Cara Menjinakan Tupai Liar

Cara menjinakan tupai liar – Tidak sedikit orang menyukai tupai, mulai dari anak-anak, hingga orang dewasa. Tupai bisa juga menjadi binatang piaraan unik dan murah yang dapat dipelihara.

Namun masih saja banyak yang belum tahu bagaimana cara agar tupai yang tadinya liar menjadi lebih penurut.

Cara Membuat Tupai Liar Menjadi Jinak

cara-menjinakan-tupai-liar

Tupai ialah binatang kecil dan lucu, selain hal tersebut tingkat kecerdasannya lebih tinggi dari pada kucing. Misalnya saja saat dipanggil, tupai lebih peka dengan pemeliharanya.

Ketika sudah jinak bisa di ajak bermain, tentu saja tingkah konyol nya bisa menjadikan kita tertawa. Bahkan saat membawanya ke tempat umum, otomatis kalian akan jadi pusat perhatian karena hewan ini termasuk lucu dan menggemaskan.

Cara Merawat Tupai Liar

Di alam liar, tupai kelapa tergolong hewan yang galak. Namun bukan berarti hewan ini tidak dapat dijinakkan. Dengan seiring waktu dan rutin memberi perawatan maka lambat laun cara menjinakan tupai liar akan berhasil.

1. Memotong Bagian Gigi Tupai

Langkah pertama yang bisa di lakukan untuk merawat tupai liar ialah dengan memotong giginya. Saat pertama kali di beli dari pasar binatang pasti galak dan suka menggigit karena menunjukkan rasa terancam.

Untuk memperkecil rasa sakit ketika di gigit, memotong giginya ialah pilihan terbaik. Cara ini bisa dilakukan sendiri atau meminta tolong dokter binatang jika tidak sanggup.

Memelihara tupai tanpa memotong giginya bisa saja asal memakai sarung tangan yang terbuat dari karet, agar tidak mengalami gigitan nya.

2. Memandikan Tupai Liar Dengan Benar

Hal yang wajib di perhatikan ketika ingin memandikan tupai ialah lihat sikapnya. Jika nampak murung atau banyak diam, itu tandanya ia masih menyesuaikan diri dengan kandang dan lingkungan baru.

Tapi jika nampak gesit dan mengitari kandangnya, ia siap untuk di beri mandi. Untuk memandikannya amat gampang, tinggal pegang dan siram bagian badan.

Jika sudah di mandikan, maka bisa mengeringkan nya dengan cara meletakkannya di bawah sinar matahari. Atau bisa juga dengan memakai alat pengering rambut jika sedang mendung.

Sering lah menjemurnya pada pagi hari untuk menjadikannya lebih sehat dan mempunyai tulang kuat.

3. Rutin Memberi Makan Tupai

Pada tahap ini adalah cara menjinakan tupai liar makin jinak, ketika lapar ia akan risau dan memutari kandang. Makanan yang baik untuk tupai ialah buah-buahan seperti jeruk, apel, pir, kacang atau buah-buahan berasa manis dan asam.

Usahakan selalu memberikan makanan dengan memakai tangan, agar mengingat bau badan pemilik yang kerap memberikan makanan.

Buah pir sangat baik untuk kencing tupai, kalau sudah kencing di kandang, berarti ia sudah membuat kandang sebagai tempat tinggalnya.

Usahakan kencingnya mengenai salah satu barang yang terdapat di dalam kandang serta pastikan tidak terdapat sisa makanan dalam kandangnya.

Menjalin Hubungan Persahabatan dengan Tupai

Bagaimana cara menjinakan tupai liar yang benar ? tentu melalui persahabatan dan perawatan. Setelah memberikan perawatan secara rutin maka akan nampak sifatnya yang berubah menjadi lebih jinak dan penurut.

Berikut adalah beberapa tips agar hubungan menjadi lebih erat bahkan bersahabat dengannya.

1. Memberi Nama Panggilan

Sering lah memanggil nama tupai dan beri makanan. Saat sudah jinak, ketika di panggil biasanya akan nampak ingin keluar kandang. Jika sudah jinak ia langsung naik ke badan atau masuk ke kantong saku dan beri ia hadiah berupa makanan.

Tapi jika nampak hanya menoleh ketika di panggil, berarti tupai tersebut belum sepenuhnya jinak, terus saja memberinya makanan ketika dipanggil. Lama kelamaan akan jinak dengan sendirinya.

2. Rutin Mengajak Bicara Tupai

jika sayang dengan binatang yang di pelihara, pasti sering mengajak nya berbicara seperti “hallo”, “sudah makan”,”awas jangan nakal”.

Ketika tupai sering mendengar bunyi tersebut, ia akan lebih mengenal pemeliharanya.

3. Menyempatkan Untuk Bermain Bersama

Jika sudah sampai tahap ini selamat anda sudah menamatkan tutorial bagaimana cara menjinakan tupai liar yang benar. Jika sudah jinak sepenuhnya, tupai akan senang bermain dengan majikannya.

Tingkah konyolnya pasti bisa membuat tertawa dan stres hilang seketika. Selain itu bisa juga di ajak jalan jalan ke mall, sekolah atau tempat wisata tanpa wajib membawa kandang. Karena umumnya ia senang berada di kantong saku pemeliharanya.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment