Ciri Bibit Kalkun Berkualitas

Kalkun (numida meleagris) ialah unggas yang dikembangkan untuk diambil dagingnya sedangkan saat di luar negeri ayam ini lebih terkenal dengan sebutan ayam turki. Hal ini diakibatkan kalkun yang berada di daerah eropa merupakan hasil impor dari negara turki.

Untuk menikmati olahan dari daging kalkun kita tidak perlu jauh-jauh ke turki karena saat ini sudah mulai banyak di budidayakan di Indonesia. Daging kalkun memiliki rasa yang sangat lezat dengan tekstur alot dibandingkan dengan daging ayam. Bahkan tidak sedikit pula orang bilang teksturnya menyerupai daging sapi.

Cara Memilih Anakan Kalkun Unggulan

Di dalam usaha pemilik ternakan kalkun, memilih bibit unggul akan berdampak besar terhadap keberhasilan budidaya. Selain faktor lingkungan tempat pemeliharaan, manajemen pakan, manajemen perkandangan, manajemen perawatan, faktor genetika juga mensugesti tingkat perkembangan itu sendiri.

Oleh sebab itu, lebih baik untuk selalu memilih bibit kalkun terbaik atau mempunyai kualitas diatas rata-rata unggul sehingga usaha anda lebih terjamin.

Proses pemilihan anakan kalkun tidak ada bedanya dengan memilih bibit unggul pada ayam ras. Faktor utamanya yang mensugesti bagus tidaknya bibit tersebut terletak pada daya tahan, tingkat perkembangan, serta kekuatannya dalam berproduksi.

Di samping itu, anda juga perlu melakukan proses seleksi anakan menurut morfologinya. Pilihlah bibit yang mempunyai fisik tepat dan tidak mempunyai cacat.

Kelebihan Memakai Bibit Kalkun Unggulan

Bibit anak kalkun unggul bisa berkembang besar dalam waktu yang sangat cepat, sangat sulit terjangkit penyakit, serta mempunyai produktivitas tinggi. Bibit tersebut juga nantinya mampu menciptakan bibit-bibit baru yang juga berkualitas unggul.

Selanjutnya terserah anda sendiri apakah mau menjalankan usaha daging potong atau menjual bibit kalkun. Kedua potensi ini sama-sama dapat dikerjakan dan mempunyai peluang urusan ekonomi begitu besar.

Ciri – Ciri Bibit Kalkun Berkualitas Unggulan

  • Agresif dan lincah,
  • Sama sekali tidak mempunyai cacat fisik.
  • Bulu di tubuh terasa halus serta masih terlihat mengkilap.
  • Mempunyai paruh normal, mata jernih, dan kaki kuat.
  • Mampu berdiri tegak atau  tidak sering duduk.

Cara Memilih Indukan Kalkun Unggulan dan Berkualitas

Anda semestinya hanya membeli anakan sehat atau tidak cacat. Usahakan bibit yang dipilih mempunyai postur seragam untuk memudahkan anda merawatnya.

Anakan kalkun tersebut boleh berasal dari indukan yang berbeda dan mempunyai warna bulu tidak sama, tapi harap untuk memastikan kondisinya. Biasanya kalkun jantan mempunyai bulu yang warnanya lebih cerah daripada betina.

Jika ingin memulai usaha ternak kalkun dengan cara indukan maka dapat memilih indukan yang tepat seperti di bawah ini :

Ciri – Ciri Indukan Kalkun Betina Unggulan

  1. Postur tubuhnya membulat,
  2. Matanya terang jernih,
  3. Paruh berukuran pendek dan kuat.
  4. Mukanya sedang dan tidak teramat lebar,
  5. Tubuhnya besar dengan perut luas,
  6. Karankula halus berwarna merah segar.

Ciri – Ciri Indukan Kalkun Jantan Unggulan

  1. Tulang supitnya cukup rapat,
  2. Badannya kuat memanjang,
  3. Bulu-bulu tersusun rapi teratur.
  4. Kedua sayapnya pun kuat,
  5. Mata masih terlihat jernih berbinar.
  6. Paruh dalam situasi yang bersih,
  7. Sisik-sisik pada kaki tersusun teratur,
  8. Kaki dan kukunya bersih.
Baca Artikel Lainnya :
Cara Membedakan Ayam Kalkun Jantan dan Betina Ayam kalkun ialah tipe unggas yang dikenal dengan bentuk badan yang besar, serta berpotensi diternakkan, dan sebagai makanan konsumsi. Daging ayam kal...
Cara Membedakan Jenis Kelamin Kalkun Cara Membedakan Kelamin Kalkun -  salah satu tipe unggas alternatif yang bisa dipelihara, ternyata harga kalkun lebih tinggi dari ayam biasa. Kita bis...
Makanan Ayam Kalkun Makanan - Ayam kalkun ialah salah satu ayam yang banyak dikembangkan bahkan terdapat 7 tipe kalkun ada di Indonesia. Berurutan jenis kalkun yang palin...
Cara Mengatasi Kalkun Mencret Kalkun mencret ditandai dari tinja yang mempunyai warna cair dan berwarna keputih-putihan atau kehitam-hitaman. Kondisi tubuh juga terlihat lemah, den...
Cara Budidaya Kalkun Kalkun merupakan tipe unggas penghasil daging terbaik. Pemilik ternak biasanya budidaya kalkun untuk memperoleh dagingnya. Ukuran yang besar menjadika...
Cara Mengatasi Kalkun Lumpuh Cara Mengatasi Kalkun Lumpuh - Tubuh kalkun yang terkena penyakit lumpuh akan terlihat lemas sekali dan cuma dapat terkulai di permukaan tanah. Bahkan...
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!