Ciri-Ciri Kambing Sehat

11 Ciri -Ciri Kambing Sehat untuk Aqiqah (Lengkap) – Kambing termasuk kedalam hewan herbivora. Herbivora merupakan hewan yang memakan tumbuh – tumbuhan. Selain herbivora, kambing juga hewan mamalia dan memamah biak. Hewan mamalia ialah hewan yang berkembang biak dengan melahirkan dan menyusui.

Kambing sangat mudah di jumpai di Indonesia. Alasan utamanya karena kambing tergolong hewan ekonomis yang halal. Mangsa pasar kambing sangat luas. Selain sebagai bahan kuliner kambing juga biasa digunakan sebagai hewan qurban oleh umat islam.

Ciri Kambing Sehat untuk Aqiqah

gambar-kambing

Kambing mempunyai ciri – ciri yang sangat mudah dihafalkan. Ciri – ciri kambing umumnya bisa dilihat dari bentuk tubuhnya. Selain itu kambing juga terkenal dengan ciri baunya yang khas.

  1. Hewan Herbivora

    Kambing tergolong dalam hewan herbivora yaitu pemakan tumbuh-tumbuhan. Makanan utama kambing adalah rumput. Selain rumput kambing juga suka memakan ilalang serta dedaunan.

  2. Memiliki Sepasang Tanduk.

    Tanduk hanya dimiliki oleh kambing yang berjenis kelamin jantan. Kegunaan tanduk pada kambing biasanya sebagai alat perebutan kekuasaan. Tanduk kambing juga digunakan untuk mempertahankan diri dari ancaman yang datang.

  3. Bulu Berwarna Krem atau Putih.

    Jenis kambing bisa dilihat dari bulunya, umumnya kambing gibas memiliki warna bulu putih. Untuk jenis kambing ettawa memiliki bulu berwarna coklat. Bulu kambing sangat berguna untuk menjaga kestabilan suhu tubuh.

  4. Ekor Pendek.

    Kambing mempunyai ekor yang terbilang pendek. Kegunaan ekor pada kambing untuk membantu menjaga kebersihan pantat. Kambing akan mengepakkan ekor untuk membersihkan bagian pantatnya dari kotoran yang tersisa.

  5. Memiliki Sepasang Kaki Depan dan Belakang.

    Kambing yang sehat mempunyai dua kaki di depan dan dua di belakang. Kaki pada kambing bisa digunakan untuk berdiri, berjalan dan berlari. Kaki pada kambing juga sangat berguna untuk menjangkau tempat mencari makan. Ukuran kaki kambing juga terlihat sama antara bagian depan dan belakang.

  6. Warna Mata Berwarna Hitam.

    Kambing memiliki dua buah bola mata yang berwarna hitam. Bola mata pada kambing mempunyai kegunaan untuk melihat kondisi sekitar (indra penglihatan).

  7. Posisi Mata di Samping Kepala.

    Posisi mata kambing berada di samping kepala. Dengan mata yang terletak di samping membuat kambing bisa melihat lebih luas keadaan sekitar.

  8. Daun Telinga yang Panjang

    Bentuk daun telinga kambing tergolong panjang. Panjang telinga kambing sangat berguna sebagai indra pendengaran. Dengan bantuan telinga, kambing dapat mendengarkan kondisi keadaan sekitar.

  9. Kelenjar Susu.

    Sebagai hewan mamalia, Kambing mempunyai kelenjar susu. Kelenjar susu berguna untuk memberi susu kepada anak-anaknya. Susu kambing sangat kaya akan manfaat dan nutrisi. Karena kaya akan nutrisi sekarang banyak memperjual-belikan susu kambing sebagai bahan komoditas.

  10. Hidung Pesek.

    Kambing mempunyai bentuk hidung yang pesek. Selain sebagai alat pernapasan ternyata hidung kambing mempunyai fungsi lain. Fungsi lain hidung ialah alat indikator kesehatan. Tingkat kesehatan kambing bisa di lihat dari warna hidung kambing.

  11. Hanya memiliki Gigi Seri dan Geraham.

    Karena kambing merupakan hewan memamah biak, kambing hanya memiliki gigi seri dan geraham. Dengan kombinasi gigi ini, kambing bisa dengan mudah mengunyah makanan. Makanan kambing bisa berupa rumput, ilalang dan dedaunan.

  12. Melahirkan

    Kambing tergolong dalam hewan mamalia. Hewan mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan. Setelah melahirkan, induk kambing akan menyusui anak – anaknya.

gambar-kambing-2

Demikian sedikit ulasan tentang Ciri Ciri Khusus Kambing Sehat ( Lengkap ). Jika sobat mempunyai ciri ciri lain dan mempunyai pertanyaan silahkan tuliskan di komentar.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!