Cara Merawat Sugar Glider

Jika pada artikel sebelumnya telah membahas tentang cara memelihara tupai dan tupai terbang. Kali ini akan membahas tentang cara merawat sugar glider. Binatang ini akhir – akhir menjadi piaraan yang sedang digandrungi oleh pecinta binatang.

Meski hewan ini belum sepopuler piaraan lain seperti hamster, kucing dan kelinci. Karena bentuknya kecil dan imut banyak yang menyebutnya sebagai hewan saku.

Cara Merawat Sugar Glider Untuk Pemula

cara-merawat-sugar-glider

Sugar glider dapat diartikan sebagai binatang pemakan makanan manis yang senang terbang atau meluncur. Hewan ini merupakan jenis golongan marsupial dan mamalia. Cara merawat sugar glider untuk pemula juga cukup mudah.

Memiliki kemiripan dengan koala dan kangguru sebab memiliki kantung untuk menyimpan anaknya. Untuk cara merawat sugar glider cukup mudah sebab hewan ini merupakan jenis omnivore yang dapat diberi makan berupa buah juga serangga.

Untuk lebih lengkapnya berikut ulasan lengkapnya tentang cara merawat sugar glider :

Tips sebelum membeli sugar glider

Sebelum membeli SG, selain mengetahui cara merawat sugar glider juga sebaiknya harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Agar setelah memiliki piaraan, pemilik tidak kerepotan atau menyesal. Berikut beberapa tips sebelum membeli sugar glider :

  • Pemilik wajib memastikan bahwa mempunyai waktu cukup untuk memelihara SG.
  • Memiliki kandang dengan diameter cukup besar diakibatkan SG tergolong binatang sangat aktif.
  • Pelajari sebelumnya perihal keistimewaan dan juga cara pemeliharaan SG.
  • Cari info perihal penjual yang dapat terbukti. Usahakan untuk menentukan penjual yang memberi support dan juga konsultasi setidaknya selama 1 bulan setelah membeli SG.
  • Calon pemilik wajib waspada karena banyak penipuan berupa sg wild caught (wc). Sg wc ialah binatang yang ditangkap dari hutan dan suasanaya masih liar dan juga mempunyai resiko membawa penyakit maupun cacat. Banyak kejadian di mana sg wc yang dibeli akhirnya mati hitungan hari selanjutnya. Untuk itulah kenapa menentukan penjual SG sangatlah penting dan lebih disarankan untuk membelinya dari pembudidayaan supaya menjamin kualitas.
  • Jangan membeli sg terlalu muda, usia minimal 1,5 bualn atau 2 bulan.
  • Pilih sg yang mempunyai berrmutu terbaik, sehat, aktif dan juga mempunyai bagian tubuh lengkap, gigi tidak dipotong dan bulu tidak rontok.
  • Sugar glider sendiri mampu hidup hingga 10 – 14 tahun dengan perawatan bagus dan benar.

Setelah memiliki piaraan, maka cara merawat sugar glider adalah sebagai berikut :

Menyediakan kandang

Dalam cara merawat sugar glider usahakan untuk menentukan kandang SG, sebisa mungkin menentukan kandang dengan ukuran cukup besar. Karena semakin besar maka akan semakin baik.

SG sendiri merupakan binatang aboreal yang sangat aktif. Untuk itu semakin besar kandang yang dipakai maka tentunya akan membuat SG lebih lincah dan senang serta bisa dapat menghindari stres.

Usahakan juga untuk meletakkan kandang pada tempat yang terlindungi dari terik matahari langsung dan juga tentunya wajib mempunyai peredaran udara baik.

Sg akan menggigit dan juga mengunyah cabang pohon maupun banyak benda lain yang terdapat di dalam kandang. Hal ini sangat normal karena hal ini merupakan cara sg untuk bermain dan melakukan pembersihan giginya.

Memberikan mainan memiliki kegunaan untuk memenuhi keperluan psikologisnya. Tidak hanya sekadar hiasan kandang namun mainan juga akan membuat binatang tersebut tidak bosan di kandang.

Selain berfungsi sebagai hiasan kandang mainan seperti wheel bisa juga berfungsi untuk sarana berolahraga bagi SG. Langkah ini merupakan cara merawat sugar glider untuk pemula

Pemberian pakan

Sugar glider tergolong hewan omnivora, yang berarti mau makan hampir semua tipe makanan. Cara merawat sugar glider secara alami makanannya ialah getah pohon, nectar, buah-buahan, dan serangga.

Pemilik tidak mungkin perlu memberikan makanan yang sama persis seperti makanan di alam namun bisa mensiasati makanan yang mirip atau mengandung kandungan setipe.

Ada beberapa makanan jadi untuk SG yang sudah diproduksi perusahaan, maka pilihlah makanan yang diyakini teksturnya tepat. Hal ini adalah cara merawat sugar glider bagi pemula.

Hewan tersebut menyukai makanan manis, salah satunya buah-buahan. Buah-buahan ialah makanan sampingan yang sangat baik serta disarankan suoaya menyediakan setiap hari berdampingan dengan makanan pokok yang diberikan untuk SG.

Salah satu buah yang disarankan untuk disediakan kepada binatang tersebut setiap hari ialah buah pepaya, di dalam buah pepaya banyak terdapat kandungan kalsium tinggi dan memiliki tekstur halus. Kandungan kalsium bisa membantu menghindarkan hind leg paralysis.

Pemelihara bisa juga bereksperimen memberi makan apa saja yang sekiranya aman. Hindari beberapa makanan seperti susu, bawang-bawangan, buah terlalu masam. Jika ragu ada baiknya jangan menyediakannya.

Perawatan

Cara merawat sugar glider untuk pemula yang bisa dibilang sangat penting yakni memperhatikan kuku sugar glider. Kuku panjang akan membuat badan atau bahkan anak pemilik tersakiti, makanya perlu memotongnya.

Untuk cara merawat sugar glider dengan memotong kukunya juga tidak asal-asalan, karena dapat menyakiti bagian kaki. Maka perhatikanlah cara memotong kuku yang bagus dan benar di bawah ini:

  • Sediakan pounch, kain atau kaos kaki. Setelah itu sediakan pemotong kuku atau gunting kuku tajam.
  • Langkah kemudian, wajib memasukan SG ke pouch, kaos kaki atau kain, hal tersebut dikerjakan supaya hewan ini bisa tenang dan tidak mengigit saat proses pemotongan kuku.
  • Lalu, keluarkan tangan/bagian kaki dan potong kukunya satu per satu.
  • Dalam memotong, wajiblah diperhatikan. Potonglah ujung kukunya saja jangan terlalu dalam, karena dapat menjadi pemicu pendaharan dan luka. Jika memang telah kebablasan dan berdarah, segeralah lakukan penanganan supaya tidak infeksi.

Memandikan

Cara memelihara sugar glider terakhir ialah memberi mandinya. Bagi yang tinggal di kota dan sangat suka kebersihan, maka wajib memperhatikan benar poin ini.

Karena jika tidak diberi mandi bulunya bisa mengeluarkan aroma tak sedap akibat terkena urin atau fesesnya sendiri. Memberi mandi sangatlah penting karena merupakan cara merawat sugar glider agar tidak bau.

Jenis – jenis sugar glider

jenis-jenis-sugar-glider

Ada banyak jenis sugar glider yang dapat dipelihara, tergantung selera masing – masing. Berikut jenis – jenis sugar glider :

Classic grey

Tipe sugar glider classic grey ialah tipe paling biasa ditemui di Indonesia. Ciri-ciri tipe classic grey ialah bulunya mempunyai warna abu-abu. Classic grey ialah tipe sugar glider paling murah harganya dibanding tipe lain.

Albino

Jenis kedua ialah tipe albino. Sugar glider tipe ini tidak mempunyai pigmen warna di badannya, menjadikan setiap inci badannya berwarna putih dan matanya berwarna merah.

Sugar glider tipe albino tergolong tipe paling mahal harganya. Di Indonesia sendiri, harga seekor sugar glider albino berkisar antara 10 sampai 15 juta.

Leucistic

Tipe selanjtnya ialah tipe sugar glider leucistic. Sekilas tipe ini mirip sugar glider albino. Perbedaan leucistic dengan albino terletak pada warna matanya.

Warna mata sugar glider albino berwarna merah, sementara warna leucistic berwarna hitam.

Harga sugar glider leucistic sangat mirip dengan harga albino, meski diperoleh pula sugar glider leucistic yang harga ditawarkan jauh lebih mahal dari tipe albino.

White face

SG keempat ialah tipe  white face. Tipe ini mirip dengan tipe classic grey. Perbedaannya ialah bulu sugar glider white face berwarna sedikit lebih putih dibandingkan tipe classic grey.

Seperti namanya, sugar glider white face juga mempunyai area berwarna putih lebih merata di wajahnya dibandingkan classic grey.

Harga seekor white face berkisar antara 6 hingga 4 juta rupiah perekornya, meski ada juga yang menjual di bawah harga tersebut.

White tail (White tip)

Julukan white tail karena ujung ekornya berwarna putih cerah, tidak berwarna keemasan atau cokelat cerah. Warna bulu secara umum dikuasainya sama seperti sugar glider pada biasanya. Yakni abu-abu atau cokelat.

Sugar glider ini juga mempunyai garis tengah berwarna cokelat di punggungnya, dari ujung kepala hingga pangkal ekor. Sementara itu, warna mata dan kuping hitam.

Harga white tip sedikit lebih mahal dibandingkan tipe white face. Harganya berkisar antara 6 hingga 8 juta.

Mosaic

Sugar glider mosaic mempunyai dua varian warna, yaitu warna putih dan abu-abu, dengan beberapa bagian badannya berwarna putih tidak merata.

Ciri lain, warna pendengarannya lebih cerah (pucat) daripada SG kebanyakan. Sementara itu, matanya berwarna hitam.

Harga sugar glider mosaic berkisar antara 6 hingga 8 juta setiap ekornya.

Platinum

Sugar glider platinum merupakan variasi warna relatif sulit ditemui. Sugar glider platinum mempunyai warna putih keperakan tidak beraturan letaknya. Ciri lain warna pendengarannya lebih cerah (pucat) daripada pada biasanya. Matanya berwarna hitam.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment