Cara Menumbuhkan Ekor Ikan Cupang

Cara Menumbuhkan Ekor – Ikan Cupang atau betta tergolong dalam jenis ikan aduan yang memeliki corak menarik sehingga sangat cocok jika dijadikan ikan hias. Cupang terbagi dalam tiga bagian utama sebagai penentu kemenangan dalam lomba yakni dasi, sirip dan ekornya. Dibutuhkan beberapa perawatan yang tepat seperti menambah suplemen untuk ikan cupang agar mempunyai bentuk tubuh yang sempurna sebagai betta kontes.

Penting bagi anda untuk memilah antara cupang kontes atau aduan supaya sesuai dengan kegunaannya. Biasanya bagian ekor bertha dapat menjadi rusak saat sedang sedang di adu, atau bahkan bisa rusak karena dimakan sendiri saat sedang kelaparan. Ada baiknya jika anda rutin memberi makan setidaknya tiga kali dalam sehari untuk menghindarkan cupang yang makan ekornya sendiri.

Namun bagi anda yang telah mengalami ekor cupang rusak atau robek tidak perlu berkecil hati, ada banyak cara untuk mengatasinya. Ekor betta memang akan tumbuh atau memperbaiki dengan sendirinya namun terdapat beberapa tips yang mampu membuat ekor cupang menjadi panjang secara cepat.

Cara Memanjangkan Ekor Ikan Cupang Hias

cara-menumbuhkan-ekor-ikan-cupang

Hal yang sangat mudah diterapkan untuk menjaga kesehatan ekor cupang yakni dengan mengganti air secara rutin. Penting bagi anda untuk selalu menjaga kebersihan air supaya kesehatan bertha tetap terjaga, mempercepat pertumbuhan, dan mengatasi pertumbuhan ekor cupang lambat. Dalam penggantian air bisa dilakukan setiap hari jika aquarium yang digunakan berjenis kecil dengan membuang semua atau sebagian airnya saja.

Tanaman Buat Ikan Cupang

Jika cupang luka borok bisa menggunakan daun ketapang kering untuk menyembuhkan lukanya. Daun ketapang telah banyak digunakan oleh peternak ikan betta sebagai obat antibiotik alami untuk menyembuhkan berbagai macam luka seperti ekor robek, jamuran, dan memar pada cupang. Penambahan daun ketapang kering dapat membantu kualitas ph air menjadi normal namun memberi efek perubahan warna air yang menjadi kuning.

Perawatan Ekor Ikan Cupang Aduan

ekor-ikan-cupang-rusak

Pernah dengar istilah garam ikan? Sangat banyak manfaat yang dapat diambil dari garam ikan salah satunya ialah penyeimbang osmosis dalam tubuh cupang. Tentu saja hal itu akan membuat proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat karena sistem metabolisme tubuh menjadi lebih terkontrol.

Garam ikan dapat dibeli di toko peralatan aquarium, atau bisa membeli secara online di tokopedia atau bukalapak. Sebaiknya berikan garam ikan sesuai takaran antara 0.1% dari jumlah air yakni dibutuhkan hanya 10 gram garam ikan untuk aquarium yang berisi 1 liter air.

Makanan Alami Ikan Cupang

Jika segala upaya diatas sudah dilakukan, sekarang tinggal kita memberi makanan untuk memanjangkan ekor ikan cupang. Dibutuhkan makanan yang berjenis hidup sebagai penunjang pertumbuhan ikan betta seperti, kutu air, cacing darah atau jentik nyamuk. Namun dari berbagai makanan alami untuk ikan cupang, jenis jentik nyamuk merupakan yang paling banyak berperan untuk memperpanjang ekor cupang.

Bahkan beberapa komunitas melakukan pengunjian dan didapat bahwa dengan makanan alami mampu membuat panjang ekor bertambah setiap dua minggu sekali. Walaupun mencari makanan alami untuk ikan cupang tergolong sulit, namun dilihat dari manfaatnya tentu saja hal tersebut sangat sepadan.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!