Cara Merawat Kura Kura

Belum Ada Ulasan

Bagi pecinta Ikan hias berukuran mini tidak ada salahnya untuk melirik kura-kura brazil satu ini. Ukurannya yang imut mempunyai pesona unik karena dapat menimbulkan kesan lucu saat bergerak.

Kura-kura brazil atau Trachemys Scripta dalam nama latinnya sering disandingkan dengan ikan cupang sebagai pelengkap dalam aquarium. Hewan ini berasal dari Amerika serikat dengan kemampuan hidup mencapai dua puluh tahun pada alam bebas, sedangkan saat dalam penangkaran dapat hidup dua kali lipat lebih Panjang.

Hal Penting Dalam Merawat Kura Kura Kecil Brazil

kura-kura-kecil-brazil

Kura-kura berkembang biak dengan cara bertelur yakni pada bulan agustus sampai September menjelang musim penghujan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dipelajari supaya kura-kura dapat hidup dengan sehat dan mampu tumbuh sampai besar.

Mempersiapkan Kandang Kura Kura Terbaik

Harga kura-kura brazil kecil tergolong murah mengingat hewan ini tergolong sulit di dapatkan di alam bebas. Walaupun masih berukuran kecil ada baiknya untuk memeliharanya dalam aquarium atau kolam yang berukuran luas dengan terdapat tempat untuk berjemur.

Sebisa mungkin membuat kondisi kolam seperti habitat aslinya dengan memberi tambahan ornament atau aksesoris bebatuan di dalamnya.

Memperhatikan Kualitas Air Untuk Kura Kura

Air kolam yang telah keruh atau berganti warna ada baiknya untuk segera menggantinya. Kondisi yang kurang bersih dapat mengakibatkan kura kura lebih mudah terserang berbagai penyakit.

Tekstur kotoran yang lebih padat dari ikan hias manapun membuat kolam lebih mudah kotor namun dapat diatasi dengan menggunakan bantuan filter agar kondisi air dapat bertahan bersih lebih lama.

Memperhatikan Suhu Ideal Kandang Kura Kura Kecil

Ukurannya yang kecil membuat kura-kura brazil tidak tahan dalam suhu yang ekstrim. Kondisi yang ideal untuk kura-kura brazil kecil berkisar antara dua puluh lima sampai dua puluh tujuh derajat celcius.

Untuk menjaga kondisi kulit kura-kura terbebas dari jamur bisa dengan menggunakan cara penjemuran di bawah terik matahari selama satu jam pada pagi hari. Perlu di ingat untuk hanya menjemur pada musim terik, hindari mendung atau saat hujan.

Rutin Memberi Makan

Bisa dibilang kura-kura termasuk dalam kelas omnivora atau pemakan segalanya. Untuk makanan kesukaan kura-kura brazil kecil ialah ikan kecil, sayuran dan pelet.

Ada baiknya untuk membatasi pemberian makanan buah-buahan karena dapat menyebabkan terganggunya pencernaan sehingga menyebabkan mencret. Jika memberikan pakan pelet pilih yang mempunyai tekstur halus seperti pelet apung mikro.

Menjaga Kura-Kura Agar Tidak Stres

Kondisi stres dapat membuat kura-kura menjadi kurus karena tidak mau makan selama beberapa hari. Umumnya hal ini disebabkan karena baru di beli. Berikut adalah beberapa penyebab kura-kura kecil stres :

  1. Baru dibeli dari pedagang,
  2. Adaptasi dengan kandang atau lingkungan baru.
  3. Makanan tidak cocok,
  4. Terlalu banyak memberi pakan buah buahan.
  5. Kurang mendapatkan sinar matahari,
  6. Kondisi air kurang bersih.

 

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!