Cara Menjodohkan Burung Kenari 4/5 (1)

6 Cara Menjodohkan Burung Kenari Agar Cepat Bertelur, akhir ini popularitas burung kecil mulai naik daun, begitu pula dengan burung kenari. Saat anda memelihara burung ini tentu anda ingin agar burung kenari cepat berkembang biak.

Namun proses perkembang biakan ini tak bisa dilakukan tanpa adanya perjodohan. Burung yang memiliki fisik mungil, berparas cantik serta bersuara merdu ini sangat menarik untuk dijadikan usaha.

Cara mengembangbiakkan kenari pun terbilang mudah dan singkat, hanya membutuhkan waktu 14 hari untuk pengeraman telur. Untuk memulai usaha pembudi dayaan terlebih dahulu anda harus memahami cara menjodohkan kenari secara cepat dan efektif.

Menjodohkan merupakan proses memperkenalkan burung berkelamin jantan dan betina, dengan proses yang meliputi beberapa model.

Model Proses Menjodohkan Burung Kenari

cara-menjodohkan-burung-kenari-andalan

  1. JM vs Tembean
  2. JM vs Babon
  3. Pemacek vs Babon
  4. Pemacek vs Tembean

Arti dari istilah di atas adalah :

  1. JM adalah pejantan muda yang belum pernah dikawinkan (perjaka).
  2. Tembean merupakan betina muda yang siap dikawinkan serta belum pernah bertelur (perawan).
  3. Pemacek adalah kondisi dimana pejantan yang sudah pernah dikawinkan.
  4. Babon adalah burung betina yang sudah pernah produksi/bertelur, 4 Cara Mudah Merawat Burung Kakak Tua.
  Mengobati Penyakit Burung Kacer

Ciri – ciri Burung Kenari Jantan dan Betina Sudah Siap Dijodohkan

Kebanyakan dari pembudi daya kenari lebih suka menjodohkan jenis Pemacek dengan Babon atau JM dengan Babon. Dengan alasan berstatus Babon sudah jelas dapat bertelur, sedangkan status Tembean belum diketahui dapat bertelur atau tidaknya.

Saat Anda akan menjodohkan burung kenari, maka anda harus mengetahui ciri – ciri yang sudah siap dikawinkan atau diternakkan.

Ciri – Ciri Kenari Jantan Siap Kawin

Biasanya Pejantan yang sudah siap untuk dikawinkan memiliki ciri:

  1. Sering berkicau atau gacor dengan gaya sering menari ke kanan kiri sambil menurunkan sayapnya setengah badan di atas tangkringan.
  2. Terlihat sering melompat – lompat di dasar sangkar.
  3. Sering menabrak – nabrakkan badanyya pada jeruji sangkar sambil berbunyi ngerol.
  4. Berusia sekitar 8 bulanan dan rajin gacor, Cara Mengobati Sayap Burung Turun Sebelah Cepat dan Mudah.

Ciri – Ciri Kenari Betina Siap Kawin

betina siap kawin akan memiliki tanda sebagai berikut :

  1. Kelamin pada Kenari betina terlihat bengkak serta memerah
  2. Sering mengepakkan sayapnya sambil berbunyi “cit – cit” pertanda ia memanggil pejantannya.
  3. Biasanya kenari betina sering mengangkut kertas, serabut nanas yang ada pada sangkar
  4. Berusia sekitar 6 bulanan untuk jenis burung kenari lokal standar, 10 Cara Agar Lovebird Lebih Cepat Bertelur.
  Cara Ternak Burung Nuri Kepala Hitam

Cara Menjodohkan Burung Kenari Agar Cepat Bertelur

  1. Dekatkan burung kenari jantan dan betina menggunakan 2 sangkar berbeda atau sangkar khusus penjodohan dengan sekat di tengah bertujuan agar keduanya saling mengenal sehingga dapat meminimalisir pertengkaran saat disatukan.
  2. Apabila berjodoh, maka akan terlihat kenari jantan menyuapi betinanya, sekilas terlihat seperti sedang berciuman. Hal ini dapat terjadi apabila diletakkan pada 2 sangkar berbeda namun ditempelkan atau diletakkan pada sangkar khusus perjodohan.
  3. Ketika sudah terlihat berjodoh, maka satukanlah kenari jantan dan betina di waktu pagi atau sore hari. Ambil pejantan lalu masukkan pada sangkar burung betina.
  4. Saat menyatukan jantan dan betina untuk pertama kali, sebaiknya harus terus diawasi karena dikhawatirkan terjadi perkelahian sehingga dapat melukai satu sama lain.
  5. Biarkan pejantan dan betina mengalami proses perkawinan selama beberapa saat sampai terjadi 2 kali pembuahan.Ambillah kenari jantan lalu kembalikan pada sangkarnya kemudian ulangi mengawinkan keesokan harinya.
  6. Idealnya proses perjodohan kenari terjadi 3 – 7 hari, Namun untuk JM dan Tembean biasanya memerlukan waktu lebih lama sekitar 10 hari an.
  Ciri Kenari Siap Kawin

Sebagai catatan, khusus untuk JM atau Tembean biasanya tidak akan langsung kawin saat disatukan. Meskipun keduanya telah dijodohkan beberapa hari sebelumnya kadang mereka akan sering berantem.

Anda hanya perlu memantau, bersabar dan memisahkan saat mereka berantem. Satukan kembali setelah beberapa jam, lama kelamaan mereka akan berjodoh lalu terjadilah perkawinan.

Tips Menjodohkan Burung Kenari

1, Usahakan calon indukan sudah matang kelamin maupun birahi, Anda dapat menambahkan durasi penjemuran. Serta memberikan makanan tambahan seperti telur puyuh rebus, sayuran, irisan apel juga vitamin khusus penangkaran, untuk mematangkan birahi.

2, Jaga kondisi tubuh kenari tetap ideal, artinya jangan sampai terlalu gemuk atau terdapat gajih pada perutnya karena dapat menghambat proses produksi telur.

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!