Cara Cepat Menjinakan Sugar Glider Agar Selalu Menempel Pada Pemilik

Pada dasarnya sugar glider merupakan binatang liar yang hidup di alam bebas. Ketika akan memiliki hewan tersebut yang terlintas di pikiran adalah bentuknya kecil, imut sehingga mudah untuk diajak bermain.

Namun tidak semua sugar glider dijual dalam keadaan jinak atau booding. Apabila diajak bermain suka menggigit, crabbing, atau lari – lari.

Cara Menjinakkan Sugar Glider Agar Tidak Crabbing

cara-menjinakan-sugar-glider

Istilah crabbing adalah suara keras dan bising menyerupai terompet yang dikeluarkan oleh sugar glider dengan tujuan membela diri atau menakut – nakuti musuhnya. Ketika binatang tersebut belum jinak, maka akan menganggap pemiliknya sebagai nacaman baginya. Oleh karena itu pemilik wajib mempelajari cara menjinakkan sugar glider agar tida crabbing.

Sedangkan bonding berarti  keterikatan. Maksudnya adalah piaraan memiliki keterikatan kepada pemilik saat dipanggil namanya atau selalu menempel pada pemilik.

Pada dasarnya cara menjinakan sugar glider agar boding dan tidak crabbing tidaklah mudah, hanya butuh ketekunan dan kesabaran. Berikut langkah untuk menjinakkan sugar glider :

Tentukan usia sugar glider

Cara menjinakkan sugar glider berkaitan dengan usia dan tipe sugar slider tersebut pada waktu mendapatkannya.

  • Joey CB (Captive Breed) usia 1,5 – 3 bulan 

Secara umum tentu akan sangat cepat dan mudah cara menjinakan sugar glider usianya masih muda. Yaitu sugar glider joey usia 1.5-2 bulan karena lazimnya hanya umur 2 bulan baru boleh joey (anakan) dipisahkan dari ibunya.

Dibandingkan cara menjinakkan sugar glider yang punya usia remaja atau tua (usia 3 bulan ke atas).

Usia ini ialah usia yang termudah dan cepat dijinakkan, karena pada usia joey pola hidup, karakter dan kebiasaanya belum terbentuk, arti lain masih polos. Maka jika ingin membeli sugar glider disarankan untuk membeli SG yang masih tergolong kecil tapi yang telah layak diternakkan dan sudah boleh dipisah dari induknya, agar cara menjinakkan nya mudah bahkan bisa bonding sangat cepat.

  • Joey WC (Wild Caught)

Sangat sulit untuk melakukan cara menjinakan sugar glider joey tipe ini sebab berasal dari alam liar. Namun sekarang ini joey tipe WC sangat jarang didapatkan, bahkan tidak ada. Karena kebanyakan sugar glider sudah berasal dari budidaya.

  • Sugar glider CB dewasa

Pada usia inilah yang umumnya penghobi merasa kesusahan untuk menjinakannya, mungkin karena galak atau lainnya. Dikatakan sugar glider dewasa umumnya jika sudah berumur di atas 3-4 bulan, seperti lima bulan, enam bulan.

Lebih susah lagi kalau sudah mencapai umur 8 bulan atau bahkan 1 tahun, semakin tua makin bertambah pola kebiasaan yang telah terbentuk pada dirinya maka akan semakin susah.

Lakukan pendekatan

Apabila telah menentukan usia yang dipelihara maka cara menjinakkan sugar glider berikutnya ialah melakukan pendekatan pada piaraan.

Jika baru membeli sugar glider maka disarankan untuk mendiamkannya selama 2 – 3 hari untuk mengikuti keadaan dengan lingkungan baru.

Setelah itu lakukanlah pendekatan belailah kepalanya secara pelan walaupun crabbing tetap saja dibelai dan jangan pernah takut, karena semakin takut piaraan akan semakin beranggapan bahwa pemiliknya sebagai musuh.

Letakkan kandang di tempat yang banyak dilewati manusia, misalnya pintu dapur, kamar atau lainnya, agar sugar glider bisa sangat cepat mengenal aktifitas manusia.

