Cara Menjodohkan Kucing Persia

Cara Menjodohkan Kucing Persia Beserta Panduannya – Pemelihara kucing tipe tertentu misalnya persia atau anggora biasanya mengawinkan kucing mereka dengan tipe  yang rasnya sama. Tentunya hal tersebut untuk menjaga kecantikan atau ciri istimewa dari keturunan hasil perkawinan.

Tidak jarang pemelihara kucing harus menyandingkan agar tercapai keselarasan dan keduanya bisa berkembang biak. Selain itu perlu juga untuk mempunyai birahi secara alami walaupun belum berjumpa dalam waktu yang lama.

Cara Menjodohkan Kucing Persia Secara Cepat

cara-menjodohkan-kucing-persia

Sebetulnya menjodohkan kucing bukan hal yang menyulitkan selama keduanya berada dalam masa birahi. Tetapi terkadang ada masalah seperti sifat salah satu betina atau jantan yang ganas dan menjadikan susah untuk mendekati.

1. Memastikan Kucing Dalam Kondisi Prima

Harap untuk memastikan kucing piaraan kamu dalam keadaan bugar baik pejantan maupun betina. Cara tersebut terbukti ampuh membuat proses penjodohan kucing persia yang baru kenal dapat terealisasi dengan baik sesuai yang di inginkan.

Berikan makanan yang punya kandungan gizi sesuai keperluan saat punya rencana mengkawinkannya dalam waktu dekat. Perlu juga untuk sering mengajak bermain kucing piaraan agar jauh dari penyebab stres dan mempunyai kondisi mood yang bagus. Jika kucing piaraan dalam keadaan prima serta sehat tentu akan punya siklus tubuh yang normal juga.

2. Memahami Ciri Kucing Birahi

pejantan umumnya lebih gampang mengalami over birahi jadi tinggal melihat serta memastikan tanda-tanda birahi pada kucing betinanya. Kucing betina mulai merasakan birahi atau cukup umur untuk berkembang biak ialah saat berumur lima sampai dengan sembilan bulan.

Selain itu diperlukan juga bobot yang mumpuni sekitar lebih dari 2,5 kilogram jika akan mulai mengawinkan. Ciri kucing betina sedang birahi dapat dilihat dari perilakunya seperti sering mengeong, bergulung gulung di lantai, tingkahnya lebih manja apabila ada pejantan akan terlihat lebih suka berjalan bolak balik mencari perhatian.

3. Mengatur Jadwal Perkawinan

Tentunya pada masa itu kamu bisa buru-buru menjadwal untuk memasangkan kedua kucing piaraan yang ingin dijodohkan, asalkan keduanya dalam masa birahi. Biasanya kucing piaraan mudah untuk dijodohkan karena memang sudah menjadi keperluan alami dari kucing piaraan tersebut.

Mengawinkan kucing persia piaraan yang baru kenal juga memerlukan proses pendekatan. Hindari menaruhnya secara langsung di satu tempat atau area untuk dikawinkan, bisa jadi mereka malah berkelahi dan menjadikan salah satu mengalami luka.

Pertemukan dulu dalam melakukan pendekatan secara pelan-pelan, biarkan mereka saling menatap dulu meskipun belum ingin lebih dekat satu sama lain.

4. Meletakkan Dalam Satu Area

Lakukan metode berikut sekitar jam delapan atau sembilan pagi, sebagai awalan pejantan dan betina kucing taruh di tempat yang terpisah tapi berdekatan. Biarkan mereka saling menatap dan mulai mengeluarkan beberapa tanda-tanda kucing birahi.

Biasanya apabila menjumpai kucing yang baru di kenal secara alami mereka akan berusaha saling kenal dan adaptasi. Biarkan selama kira-kira tiga sampai dengan empat jam di dalam kandang yang berbeda namun saling berhadapan.

5. Membiarkan Kucing Saling Berkenalan

Kemungkinan besar pada awalnya salah satu kucing akan melakukan perlawanan terutama betina dengan mengeong atau mengeram. Ini ialah hal yang wajar biarkan sampai mereka mulai nyaman dan berusaha saling kenal secara langsung.

Biasanya pejantan yang mulai terpikat akan saling berkejaran dengan kucing betina untuk memperlihatkan rasa sukanya. Sedangkan kucing piaraan betina terkadang memerlukan proses untuk mempunyai mood yang bagus dalam berkembang biak. Hal tersebut tentu akan membuat waktu yang lebih lama untuk memunculkan hasrat berbaur dalam dirinya.

6. Memisahkan Secara Sementara Waktu

Di waktu sore hari pisahkan kedua kucing untuk sementara waktu dengan memakai cara letakkan betina di dalam tempat tinggal yang tidak dapat dijumpai kucing piaraan jantan. Lepaskan pejantan di ruang terbuka tapi jangan sampai bertemu dengan kucing betina, supaya tumbuh kerinduan diantara keduanya.

Saat kucing piaraan persia baru kenal sudah mengenal satu dengan lainnya dan mulai muncul tanda-tanda kucing birahi seperti sudah mempunyai rasa tertarik, biasanya mereka akan saling menarik perhatian satu dengan lainnya dengan maksud untuk berkembang biak.

Tahap diatas berkhasiat untuk menimbulkan perasaan tersebut, sehingga saat dipertemukan kembali kedua kucing piaraan yang akan dijodohkan bisa semakin dekat satu dengan lainnya.

7. Masukkan dalam Satu Kandang

Setelah dikurung terpisah selama satu hari kemudian tinggal pertemukan kucing pejantan dan betina kembali. Apabila menemukan mereka saling mengeong dan pejantan mengendus bagian belakang betina, selanjutnya masukkan keduanya dalam satu ruangan yang sama untuk berkembang biak, biarkan mereka berdua berbaur secara alami.

Apabila menemukan kucing piaraan jantan kesusahan karena ekor betina menutupi, bantu dengan menggunakan cara mengangkat bagian ekor betina walaupun hal tersebut sangat jarang terjadi.

Seusai kucing piaraan dikawinkan segera pisahkan kembali agar rindu mereka semakin bertambah untuk berkembang biak lagi. Pisahkan selama dua sampai dengan empat jam lalu pertemukan lagi untuk memulai proses cara menjodohkan kucing persia yang baru kenal lagi.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!