Cara Menjodohkan Burung Murai Batu

Cara Menjodohkan Burung Murai Batu – Jika berternak burung tentu ingin burung cepat berkembangbiak dan menciptakan keturunan yang banyak, apalagi jika ternak burung menjadi urusan ekonomi yang akan menciptakan rupiah. Namun,dalam membudidayakan burung tentunya diperlukan kesabaran dan ketelatenan yang lebih untuk memperoleh apa yang diharapkan.

Bagi pemula, tak ada salahnya untuk memulai kegiatan ini,baik hanya untuk hobi atau berlanjut pada jual beli burung. Salah satu burung yang jadi pilihan kesayangan ialah burung murai batu yang memang memiliki bnyak peminat.

Lalu bagaimana cara membudidaya murai batu mari sedikit ulas cara mengawinkan murai batu supaya cepat berjodoh.

Cara Menjodohkan Burung Murai Batu Tersimpel

budidaya-murai-batu

Cara mengawinkan murai batu supaya cepat berjodoh ada banyak cara yang bisa dikerjakan,yakni sebagai berikut :

1. Menjodohkan Murai Batu dengan Kurungan tempel

Cara ini sering dipakai pemilik ternak untuk mengawinkan murai batu karena dianggap termudah. Pertama, pilih pejantan yang berusia diatas 2 tahun dan betina diatas 1 tahun. Lalu masukkan kedua burung kedalam kurungan yang tidak sama, lalu tempelkan kurungan secara berdekatan, harap untuk memastikan tangkringan pada letak yang sejajar. Lakukan tahap ini selama 1-2 minggu. Kemudian tinggal masukkan kedua burung dalam satu kurungan kalau sudah dirasa cocok.

2. Sistem Kandang Penangkaran Untuk Mengawinkan Murai Batu

Sistem ini mudah untuk dikerjakan dan terfavorit para penangkar burung karena dipercaya sering berhasil. Cara kerja sistem ini yakni burung jantan tidak ada tindakan kedalam sangkar, sedangkan yang betina biarkan bebas dalam kadang penangkaran.

2.1 Hal-hal Yang perlu Diperhatikan Sistem Kandang Penangkaran

  • Buat kandang penangkaran dengan diameter besar
  • Masukkan burung jantan dalam sangkar
  • Kemudian biarkan betina berkeliaran dengan leluasa didalam penangkaran
  • Bila pejantan berkicau merdu dan betina mengepakkan sayap berarti keduanya berjodoh.

3. Mendekatkan Murai Batu dengan Kandang Sekat

mengembangbiakkan-murai-batu

Perjodohan dengan metode ini sebetulnya sangat mirip kurungan tempel, bedanya metode ini sangat hemat biaya. Hal pertama siapkan kandang dengan diameter besar. Kemudian tinggal berikan sekat sekat jeruji pada kurungan, lalu masukkan kedua burung secara berdampingan.

Terus awasi gelagat burung selama dua minggu ke depan, jika dirasa kedua burung saling terpikat satukan ke dalam kandang keduanya.

4. Sistem Karamba Perjodohan Murai Batu

Tujuan dari metode berikut yakni menyetarakan tingkat birahi burung pejantan dan betina untuk memperkecil pertikaian sehingga kedua burung menunjukkan rasa nyaman.

4.1 Langkah – langkah sistem karamba:

  • Persiapkan kandang dengan diameter sedang dan berjeruji kayu atau almunium
  • Masukkan ke dalam bak mandi dengan air yang sampai alasnya
  • Lalu dekatkan kurungan pejantan dan betina¬† selama 12 jam
  • Selanjutnya masukkan kedua burung dalam kurungan keramba
  • Jika tidak bertengkar maka keduanya berjodoh, tetapi jika terjadi pertikaian maka segera pisahkan keduanya.

Asal Burung Murai Batu di Indonesia

menjodohkan-murai-batu

Murai batu mempunyai nama ilmiah copychus malabaritus, yang masih satu kerabat dengan turdidae. Burung ini mempunyai tempat asli asli di pulau sumatera, semenanjung malaya, dan pulau jawa.

Murai batu medan merupakan tipe yang dianggap mempunyai kualitas murai batu yang paling baik. Selain medan, murai batu juga dapat ditemui dibeberapa wilayah pulau sumatera, seperti murai batu jambi, nias dan lampung.

Sedangkan di pulau jawa, penyebaran burung ini sangat jarang dan hanya dapat ditemukan di tempat wisata seperti taman nasional.

Leave a Comment