Tapi jangan sampai orang-orang yang lewat di sekitar kandangnya malah menakut-nakuti SG. Entah itu dengan mengguncangkan kandangnya, mengganggu atau mengagetinya, jika itu dikerjakan justru malah akan menjadikannya semakin takut terhadap manusia.

Mengenalkan aroma tubuh

Memperkenalkan bau tubuh pemilik merupakan salah satu cara menjinakkan sugar glider. Hal ini dapat dilakukan dengan meletakkan kaus bekas pakai dalam kandang atau dengan menutupi kandang menggunakan kaos bekas pakai.

Lakukan hal tersebut hingga piaraan familiar dengan aroma tubuh pemilik. Atau bisa juga kaus bekas pakai tersebut digunakan sebagai alas tidur SG.

Sebab sugar glider merupakan binatang territorial yang menandai daerah kekuasaannya menggunakan bau. Hal ini juga merupakan cara menjinakkan sugar glider yang menggigit.

Memberi makan langsung dari tangan (handfeed)

Kebutuhan makan ialah naluri dasar semua makhluk hidup. Jika pemilik bisa mengasosiasikan makanan dengan diri sendiri, maka akan mempercepat terbentuknya kepercayaan sugar glider.

Ini merupakan salah satu cara menjinakkan sugar glider paling ampuh. Karena dengan handsfeed SG akan merasa disayangi, diperhatikan dan dirawat. Handsfeed adalah memberikan makanan sdengan memakai jari yang telah diolesi bubur atau memegang ulat hongkong.

Tapi ingat, ketika sedang melakukan cara menjinakkan sugar glider agat tidak menggigit dengan memberikan makanan melalui tangan harus dilakukan dengan hati-hati, pelan-pelan dan tidak membuat hewan tersebut kaget.

Kemudian jangan sekali-kali menarik tangan saat piaraan crabbing. Sebab sebetulnya sedang menguji apakah pemiliknya musuh atau bukan, jadi jika pemelihara kaget, apalagi langsung menarik tangannya sambil teriak, maka SG tersebut akan beranggapan pemilik sebagai musuh, dan proses penjinakannya bisa lebih lama.

Mengurangi porsi makan dan mempersering frekuensi

Metode ini bukanlah suatu penyiksaan yang patut dihindari, melainkan langkah bagus yang sewajibnya dicoba untuk cara menjinakan sugar glider.

Dengan memberikan porsi makan yang sedikit tentu sugar glider lebih mudah lapar, itu akan menjadi baik karena dengan ini berarti bisa lebih sering memberinya makan.

Pada waktu itu pula pemilik akan punya waktu untuk berinteraksi dengannya. Sehingga akan sangat cepat mengingat pemilik. Dalam kurun waktu singkat hewan ini akan merasa aman dan terbiasa dengan kedatangan majikannya. Langkah ini juga dapat dilakukan sebagai cara menjinakan sugar glider crabbing.

Membelai saat makan

Cara menjinakkan sugar glider kemudian ialah membelai sugar glider ketika sedang makan. Masih punya hubungan dengan menggunakan cara sebelumnya. Pada tahap ini cobalah membelai sugar glider pada saat makan. Jangan sungkan pula untuk menyuapi dengan tangan secara langsung.

Awalnya mungkin sugar glider akan merasa canggung dengan belaian majikannya, tapi seiring berjalanya waktu binatang tersebut akan mengingat pemiliknya. SG akan berpikir bahwa setiap kali lapar, pemilik akan datang untuk menyediakan makanan.

Rasa aman dan nyaman ini akan direkam dalam ingatan sehingga pemilik bukan lagi menjadi sebuah ancaman. Ini juga dapat dijadikan sebagai cara menjinakkan sugar glider yang menggigit.

