Ciri dan Habitat Cicak Belum Ada Ulasan

Cicak / cecak ialah hewan vertebrata reptil yang biasa ditemukan merayap di dinding rumah atau pepohonan. Cecak dapat tumbuh hingga mencapai ukuran sampai 10 centimeter, dengan bagian tubuh berwarna abu-abu, tapi ada sebagian jenis berwarna coklat kehitaman.

Secara harfiah cicak dan tokek memiliki kemiripan dari berbagai hal termasuk mempunyai suku sama yaitu Gekkonidae.

Salah satu hewan vertebrata ini memang terkenal cepat dalam perkembangbiakannya, cicak mampu menghasilkan banyak telur dalam sekali perkembangbiakan. Saat telur telah menetas maka akan menjadi anakan, orang jawa biasa menyebutnya sawiyah.

Berikut ini ulasan tentang berbagai ciri umum cicak dan habitatnya:

  1. Umumnya merupakan hewan melata (bergerak menelungkup diatas tanah)
  2. Kulit bersisik dan kering.
  3. Ukuran kaki pendek
  4. Mempunyai ukuran ekor panjang
  5. Terdapat kelenjar bau di sekitar kloaka.
  6. Bentuk ginjal berbentuk pipih.
  7. Sistem sirkulasi Peredaran darah tertutup ganda.
  8. Memiliki 4 bilik jantung terdiri dari 2 serambi (atrium) dan 2 ventrikel.
  9. Mempunyai 3 alat indra terdiri dari hidung, mata serta telinga.
  10. Melakukan adapatasi dengan lingkungan untuk mengatur suhu tubuh (hewan berdarah dingin).
  11. Makanan utamanya serangga kecil.
  12. Berkembangbiak secara ovipar (bertelur).
  Cara Mengatasi Tokek Stres

Daftar Isi

Jenis Cicak Di Rumah

ciri - ciri-dan-habitat-cicak

Selain hal tersebut cecak juga tergolong hewan yang mempunyai banyak sekali jenisnya. Bahkan tanpa disadari terdapat 3 tipe spesies berada di sekitar rumah.

1. Jenis Tembok

Cicak tembok mempunyai nama latin cosymbotus platyurus sering dijumpai berada di sekitar kita, habitat utama hewan reptil ini adalah tembok rumah serta bagian sela-sela atap.

Cecak ini mempunyai ciri bertubuh pipih berbentuk melebar, bagian ekor terdapat jumbai halus di bagian tepian. Kalau diamati secara seksama, akan terlihat lipatan kulit di sebelah sisi perut, serta kaki bagian belakang.

Ciri dan Kemampuan Tokek

2. Cicak Pohon Hijau

Cecak kayu mempunyai nama latin Hemidactylus Frenatus dengan bentuk lebih kurus dari jenis tembok, serta bagian ekor bulat. Selain itu terdapat juga tonjolan kulit seperti duri memanjang, dari pangkal ke ujung ekor sebanyak enam deret.

Habitat utama cicak pohon merupakan pohon di halaman rumah, serta bagian atas rumah yang terbuat dari kayu. Selain di atap biasanya juga sering terlihat bersama dengan cecak tembok saat mencari makan di dekat lampu dalam rumah, ataupun luar rumah. Dalam proses memperoleh makanan umumnya tipe cicak tembok lebih ahli daripada cecak kayu.

  Radang Telinga Otitis Kucing

3. Cicak Suka Gula

Cecak gula memiliki nama latin Gehyra Mutilata dengan bentuk tubuh kecil, serta pada bagian kepala membulat, sedangkan pada warna kulit dominan transparan, bahkan hampir serupa corak dagingnya.

Habitat utama cicak gula adalah dapur, kamar mandi, umumnya mencari makan dengan memakan butiran nasi atau gula yang jatuh. Bahkan kadang kita dibuat jengkel oleh tipe ini saat menemukannya tenggelam dalam gelas kopi.

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!