Ciri Kambing Bunting

Kambing yang sedang bunting merupakan idaman dan harapan para peternak, karena hal tersebut mampu menambah jumlah hewan ternak yang dipelihara. Keahlian mengetahui kondisi bunting / hamil wajib dimiliki para peternak, hal yang pasti merepotkan jika keahlian ini tidak dimiliki.

Banyak hal yang menyebabkan kita sulit untuk membedakan kambing yang sedang hamil, terutama pada saat usia kehamilan masih dibawah tiga bulan. Hal ini karena hanya terdapat sedikit perbedaan antara kambing yang bunting dengan mandul, sedangkan saat kehamilan lebih dari tiga bulan perubahan fisik sangat terlihat.

Perlu bagi kita untuk mengetahui tanda kambing sedang hamil muda, agar kita tidak kewalahan perawatannya. Saat sobat telah mengetahui bahwa kambingmu sedang dalam kondisi bunting, maka bisa memberikan perawatan secara khusus. Memberikan perawatan yang tepat pada kambing bunting nantinya akan membuatnya tetap sehat dan dapat melahirkan dalam kondisi prima.

Kambing dengan kondisi prima dapat menghasilkan anakan yang bagus pula. Selain itu kelebihan lainnya saat kondisi kambingmu sehat dan prima adalah proses persalinan akan lebih mudah dan cepat.

Ciri – Ciri Kambing Hamil Muda

kambing-bunting

Menentukan kehamilan kambing perlu pengamatan yang sangat intensif, dengan menganalisis biasanya kita dapat mengetahui kondisi hewan ternak tersebut. Mungkin dengan cara ini kita dapat mengetahui ciri dan tanda khusus yang dapat diamati secara fisik dan perilaku.

  1. Jinak

    Hal paling mudah yang bisa kita lihat dari ciri – ciri kambing hamil muda adalah perilakunya yang berubah menjadi lebih jinak dan tenang saat usia kehamilan 3 bulan. Saat hamil, Kambing lebih suka bermalasan dan suka menggesek-gesekkan tubuh ke dinding kandang.

  2. Kulit Ambing Lentur

    Ambing merupakan bagian pada tubuh kambing  yang berada di dekat puting, saat sedang hamil muda maka ambing akan lebih lentur dari biasanya. Sobat bisa mengecek kondisi ambing dengan cara menyentuhnya secara langsung.

    Jika kambing sobat dalam kondisi hamil, maka saat diperah secara perlahan bagian ambing akan keluar cairan yang bening, sangat kental dan agak lengket. Ketika usia kehamilan kambing lebih tua, maka warna cairan bening tadi akan berubah menjadi kuning pekat saat ambing diperah.

  3. Pusar Melebar

    Pusar merupakan bagian tubuh yang dapat dengan mudah dilihat secara langsung, jika dilihat Bagian pusar lebih melebar dari biasanya, bisa jadi ini merupakan salah satu contoh tanda kambing hamil muda. Mengamati bagian pusar secara langsung merupakan cara termudah untuk menentukan kondisi kehamilan hewan ternak.

  4. Suka Makan

    Kambing yang sedang bunting rata – rata akan sangat suka makan, karena kondisi tubuh memang butuh sangat banyak energi saat sedang hamil. Kandungan nutrisi dan energi dari makanan nantinya akan menjadi nutrisi untuk janin yang ada di dalam tubuh.

  5. Terlihat Gemuk

    Pada bagian perut kambing bunting akan terlihat lebih berisi daripada biasanya, bisa saja ini adalah indikasi bahwa janin yang berada dalam tubuh sudah mulai berkembang. Semakin bertambahnya usia janin maka akan bertambah besar pula ukuran perut kambingmu.

  6. Bulu Mengkilap

    Tanda lain dari kambing sedang mengalami hamil muda dapat dilihat dari bagian kulitnya. Biasanya kulit / bulu terlihat kumal dan kurang bersih, namun saat kambing sedang hamil, bulunya akan terlihat lebih mengkilap dan bersih dari biasanya.

kambing-bunting-mau-melahirkan

Ciri kambing hamil muda akan lebih mudah dikenali saat usia bunting di bulan ke tiga. perubahan yang sangat terlihat adalah membesarnya bagian perut. Kambing merupakan salah satu hewan ternak bertubuh besar yang sangat banyak diternakkan di Indonesia.

Bahkan karena beternak kambing sangat mudah, banyak sekali peternakan yang masih menggunakan cara tradisional. Selain peternakan, kambing juga diternakkan secara perorangan di kampung – kampung atau di desa.

Kenali 9 Ciri dan Tanda Kambing Akan Melahirkan

Fokus utama para peternak umumnya diambil bagian dagingnya, tapi ada juga peternakan yang bertujuan mengambil susunya. Para pengusaha susu kambing umumnya akan memilih menggunakan ras jenis etawa, karena tingkat produktifitas susu lebih banyak dihasilkan oleh jenis etawa.

Susu kambing sangat kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, tapi sayangnya kebutuhan tidak di imbangi proses produksinya. Para peternak kambing lebih memilih menjadikan sebagai pedaging daripada menghasilkan susu. Karena sifatnya yang langka membuat harga susu kambing relatif lebih tinggi daripada susu sapi.

Ciri – Ciri Kambing Sudah Pernah Hamil dan Melahirkan

Memilih indukan kambing untuk ternak adalah kunci mendapatkan anakan yang bagus, umumnya para peternak lebih memilih untuk membeli indukan yang sudah pernah hamil. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir agar tidak salah membeli kambing mandul.

Kambing yang sudah pernah melahirkan terutama lebih dari satu kali akan mempunyai ciri yang berbeda dengan yang baru pertama kali hamil. Umumnya ciri akan mulai nampak saat dua bulan usia kehamilan, berikut ini tanda kambing sudah pernah  hamil :

  1. Ambing Membesar

    Kambing yang sudah pernah punting umumnya pada bagian ambingnya sudah membesar, dan mengeluarkan cairan yang lengket. Ambing merupakan bagian kantong yang terletak berdekatan dengan puting.

  2. Cairan Putih Servik

    Tanda kambing memasuki masa hamil muda, ditandai dengan keluarnya cairan putih pada bagian serviks. Diketahui terdapat beberapa perbedaan yang mencolok antara kambing pernah hamil dan belum, salah sutunya keluarnya cairan yang berwarna putih di bagian serviks.

  3. Pusar Lebar

    kambing yang telah mengalami proses melahirkan akan mempunyai pusar yang lebar. Sobat bisa melihat secara langsung pada bagian pusar, dan membedakannya dengan kambing yang belum pernah bunting.

  4. Nafsu Makan

    Kambing yang sedang hamil akan cenderung banyak makan (nafsu makan meningkat), sehingga perlu bagi sobat menyediakan banyak makanan untuk menjaga kondisi kambingnya.

  5. Tenang

    Saat kondisi kambing sedang bunting sifatnya menjadi lebih tenang, serta berhati – hati dalam bergerak untuk menjaga kondisi janinnya. Kondisi ini akan terus berlanjut sampai proses mengandung selesai, Ciri Kambing Dalam Kondisi Sehat.

Demikian artikel tentang 6 Ciri – Ciri Kambing Hamil Muda yang Sehat. Semoga cara diatas dapat membantu sobat menentukan indukan yang tepat. Jika sobat mempunyai pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update
error: Content is protected !!