Cara Menyatukan Koloni Lebah Madu

Cara Menyatukan Koloni Lebah Madu – Kadang kita perlu menyatukan koloni lebah madu yang satu dengan lainnya, dengan harapan mampu menyelamatkan dan mengembangkan koloni lemah atau tidak memiliki ratu.

Selain itu, proses penyatuan ini juga memiliki kegunaan untuk memperoleh koloni yang extra kuat menjelang waktu panen madu. Di sinilah pentingnya upaya penyatuan koloni ini dikerjakan.

Suatu koloni lebah madu dikatakan dalam situasi kuat seandainya mempunyai ratu yang mempunyai tingkat produktivitas tinggi. Ciri-cirinya yakni terdapat minimal 5 sisiran di dalam stup yang dipenuhi oleh lebah.

Kondisi ini umumnya terjadi di musim paceklik, di mana tumbuh-tumbuhan jarang berbunga. Sehingga perlu pengawasan lebih intensif agar koloni tanpa ratu tidak semakin terpuruk.

Cara Mudah Menggabungkan Koloni Lebah Madu

  1. Siapkan kotak yang berisi koloni lebah madu kuat dan lemah, posisikan tutup atas koloni kuat telah terbuka. Lalu ganti tutup dalamnya dengan selembar kertas koran yang telah dilubangi. Pastikan arah lubang ini sejajar dengan ruang di antara sisiran.
  2. Angkat tutup dasar kotak yang berisi koloni lemah, selanjutnya letakkan kotak tepat di atas kotak yang berisi koloni kuat. Harapannya keduanya dapat menyatu melalui rintisan kertas koran yang dilubangi.
  3. Proses penyatuan koloni lebah madu ini umumnya mengkonsumsi waktu lebih dari 12 jam. Guna memperlancar prosesnya, anda bisa mengolesi cairan gula di atas kertas koran, dengan harapan mereka saling mengerubuti dan mengenal satu sama lain.
  4. Sangat disarankan dalam melakukan penyatuan koloni pada malam hari, di mana kondisi tenang dan semua lebah sudah berada di dalam kotak. Hal ini dikerjakan supaya tidak terkena peperangan antar kelompok.
  5. Untuk mengefektifkan potensi keberhasilan penyatuan koloni lebah madu ini, anda bisa meletakkan kedua kotak yang ingin disatukan di tempat yang banyak terdapat bunga. Sekitar 7 hari selanjutnya, kondisi kedua kotak tersebut dapat diperiksa.

Membuat Koloni Lebah Baru Unggulan

Budidaya lebah madu supaya menciptakan keuntungan yang sesuai seorang pembudidaya wajib memiliki minimal sepuluh kotak koloni lebah. Langkah-langkah untuk meningkatkan jumlah koloni yakni sebagai berikut:

  • Pada lokasi sarang wajib tersedia pakan cukup banyak. Dengan tersedianya pakan yang sesuai maka ratu lebah akan lebih banyak menciptakan telor dan lebah jenis pekerja juga lebih giat menjadikan sarang baru.
  • Menyiapkan calon ratu untuk dipindahkan dalam koloni yang baru.
  • Memisahkan koloni lebah madu yang telah padat ke dalam kotak baru dan disertai calon ratu atau ratu lainnya.
  • Mengambil larva baru menetas atau telah berusia sehari.
  • Masukan kedalam satu potong frame royal jelly.
  • Frame royal jelly yang telah terisi larva lebah madu di tempatkan pada kotak super (kotak yang berisi koloni lebah madu minimal dua tingkat).
  • Pisahkan kotak super dengan ratu lebah berada di kotak bawah dan frame royal jelly calon ratu di tempatkan pada kotak atasnya. Sehingga ratu lebah tidak bisa mendekati calon ratu
  • Diamkan selama sebelas hari sampai calon ratu menjadi kepompong.
  • Setelah sebelas hari calon ratu di pindahkan ke kotak lebah yang berisi koloni lebah tanpa ada ratunya.
  • Dalam tiga hari calon ratu lebah keluar kepompong dan langsung diangkat menjadi ratu oleh koloni tersebut.
  • Bisanya setelah satu minggu ratu lebah siap untuk berkembang biak dan mengembangkan koloni yang baru ditempati tersebut.
Baca Artikel Lainnya :
Cara Membuat Ratu Lebah Madu Cara Membuat Ratu Lebah Madu - Lebah dikenal sebagai serangga penghasil madu yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh manusia. Madu juga diperc...
Cara Mengusir Tawon Ndas Cara Mengusir Tawon Ndas merupakan jenis serangga terbang yang suka menyengat dan memiliki warna menyolok pada beberapa spesies. Tawon termasuk dalam ...
Cara Memperbanyak Lebah Madu Lebah madu memiliki kebiasaan untuk hidup secara berkoloni dengan rata - rata antara sepuluh sampai tiga puluh ribu ekor per koloni. Untuk jenisnya bi...
Budidaya Lebah Madu Budidaya Lebah Madu mempunyai tujuan utama untuk mendapatkan madu yang dihasilkan oleh lebah. Madu ialah cairan kental manis yang diproduksi lebah seb...
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!