Ciri – Ciri Kucing Sehat

Ciri – Ciri Fisik Kucing yang Sehat – Ciri – ciri fisik kucing sehat terutama jenis persia dan anggora sangat mudah untuk diamati. Mengamati kondisi kesehat kucing tidak membutuhkan alat. Sobat hanya membutuhkan ketelitian untuk melihat ciri – ciri, kondisi kucing yang sehat.

Sebagai salah satu hewan favorit, Kucing merupakan hewan yang disukai oleh banyak orang. Banyak orang yang mempunyai hobi memelihara kucing. Catlovers julukan orang yang mempunyai hobi memelihara kucing.

Para Catlovers sangat suka dengan kucing karena tingkahnya yang lucu. Selain lucu, kucing juga sangat menggemaskan dan bisa menjadi obat stress pemiliknya. Bulu kucing yang lembut juga menjadi alasan kenapa kucing bisa menjadi hewan yang sangat disukai anak – anak.

Ciri – Ciri Fisik Kucing Sehat

gambar-kucing-sehat-1

Kucing tergolong hewan yang butuh banyak perawatan. Kondisi kesehatan pada kucing bisa dilihat dari keadaan fisiknya. Berikut ciri – ciri fisik kucing yang sehat.

  1. Suhu Tubuh Normal ( Stabil).

    Suhu tubuh kucing yang normal berkisar antara 37.6 – 39.4 derajat celcius. Kucing yang memiliki suhu diatas batas normal akan mengalami demam. Penyebab demam pada kucing karena terjangkitnya virus / bakteri.

  2. Bulu Bersih, Tidak Rontok dan Korengan.

    Kucing bisa dikatakan sehat jika mempunyai bulu yang bersih, tidak rontok dan korengan. Kebiasaan kucing sewaktu bermalas-malasan suka membersihkan bulunya sendiri dengan menggunakan bantuan lidah sebagai sisir.

    Air ludah yang ikut keluar melalui lidah membantu menjaga kelembaban pada bulu kucing.

  3. Mata Cerah, Bersih dan Tidak Belekan.

    Kucing yang sehat akan terlihat mempunyai mata yang cerah dan besar. Mata kucing yang sehat jika diamati tidak akan ditemukan kotoran di dalamnya. Tidak terdapat belekan pada pinggiran mata kucing.

  4. Hidung Sedikit Lembab.

    Sebagai indra penciuman, kondisi kesehatan hidung kucing sangat penting. Hidung Kucing yang sehat bisa dilihat dari kondisi kelembabannya. Hidung yang sehat akan tampak sedikit lembab dan tidak ditemukan jamur yang menempel.

  5. Mulut Tidak Berbau Busuk.

    Saat sobat membuka mulut kucing silahkan cium aroma yang keluar. Kucing yang sehat tidak akan mengeluarkan bau / aroma yang menyengat pada mulutnya. Selain itu pada bagian lidah tidak ditemukan jamur yang bersarang.

  6. Gusi dan Gigi yang Sehat.

    Gigi Kucing yang sehat akan terlihat putih bersih tanpa terdapat kotoran. Gusi yang sehat akan berwarna merah muda tanpa terdapat bekas luka diantara sela – sela gigi. Gusi dan gigi kucing yang sehat sangat kuat karena fungsinya untuk mencari makan.

  7. Telinga Bersih.

    Kucing sangat peka dengan bunyi atau suara di sekitarnya. Kucing yang sehat mempunyai telinga yang bersih dan bebas dari jamur. Jamur pada telinga kucing biasa menempel pada bagian luar dari ujung sampai pangkal.

  8. Denyut Nadi Normal.

    Ciri – ciri kesehatan kucing bisa dilihat dari denyut nadinya. Denyut nadi kucing yang normal berkisar antara 76 – 148 per menit. Kondisi kesehatan kucing dikatakan terganggu jika lebih rendah atau lebih tinggi dari denyut normal.

  9. Pups Padat dan Tidak Berbau Menyengat.

    Kucing yang sehat akan mempunyai Pups ( Tai) yang padat dan berbau tidak menyengat. Kesehatan kucing yang terganggu akan mengalami mencret bahkan sampai mengeluarkan darah. Selain bakteri makanan kucing yang kurang cocok juga bisa menjadi penyebab terjadinya mencret.

gambar-kucing-sehat

Demikian sedikit tentang Ciri – Ciri Fisik Kucing yang Sehat. Kenali terlebih dahulu ciri – cirinya sebelum anda membeli / mengadopsi kucing. Jika sobat mempunyai pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!