Cara Merawat Anakan Kelinci

Cara Merawat Anakan Kelinci – Masyarakat indonesia sudah lama mengenal kelinci sebagai hewan ternak dengan dua tipeutama yakni jenis hias dan pedaging. Kelinci hias memiliki pesona tersendiri dari wujudnya yang imut, imut, dan menggemaskan, sedangkan pedaging dipelihara untuk diambil dagingnya.

Secara garis besar, harga kelinci hias tentu jauh lebih mahal daripada pedaging, apalagi untuk jenis ras impor.

Kelinci merupakan hewan yang mempunyai sistem imunitas dan antibiotik tubuh cukup lemah. Kondisi tubuh yang lemah membuatnya tak mempunyai toleransi  terhadap pergantian suhu secara ekstrem.

Hewan ini bisa berkembang dengan baik manakala diternakkan di tempat  tenang dan aman dan juga jauh dari banyak hal pemicu stres. Terutama jika masih anakan yang notabene masih sangat lemah.

Cara Merawat Anak Kelinci Yang Ditinggal Mati Indukan

Bagaimana cara paling mudah memelihara dan merawat anak kelinci yang ditinggal mati induknya ? Anak kelinci baru dilahirkan memang memerlukan nutrisi banyak.  Umumnya kebutuhan gizi dapat tercukupi dari air susu dari indukan. Air susu merupakan sumber nutrisi  paling bagus untuk kelinci yang baru dilahirkan.

Jadi dalam kasus anakan kelinci yang ditinggal oleh induknya, bisa dengan menyediakannya asupan gizi pengganti air susu indukan. Berikut adalah beberapa cara merawat anakan kelinci :

1. Memberi Susu Khusus Kucing

Tidak banyak orang indonesia mempunyai hobi membudidayakan kelinci menjadikan sulit mendapati susu khusus diperuntukkan bagi anakan kelinci.

Sebagai alternatifnya, dapat memakai susu khusus untuk anak kucing. Mayoritas petsop atau toko hewan peliharaan menjual susu khusus anak kucing.

Mengobati Scabies Kelinci

2. Meminumkan Susu Etawa Pada Anakan Kelinci

Kalau kebetulan di dekat rumah ada orang yang menjual susu kambing etawa, anda bisa membelinya untuk dikasihkan kepada anakan kelinci. Susu kambing etawa ini bahkan lebih bagus daripada susu untuk anak kucing karena lebih alami dan murni.

Di dalamnya terkandung semua nutrisi yang diperlukan oleh kelinci kecil. Sayangnya sulit mendapati susu kambing etawa. Jadi kalau bisa memperolehnya, lebih baik pakai susu ini.

Hewan Peliharaan Aman Untuk Anak

3. Memberi Susu Kemasan Manusia Anak-Anak Untuk Kelinci

Dengan memanfaatkan susu untuk anak-anak usia 0-enam bulan sebagai makanan pokok bagi anak kelinci yang ditinggal induknya. Ini merupakan susu yang sangat aman dikasihkan ke anakan kelinci.

Tetapi anda perlu memastikan bahwa susu tersebut tidak mengandung laktosa (free lactosa). Sebab saluran pencernaan kelinci tidak bisa memproduksi enzim laktase. Jika terlanjur mengonsumsi laktosa maka akan membuatnya terkena kembung atau mencret.

Adapun metode memberikan susu kepada anak kelinci adalah memakai suntikan tanpa jarum. Anda bisa memasang karet pentil kecil yang muat dengan diameter mulut di ujung suntikan tersebut.

Sedot susu ke dalam suntikan, lalu arahkan ke mulut dan keluarkan susunya pelan-pelan-lahan. Berikan susu tersebut minimal sejumlah 2 kali/hari. Lakukan proses penyusuan ini sampai anakan kelinci tumbuh cukup besar dan bisa mengkonsumsi pakannya sendiri.

 

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment