Cara Merawat Burung Gelatik

Panduan Cara Merawat Burung Gelatik Harian Bagi Pemula – Burung gelatik di indonesia ada dua macam yakni gelatik jawa dan gelatik timor yang memiliki pola warna hampir sama. Gelatik jawa merupakan setipe hewan pengicau ukurannya kecil, dengan panjang lebih kurang 15cm.

Burung gelatik jawa mempunyai kepala hitam, pipi putih dan paruh merah yang mempunyai ukuran besar. Ukuran dewasa mempunyai bulu berwarna abu-abu, perut berwarna coklat kemerahan, kaki merah muda dan bulat merah di dekat matanya. Pejantan dan betina serupa. Burung muda berwarna coklat.

Panduan Merawat Burung Gelatik Harian

Cara merawat burung gelatik

[the_ad id=”3237″]

Teknik dalam cara merawat burung gelatik harian bagi pemula sebenarnya tidak terlalu sulit. Gelatik timor merupakan setipe burung pengicau ukurannya kecil, dengan panjang lebih kurang 12-14 cm. Burung gelatik timor mempunyai kepala hitam, pipi putih serta paruh abu-abu. Dengan tubuh mempunyai nuansa warna coklat tua dan bulu perut putih. Ukurannya relatif kecil dibandingkan kerabat dekatnya, gelatik jawa.

Burung gelatik hidup mengelompok, sangat suka tempat lapang dengan banyak rerumputan. Makanan utamanya ialah bulir-bulir rereumputan, terutama padi.

Meskipun burung gelatik belum tergolong pada ketegori dilombakan,akan tetapi peminatnya dapat dikatakan berlimpah. Keindahan warna serta bunyi kicauannya yang merdu membuatnya tetap laris di pasaran juga mampu memikat banyak  para pemilik.

Memelihara jenis ini sama persis seperti perawatan burung berkicau lain. Tetapi untuk menciptakan gelatik gacor dan jinak membutuhkan perawatan yang lebih berkualitas dan perlu beberapa proses tertentu.

Agar burung selalu tampil prima dan gacor maka tahap awal yang perlu dipoles adalah fisik serta mentalnya. Karena gelatik yang sehat serta jinak sudah sangat dipastikan akan memperlihatkan performa yang bagus. Berikut tips memelihara burung gelatik :

Memandikan Dan Menjemurnya

Cara paling mudah untuk merawat burung gelatik agar cepat jinak bisa dengan rutin di mandikan. Burung gelatik senantiasa sehat dan dapat menghindari stres ada baiknya jangan malas membikin burung terkena embun pagi. Keluarkan dan gantang gelatik pada tempat yang tebuka serta aman pada saat pagi hari tiba. Udara segar dan keadaan pagi hari yang bagus adalah pukul 5 pagi.

Jika terik matahari sudah mulai hangat tepatnya jam 07.00 pagi. Maka gelatik diberi mandi dengan cara di spray sampai basah kuyub. Jangan lupa bersihkan kurungan harian dari sisa makanan dan feses yang melekat.

Selesai pemandian kemudian burung gelatik harus dijemur pada terik matahari langsung. Terik matahari yang sehat dan banyak mempunyai unsur penting dimulai semenjak pukul 07.00 pagi sampai 09.00. Durasi menjemurkan ada baiknya jangan melebihi batas dari jam 10.00 pagi.

Jam 09.00 atau tepatnya selesai dijemur, maka pindah gantangan pada tempat yang teduh untuk diangin-aginkan selama 10-15 menit. Kemudian kurungan ditutup dengan kerodong dan pindah gantangan di dalam ruangan yang sepi supaya bisa beristirahat dengan nyaman.

Sore hari tepatnya jam 03.30 kerodong kurungan dibuka dan kembali digantang di luar ruangan. Pada saat ini gelatik diberi mandi kembali sampai basah kuyub. Proses ini tujuannya supaya burung gelatik giras bisa cepat jinak dan cepat terbiasa pada lingkungan manusia.

Pemberian Pakan

Cara memelihara burung gelatik

[the_ad id=”3775″]

Seperti halnya  burung lain gelatik tergolong burung kicau yang perlu teknik dan cara khusus untuk merawat terutama bagi pemula dibidang perkicauan. Di dalam mendukung aktivitas hariannya, burung sebisa mungkin dikasihkan pakan yang yang mempunyai nutrisi tinggi. Pakan tersebut bisa diperoleh dengan menggunakan cara meracik sendiri.

Siapkan bahan pakan terbaik untuk burung gelatik misalnya voer yang lembut, susu bubuk, dan kacang tanah belum matang. Voer lembut bersama susu bubuk bisa digabung.

Kemudian campurlah hingga semuanya merata. Sangrai lebih dahulu kacang tanah selanjutnya dikupas kulitnya. Sesudah itu bisa dilumat sampai menjadi tepung. Masukkanlah tepung kacang tanah pada campuran voer dan juga susu.

Seluruh bahan diaduk-aduk lagi sampai bisa merata. Sesudah rata, maka pakan tersebut dapat langsung dikasihkan kepada burung gelatik.

Bisa juga dengan membuat racikan berbahan seperti halnya voer lembut, susu bubuk serta 1 sendok makan pakan kenari. Tumbuklah canary seed sampai menjadi serbuk, selanjutnya dikombinasikan dengan voer serta susu bubuk.

Atau bisa menyiapkan bahan-bahan seperti voer lembut, kacang tanah yang telah lembut, 1 sachet bubur bayi/sereal. Selanjutnya tepung jangkrik sejumlah setengah sendok teh.

Pemilik bisa membuat pakan terbaik untuk burung gelatik dengan mengombinasikan semua bahan pada satu wadah. Kemudian aduklah sampai bercampur rata lalu sajikan pada burung.

Makanan racikan yang sudah dibuat itu dapat disajikan untuk pengganti voer yang biasanya disediakan. Namun wajib diperhatikan, meskipun burung gelatik telah mendapatkan pakan racikan setiap hari.

Cara terbaik dalam merawat burung gelatik yakni menyiapkan pakan alaminya berupa serangga. Tujuannya untuk melengkapi keperluan nutrisi yang serasi dan juga stabil. Sebagai bahan pelengkap supaya piaraan semakin cepat memperlihatkan hasil maximal. Maka jangan lupa 3 (tiga) kali dalam satu minggu berikan kroto segar sejumlah satu sendok makan. Bila perlu berikan multivitamin cair pada minumannya 2 (dua) kali dalam satu minggu.

Cara Pemasteran Burung Gelatik

Sangat penting untuk melakukan pemasteran saat menerapkan cara merawat burung gelatik yang benar. Setiap jam 05.00 sore kurungan dikerodong kembali dan pindah gantangan di dalam ruangan untuk beristirahat. Pada tahap ini burung bisa dimaster dengan menggunakan cara memperdengarkan bunyi burung paforit. Bisa dengan yang karakter bunyinya mempunyai kesamaan dengan burung gelatik sampai menjelang pagi hari kembali.

Pemasteran tidak wajib menggunakan burung asli melainkan boleh menggunakan media elektronik seperti hp maupun soud kecil.

Cara Penanganan Gelatik Over Birahi

Apabila peliharaan burung gelatik mengalami over birahi maka cara penanganannya sangat mudah. Lakukan pemangkasan pada porsi jangkrik menjadi 1 pada pagi hari dan 1 ekor pada sore hari. Lakukan pengembunan pada pukul 05.30 – 06.00.

Berikan 1 ekor cacing 2 kali seminggu. Mandikan burung lebih sering misalnya pagi, siang dan sore hari. Lama penjemuran selama 30 menit setiap harinya. Isolasikan burung dari lainnya serta jangan perlihatkan atau jangan perdengarkan pada suara burung gelatik lain untuk sementara waktu.

Leave a Comment