Menggigitkan jari ke mulut sugar glider

menjinakan-sugarglider

Salah satu cara menjinakan sugar glider dengan cepat ialah dengan sering menggigitkan jari ke mulut sugar glider. Cara ini memang lebih ekstrim, nyali wajib berani dan tega. Langkah – langkahnya ialah :

  • Genggam sugar glider dengan tangan kanan. Untuk sugar glider yang masih mengigit caranya dengan menggegam leher sampai badan dan posisi jempol di bawah leher sugar glider. Genggam dengan erat supaya tidak lepas. Bisa memakai handuk supaya lebih nyaman dan aman.
  • Sodorkan jempol kiri terbalik, posisi kuku di bawah. Karena gigi sugar glider yang tajam ada di posisi bawah, jadi akan tetap aman jika tergigit. Tahan sampai 2-3 menit. Sambil ditiup kecil, diulang-ulang sampai tidak menggigit.
  • Lakukan setiap hari minimal 2 jam sebagai cara menjinakan sugar glider yang galak. Biasanya hewan ini bisa jinak tidak mengigit dalam kurun waktu di bawah satu minggu. Cepat lamanya jinak berdasarkan karakter sugar glider. Jika cepat jinak itu sudah sebuah kesuksesan.

Melatih kebiasaan

Hewan sugar glider ialah hewan yang mempunyai kecerdasan serta daya ingat tinggi, jadi bisa membiasakan suatu tindakan yang pemilik inginkan.

Seperti kebiasaan memasukkannya ke dalam kantong baju, maka lama kelamaan otomatis akan melakukannya tanpa diperintah. Atau dengan mengekapnya agar terbiasa dengan bau tangan pemiliknya.

Dan masih banyak yang lainnya kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadikannya semakin jinak dan bonding. Kebiasaan tersebut juga bisa dikerjakan sebagai cara menjinakan sugar glider yang galak.

Memandikan

Apabila telah mampu dipegang, cobalah untuk memberi mandi sugar glider, minimal 2 kali sepekan. Karena dengan memberi mandinya akan menjadikannya lebih penurut.

Resiko memelihara sugar glider

Meskipun tergolong binatang imut dan lucu, serta cara merawatnya yang cukup mudah. Namun memelihara sugar glider bukan tanpa resiko. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memelihara binatang tersebut, di antaranya :

Memiliki bau kurang sedap

Binatang ini memiliki bau yang selalu ada pada tubuhnya, tidak dapat dihilangkan meskipun sudah dimandikan. Sugar glider jantan memiliki bau lebih kuat daripada betina.

Bau tersebut akan muncul ketika berusia 6 – 7 bulan. Berasal dari kelenjar berwarna kuning di bagian tenggorokannya. Biasanya bau ini digunakan untuk menandai wilayahnya atau penanda ingin kawin.

Menggigit

Semua jenis sugar glider akan menggigit bahkan yang sudah jinak sekalipun. Namun setiap SG memiliki gigitan berbeda. Sebelum dijinakkan SG menggigit hingga melukai untuk mempertahankan diri. Ketika sudah jinak hewan ini akan menggigit kecil saat mengajak bermain.

Berisik

Sugar glider merupakan jenis binatang nocturnal atau hewan yang aktif di malam hari. Hewan ini akan sangat mengganggu ketika pemiliknya akan tidur malam.

Saat SG merasa bosan di kandang atau ketika bermain dengan temannya pasti akan mengeluarkan suara berisik bahkan suara tersebut seperti gonggongan anak anjing.

Buang kotoran sembarang

Bukan hal mengherankan jika sugar glider mendadak pipis atau buang tinja asal-asalan kepada orang yang bukan pemeliharanya.

Hal ini ialah wajar, karena ia ingin menandai wilayahnya. Bagi yang baru pertama kali merawat sugar glider, jangan kaget jika bau pipis binatang ini begitu menyengat dan mampu membuat buang feses di sembarang tempat.

Tak seperti kucing, sugar glider cukup sulit untuk diajarkan tidak membuang tinja asal-asalan. Sebagai solusinya, pemilik harus hafal kapan waktunya piaraannya buang kotoran.

Harus ditemani

Sugar glider tergolong hewan yang manja, apalagi dalam masa membangun ikatan bersama pemeliharanya. Pemelihara wajib sering mengajaknya bermain dan mengajarkannya untuk melompat dan terbang. Jika kedekatan tidak dibangun, cukup sulit untuk membuat binatang ini menjadi jinak.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment