Cara Merawat Ikan Oscar

Panduan atau cara memelihara ikan oscar di akuarium – Ikan oskar disebut tipe cichlid ini telah di kenal akrab dengan manusia dan nyaris seluruhnya ikan oscar yang beredar sekarang ini baik di dalam serta luar negeri merupakan hasil peternakan dan meninggalkan daerah asal aslinya di Amerika Selatan, Sungai Amazon, Parana, Rio Paraguay, serta Rio Negro.

Ikan ini berwarna kehitaman dengan aksen serta ornament kuning kemerah merahan di kedua samping badannya. Serta perlu diketahui bahwa ialah hewan ini mahal lantaran memerlukan sedikit perlakuan khusus baik saat pelihara ataupun berikan pakan.

Cara Memelihara Ikan Oscar Di Akuarium

cara-memelihara-ikan-oscar-di-akuarium

Disamping itu ada tipe oskar lain, yakni oskar albino. Tubuhnya berwarna krem pucat seperti penderita albino dan memiliki bercak-bercak merah orange di tubuhnya. Bentuk tubuh dan tingkah laku oskar albino tidak sama dengan oskar lain. Selain itu cara memelihara ikan oscar di akuarium juga berbeda.

Informasi menarik Cara mudah memelihara ikan sapu – sapu

Sebagaimana layaknya ikan oskar memiliki kelebihan inteligensia cukup cerdas. Hewan ini akan berenang ke tepi akuarium bila pemeliharanya memberi tanda dengan tangan.

Selain itu sifatnya setia dengan pasangannya masing-masing dan suka berkelompok. Karena sifatnya sosial, maka dalam satu akuarium jumlah ikan ini bisa dimasukkan 6 – 8 ekor.

Dan akuarium yang dipakai memiliki ukuran besar, paling tidak panjangnya 1 – 1,2 meter. Ini mengenali ikan oskar sifatnya rakus makan, sehingga sering mengeluarkan feses, dan menyebabkan air dalam akuarium cepat kotor.

Kalau akuariumnya besar, tak harus terlalu sering diganti airnya. Untuk ukuran akuarium paling minimal 60 x 40 x 40 cm untuk per pasang.

Untuk merawat ikan oscar agar tetap cantik serta memiliki umur panjang, berikut langkah yang harus dilakukan pemilik :

Cara Menyiapkan akuarium untuk Ikan Oscar

Ikan oscar tergolong doyan makan, sehingga fesesnya pun terbilang banyak. Untuk menjaga kejernihan air cara memelihara ikan oscar di akurium, dengan memilih panjang akuarium yang dibangun mencapai 1 meter, lebar dan tinggi diubahsuaikan.

Perlu diingat, akuarium sebisa mungkin diletakkan pada tempat yang rata supaya tekanan air di dalamnya tidak berat sebelah.

Aksesoris akuarium yang dibutuhkan ialah aerator sebagai penghasil gelembung-gelembung air dan menghasilkan arus yang disenangi oleh piaraan. Pada bagian dasar akuarium disediakan pasir bersih dan akar tumbuhan sebagai tempat persembunyiannya.

Penempatan ikan Oscar yang benar

Cara merawat ikan oskar selanjutnya sama seperti pada koi, ikan oscar akan dilepaskan wajib memperoleh suhu normal supaya kesehatannya tidak menurun. Adapun cara perilisan yang benar, masukkan ikan berikut kantong plastiknya ke dalam akuarium.

Tunggu hingga 1 jam supaya suhu air di dalam kantong lama-kelamaan sama seperti suhu di akuarium. Setelah itu, piaraan siap dilepaskan ke dalam akuarium.

Teman ikan oscar paling ideal

Jika ingin menyimpan ikan lain dengan oscar pastikan berhati-hati. Oscar super agresif dan teritorial. Semua ikan memiliki kepribadian berbeda dan untuk sebagian besar oscar adalah ikan berarti.

Teman-teman aquarium yang umum termasuk ikan dolar perak, oscar lain, arwana, dan beberapa lele.

Memiliki teman aquarium benar-benar bermain dengan api saat berhubungan dengan oscar. Terkadang ikan bergaul dengan baik untuk sejumlah waktu dan kemudian serangan oscar akan mengganggu atau bahkan bisa memakan kawannya tersebut. Maka carilah cara merawat ikan oscar dengan mencari teman ikan sesuai.

Menjaga kualitas ph air akuarium untuk ikan oscar

Hal paling penting dalam cara perawatan ikan oscar ialah menjaga emperatur air antara 72 – 82 derajat fahrenheit, sedangkan untuk penetasan telurnya memerlukan suhu 78 derajat fahrenheit. Air yang disenaginya ialah jernih dan mengalir tanpa ditutupi oleh tanaman.

Karenanya kalau merawat oskar wajib memperhatikan faktor oksigen dan suhu air supaya diperolehkan ikan bagus dan sehat. Sebaiknya cara merawat ikan oskar di akuarium atau tempat pemijahan semen supaya mudah menjaga faktor oksigen maupun suhu airnya.

Cara pemberian pakan terbaik pada ikan oscar

pemberian-pakan-ikanoscar

Oscar termasuk karnivora ( pemakan daging ). Banyak type jasad pakan bisa dikonsumsi oskar, diantaranya, cacing-cacingan, udang-udangan, beraneka tipe serangga, serta ikan kecil. Pemilik bisa memberikan makanan apapun termasuk kecoa.

Namun untuk cara perawatan oscar mendapat mutu warna serta batikan oskar yang bagus bukan cuma asal kenyang. Namun yang lebih utama yakni memperhatikan kandungan pigmen pakan yang diperolehkan.

Pakan yang gampang diperoleh di pasaran atau di beberapa toko akuarium disamping pakan buatan, yakni udang rebon serta cacing rambut. Nyatanya pakan tersebut semakin bisa mencukupi kepentingan pigmen untuk ikan hias, terhitung oskar.

Namun kandungan pigmen pada udang rebon tambah lebih tinggi di banding cacing rambut. Hasil perbandingan dampak pakan udang rebon ( acetes. Sp. ), cacing rambut ( tubifex ), serta campuran keduanya memperlihatkan bahwa penyediaan makanan udang rebon-lah yang membuahkan warna batikan optimal yang condong lebih jingga atau merah.

Perbedaan jantan dan betina ikan oscar

Untuk cara merawat ikan oscar menentukan jantan dan betina bagi para peternak ikan hias yang tidak berpengalaman merupakan persoalan agak sulit. Bagi yang telah lamapun, kadang-kadang bisa meleset dalam memilih tipe kelamin jenis ini khususnya pada oskar masih muda atau cara perawatan ikan oscar kecil.

Memilih tipe kelamin oskar, kalau jika sudah tahu rahasianya tidaklah begitu sulit. Pedomannya jantan bisa dilihat dari sirip-siripnya lebih gede atau agak lebih lebar, sedangkan pada betina sirip-sirip ini bentuknya membulat. Dalam hal warna, perbedaan ini juga dapat dialami, pada oskar jantan warnanya lebih terang.

Kalau ingin memiliki perbedaan meyakinkan perihal tipe kelaminnya. Pertama keluarkan ikan itu dari dalam tempat pemijahan atau akuarium dengan memakai serokan.

Peganglah badannya erat-erat mulai dari bagian belakang kepala, terus dipijit sampai dekat anus atau dubur, jangan terlalu keras memijitnya. Kalau nampak genital papilae atau alat kelaminnya keluar dan bentuknya meruncing, sudah pasti berkelamin jantan.

Untuk oskar betina, dapat dilihat dari alat kelaminnya pendek serta berbentuk agak tumpul.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment