan lalu buang jauh – jauh dari rumah agar tidak kembali.

  • Menggunakan Air Merica

Cara ini terbilang mudah dan sederhana, dapat mencampur merica bubuk dengan air dan masukan ke dalam alat penyemprot. Setelah itu, lakukan penyemprotan air merica tersebut pada sarang atau lokasi yang kerap dijadikan sebagai tempat untuk bersembunyi. Maka tokek pun akan pergi dan menghindari area yang sudah diberi semprotan air merica.

  • Gunakan AC atau Kipas Angin

Sama seperti cicak, tokek tergolong sebagai tipe binatang reptil yang tahan dengan hawa panas. Di sisi lain, tokek ternyata tidak kuat menyesuaikan diri dengan rendahnya suhu di tempatnya berada.

Maka dari itu, ada baiknya buatlah suhu di rumah menjadi lebih dingin atau sejuk. Ada sebuah cara dapat dilakukan untuk menyejukkan ruangan, yakni dengan memakai ac atau kipas angin.

Atau untuk lebih menghemat biaya seringlah membuka pintu atau jendela rumah. Pastikan juga rumah mempunyai aliran udara bagus, sehingga suhu udara di rumah akan lebih sejuk dan tokek atau cicak pun akan pergi.

Ciri dan Habitat Cicak

  • Cipratan Air Garam

Garam yang digabung dengan air bisa membuat tokek di rumah pergi menjauh. Cipratan air garam ini dapat bereaksi cepat di kulit sehingga membuatnya kurang nyaman. Daripada membuat berkali-kali ketika binatang ini muncul dari tempat persembunyian.

Lebih baik buatlah larutan air garam dan meletakkannya di dalam botol semprotan. Saat akan memakainya, kocok botol supaya air dan garim bersatu selanjutnya lakukan penyemprotan ke arahnya.

  • Menggunakan Kulit Jeruk

Buah jeruk mempunyai aroma masam khas dan segar. Biasanya banyak orang memakai jeruk sebagai wewangian alami untuk potpourri atau minyak aroma terapi. Ternyata, jeruk pun berguna sebagai salah satu cara mengusir tokek dari rumah.

Caranya, cukup taruh remasan kulit jeruk pada area yang sering dihinggapi. Aroma jeruk sangat tidak disenangi binatang ini sehingga akan menjauh bila menciumnya.

  • Ampas Kopi dan Tembakau

Buatlah bola-bola kecil memakai bubuk kopi basah dan bubuk tembakau, selanjutnya tancapkan di ujung tusuk gigi. Tempatkan bola ini di tempat yang dipakai tokek untuk bersarang atau di tempat mana pun yang kerap dikunjungi, misalnya di jalur akses rumah. Tokek akan mengkonsumsi sebagian dari bola tersebut dan mati.

  • Selalu Jaga Kebersihan Rumah

Serangga-serangga kecil merupakan tipe makanan kesukaan tokek, sehingga dengan selalu menjaga kebersihan rumah maka serangga di rumah pun akan berkurang dan membuatnya menjadi tidak betah dan menentukan tempat lain yang banyak serangga-serangga yang bisa dimakan. Dengan melakukan metode ini, selain bebas dari serangga dan tokek, pemilik pun akan merasa lebih nyaman berada di dalam rumah bersih dan terawat.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment