Ciri dan Kemampuan Tokek

14 Ciri-Ciri Tokek Mahal Beserta Kemapuannya. Binatang reptil sangat mudah ditemui di sekitar kita salah satunya adalah tokek. Lokasi keberadaannya sangat mudah ditemui di rumah – rumah, bahkan bisa juga di hutan.

Binatang tokek dan cicak mempunyai bentuk tubuh yang hampir serupa karena sama-sama tergolong sebagai hewan reptil. Terdapat beragam jenis tokek yang ada di Indonesia seperti albino, rumahan, atau hutan. Cara membedakan jenisnya dapat dilihat secara lansung melalui warna kulit dan besar tubuhnya.

Ciri Khusus Tokek Mahal

Bagi orang awam membedakan tokek dengan cicak sebenarnya sangat mudah, namun kadang sedikit sulit untuk mencari perbedaannya dengan kadal. Berikut ini beberapa cici-ciri tokek asli yang ada di sekitar :

  1. Tubuh tokek raksasa lebih besar dari cicak,
  2. Memiliki sepasang kaki depan dan sepasang kaki belakang.
  3. Berjalan di dinding / pohon ( merayap),
  4. Memiliki lapisan khusus di jari jari kaki (scansor),
  5. Ukuran mulut sangat lebar.
  6. Pupil Bola mata tegak berbentuk corong dengan tepi yang bergerigi,
  7. Warna bola mata tergantung dari jenisnya, biasanya hitam, hijau dan cokelat.
  8. Tubuh tokek raksasa rata – rata berwarna cokelat dan terdapat bintik kecil yang khas di kulitnya.
  9. Ekor tergolong panjang dan dapat putus jika keadaan terancam,
  10. Ciri-ciri tokek asli paling mudah dengan cara mendengar suara yang sangat khas dan keras.
  11. Berkembang biak dengan cara bertelur,
  12. Hewan tokek albino termasuk jenis hewan reptil.
  13. Makanan sangat beragam berupa serangga kecil seperti lalat, nyamuk, jangkrik dan serangga kecil lainnya,
  14. Tokek albino tergolong hewan nocturnal ( aktif pada malam hari).

Kemampuan Khusus Pada Tokek

tokek-besar

Tokek tergolong dalam binatang ekonomis atau hewan yang dapat diperjual belikan. Mangsa pasarnya bahkan sudah tersebar luas di Indonesia bahkan sudah lama terdapat komunitas pecinta. Selain sebagai hobi tokek juga bisa dijadikan obat.

Beberapa penyakit diyakini dapat disembuhkan oleh hewan yang bersuara menyebutkan namanya sendiri ini. Bahkan jika ukurannya sangat besar maka harga yang ditawarkan juga sangat tinggi.

Kulit Punggung Bersisik Granular

Ukuran tokek yang tergolong lebih besar dari cicak membuatnya mempunyai berbagai kemampuan khusus terutama kulitnya. Sisik granular dan bintik-bintik besar hampir menutupi semua bagian tubuhnya sehingga dapat membuat tubuhnya menjadi keras dan alot.

Kemampuan khusus tokek tersebut juga dapat menjadi ciri khas dari tubuh karena sangat mudah terlihat ketika diamati.

Autotomi pada Tokek

Kemampuan khusus pada tokek yang utama yaitu autotomi yang dapat membuatnya ketika berada di posisi yang membahayakan nyawa dapat memutuskan bagian ekornya. Ekor yang putus akan terus bergerak dalam beberapa saat, sehingga musuh akan terkecoh, dan membuatnya selamat dari ancaman predator.

Lidah yang panjang

Tokek mempunyai kemampuan khusus yaitu kekuatan membuat lidah lebih panjang, untuk  menangkap para mangsanya atau berburu makanan lainnya. Lidah tokek ternyata tidak hanya panjang tapi juga sangat lengket.

Hal itu sangat berguna membuat mangsanya terutama serangga kecil seperti nyamuk dan laron tidak lepas saat tertangkap, kemampuan khusus tersebut sudah ada dari bawaan lahir.

Cara Membedakan Kelamin Tokek

Kemampuan mengetahui jenis kelamin tokek tergolong sangat penting dimiliki bagi para peternak. Hal tersebut karena tokek berkembangbiak dengan cara bertelur dan membutuhkan pembuahan dari pejantan dan betina. Saat proses kawin telah berhasil maka seekor betina akan bertelur di tempat yang menurutnya cocok.

Karena itu perlu bagi anda untuk mengetahui jenis kelamin tokek agar tidak salah dalam menjodohkannya saat dimasukkan 1 kandang. Hal yang paling mudah untuk cara membedakan kelaminnya yaitu dengan melihat warna dari tubuhnya serta bagian pangkal bawahnya.

Ciri Jenis Kelamin Tokek Jantan

  • Berwarna cerah,
  • Bintik pada tubuh tergolong kasar dan timbul,
  • Bintik kuning pada tubuh tidak dominan,
  • Terdapat 2 tonjolan pada bagian tubuh dibawah pangkal ekor.

Ciri Jenis Kelamin Tokek Betina

  • Warna Tubuh dominan berwarna kuning,
  • Bintik pada tubuh terlihat rata atau halus,
  • Tidak terdapat tonjolan di bagian tubuh bawah pangkal ekor.

Demikian sedikit tentang 14 Ciri-Ciri Tokek Mahal Beserta Kemapuannya, jika sobat memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!