Cara Menjinakkan Tokek

Cara Menjinakkan Tokek – Sebagian orang mengangap tokek atau gecko ialah binatang yang menjijikkan dan menyeramkan. Tetapi ada juga komunitas yang beranggapan, bahwa gecko merupakan hewan yang sangat menjanjikan untuk di perdagangkan.

Saat posisi tengah terdesak, gecko akan menggunakan giginya untuk menggigit sebagai pertahanan diri.  Banyak orang yang mengatakan sangat mustahil untuk di lepaskan tanpa membunuhnya. Kebiasaan tokek tersebut membuat banyak orang enggan untuk memeliharanya, selain menyakitkan tentu hal tersebut sangat membahayakan penghuni rumah lainnya.

Namun dengan resiko sebesar itu masih saja banyak orang rela beternak tokek karena tergiur akan harganya. Jika anda ingin menggeluti usaha beternak tokek sebenarnya ada cara mudah mengantisipasi gigitan tokek tersebut yakni dengan membuatnya menjadi jinak.

Cara Memilih Tokek Jinak

cara-menjinakkan-tokek

Mudah atau susahnya gecko saat dipiara bisa di amati saat kalian akan menangkapnya saat di hutan atau alam liar. Sebagai cara memudahkan proses penangkapan dapat memakai centong kayu yang telah di kasih bambu pada bagian ujungnya.

Sebelum menangkapnya perhatikan pergerakan serta gelagatnya, bila nampak menjilati gecko menjilati centong berarti akan gampang dijinakkan. Jika gecko terlihat langsung menggigit centong, dapat dipastikan cara menjinakkan tokek paling ampuh pun tidak akan mampu membuatnya jinak.

Setelah tertangkap, coba usap punggungnya menggunakan jempol dari belakang menuju ke kepala, serta pastikan tidak sampai menyentuh kepala. Tokek sangat agresif dan menjadi lebih sensitif jika bagian di kepalanya tersentuh benda asing seperti tangan contohnya.

Lakukan secara rutin minimal dua sampai tiga kali dalam sehari sehingga tokek lambat laun akan lebih mengenalmu.

Ciri dan Kemampuan Tokek

Cara Menjinakkan Tokek Dengan Cara Memberi Makan

Untuk mengenalkan bahwa anda adalah majikan dari gecko perlu mulai memberinya makanan utama yang direkomendasikan untuk tokek seperti jangkrik dan belalang. Berikan makanan secara rutin dengan menggunakan lidi , potonglah lidi setiap hari agar menjadi lebih pendek dan dekat dengan mulutnya.

Harap pastikan telah siap digigit karena resiko tergigit dalam proses ini memang sangat besar. Jika anda sudah berhasil menyuapi tokek tanpa bantuan alat, maka dapat dipastikan gecko anda telah jinak.

Biarkan sesekali berjalan di lenganmu karena hal tersebut dapat melatihnya terbiasa dengan dunia luar kandang serta pastikan hanya melakukannya pada siang hari. Gecko merupakan hewan nocturnal sehingga sangat aktif saat malam hari, takutnya nanti bisa lepas dan hilang saat dibiarkan di lengan.

Walaupun metode diatas terbilang simpel dan mudah namun butuh kedisiplinan untuk menjalaninya. Cara membuat tokek jinak memang sangat menguras waktu namun sangat mengasikkan jika anda menikmati prosesnya.

 

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!