12 Ciri Kucing Hamil Tua Akan Melahirkan

12 Ciri Kucing Hamil Tua Akan Melahirkan – Kucing merupakan hewan mamalia yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Banyak para catlovers yang tidak tahu ciri dari kucing bunting. Sehingga sobat berhasil menemukan artikel ini untuk mencari tanda meong mengandung.

Kucing dapat hamil karena terjadinya proses perkawinan yang berhasil antara jenis betina dengan jantan. Dari Kehamilan ini nantinya akan keluar anakan (kitten) dari rahim betina.

Ciri Kucing Hamil Tua Akan Melahirkan

kucing-hamil

Perubahan saat si meong hamil bisa dilihat dari ciri fisik dan tingkah lakunya. Mari kita bahas sedikit tentang tanda kucing sedang mengandung agar sobat tahu kehamilan sejak awal.

1. Muntah

Pada saat kucing hamil muda ciri utamanya adalah muntah-muntah namun tidak semua mengalami fase ini. Ada baiknya sobat memeriksakan si mpuss ke dokter untuk tahu penyebab muntah tersebut. Hal yang ditakutkan jika muntah karena terserang penyakit serius.

2. Siklus Birahi Berhenti

Kucing mempunyai periode siklus birahi rata – rata hanya 1 – 1,2 bulan dan berlangsung selama 7 hari. Saat siklus birahi berhenti, itu tandanya dia tidak ingin di kawinkan. perubahan dalam siklus terjadi saat usia kehamilan menginjak 1 minggu. Hal tersebut tentu dapat dijadikan sebagai salah satu ciri kucing hamil 1 minggu.

3. Nafsu Makan Bertambah

Ciri kucing sedang hamil berikutnya adalah bertambahnya napsu makan karena untuk mencukupi kebutuhan energi dan protein. Kedua hal tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan janin .

4. Perut Membesar

Saat kucing berhasil kawin, tanda kehamilan yang paling mudah dilihat adalah membesarnya bagian perut. Bagian perut hewan membesar menandakan bahwa terdapat bayi di dalam kandungan.

Semakin bertambahnya usia kandungan perut akan semakin membesar dan akan kembali normal setelah proses melahirkan anak – anak ( kitten ) selesai.

5. Manja

Kucing yang sedang hamil akan menjadi lebih manja atau jinak dengan pemilik. Namun ada juga yang aggresif saat sedang hamil karena perasaan tidak nyaman. Patut diwaspadai jika kucing berubah menjadi agresif karena hal tersebut bisa jadi tanda penyakit lain misalnya rabies.

6. Bentuk Punggung Melengkung

Kucing yang sedang hamil akan terlihat mempunyai bentuk punggung melengkung. Perubahan tersebut diakibatkan karena beban berat pada bagian kandungan perut yang berisi anakan bayi ( kitten).

7. Mencari Tempat Bersarang

Kucing yang hamil tua dan akan melahirkan cenderung mencari – cari tempat bersarang yang nyaman. Tempat paling disukai biasanya berhawa hangat dan empuk. Tapi ada juga yang lebih suka tempat gelap dan jauh dari keramaian saat melahirkan.

8. Sering Tidur

Tanda kucing hamil lainnya bisa dilihat dari pola tidurnya. Saat sedang hamil biasanya si meong lebih suka tidur dan bermalasan untuk menjaga kandungan dan mencukupi waktu istirahat. Kebutuhan istirahat yang cukup akan memberi lebih banyak angka keberhasilan saat proses persalinan.

9. Sensitif Terhadap Kucing Lain.

Ciri binatang sedang hamil dan akan melahirkan juga bisa dilihat dari tingkat sensitifnya pada kucing lain. Saat hamil ia cenderung tidak menyukai kehadiran jenis lain. Keadaan tersebut ditimbulkan hanya untuk berusaha melindungi kehamilannya.

Induk kucing merasa keberadaan hewan lain dapat mengancam keselamatan kitten yang dikandung.

10. Bulu di Sekitar Puting Rontok.

Bulu di bagian puting kucing yang sedang hamil akan rontok saat usia kehamilan sudah matang. Rontoknya atau menipisnya bulu menyebabkan puting susu menjadi lebih terlihat. Puting yang terlihat akan membuat kitten lebih mudah menempatkan mulut pada puting.

11. Puting Berwarna Merah dan Besar.

Perubahan puting susu berwarna merah merupakan tanda awal kucing memasuki fase akan melahirkan. Puting akan berwarna merah dan bertambah besar seiring waktu mendekatnya fase melahirkan. Kegunaan puting yakni sebagai jalan keluarnya susu yang kaya akan nutrisi baik kitten.

12. Keluar Air Susu.

Kucing yang akan melahirkan jika kita pencet bagian putingnya akan mengeluarkan susu sebagai nutrisi untuk kitten. Berikan makanan kaya akan nutrisi agar kandungan susu lebih bergizi.

kucing-hamil-melahirkan

Demikian 12 Ciri Kucing Hamil Tua dan Akan Melahirkan. Setelah proses melahirkan si mpus masih membutuhkan bantuan manusia agar anakan sehat. Artikel tentang cara merawat kitten akan segera kami update selanjutnya. Jika sobat mempunyai pertanyaan silahkan tanyakan pada kolom komentar.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!