Ciri Telur Ayam Berkualitas

Belum Ada Ulasan

Hal paling penting sebelum kita menetaskan telur ayam untuk modal bibit dalam usaha ternak, ialah menentukan telur yang mempunyai kualitas unggulan atau terbaik.

Hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada hasil anakan atau bibit yang dihasilkan. Semakin baik kualitas telur yang ditetaskan akan membuat bibit ayam kampung lebih kebal terhadap berbagai serangan penyakit.

Banyak yang mengira semua telur nampak sama, tapi sebenarnya terdapat perbedaan antara telur ayam kampung berkualitas rendah dan baik.

Penyebab Telur Ayam Sulit Menetas

telur-ayam-kampung-baik

Menetaskan telur mencangkup berbagai hal kompleks yang sangat sulit bagi orang awam atau baru memulai dalam bidang ini. Berikut adalah hal yang bisa menyebabkan telur ayam gagal menetas.

  1. Telur telihat terang atau kopong

Siapkan senter kecil atau sumber cahaya lalu arahkan telur tersebut. Jika pada bagian dalam terlihat jernih maka dapat dipastikan telur tersebut tidak dapat menetas. Banyak yang beranggapan bahwa telur yang cerah merupakan indikasi bahwa kondisi telur tidak subur karena tidak terdapat embrio di dalamnya.

  1. Terlalu Lama Disimpan

Telur yang baik untuk ditetaskan yakni telur yang setelah dikeluarkan dari indukan. Semakin lama telur disimpan maka tingkat keberhasilan telur dalam ditetaskan ikutu menurun. Menurut para peternak yang sukses telur yang memiliki usia dibawah satu minggu mempunyai daya tetas yang paling tinggi.

  1. Suhu Alat Tetas Telur Ayam ( Inkubator) Kurang Ideal

Menjaga suhu alat tetas telur ayam kampung tetap stabil adalah hal yang sangat penting. Suhu yang terlalu dingin akan membuat kondisi telur tidak mampu menetas sepenuhnya. Demikian halnya jika kondisi terlalu panas maka akan membuat embrio mati kepanasan. Pastikan keadaan mesin tetas juga dalam kondisi prima atau tidak terdapat kebocoran.

  Cara Mengobati Ayam Lumpuh

Ciri – Ciri Telur Ayam Kampung Berkualitas Baik

telur-ayam-kampung-berkualitas

Dalam menentukan manakah telur ayam kampung yang paling bagus untuk ditetaskan, perlu dilakukan beberapa pemilihan. Hal tersebut tidak hanya terpaku dalam melihat bentuk fisiknya saja namun juga berkutat juga pada aroma yang dikeluarkan oleh telur.

Memperhatikan Indukan

Umumnya telur ayam kampung berkualitas dihasilkan oleh indukan yang unggulan. Penting untuk melihat terlebih dahulu asal dari telur sebelum ditetaskan. Apakah berasal dari indukan yang sehat dan cukup umur.

Indukan ayam kampung yang cukup umur biasanya berada di kisaran lebih dari 1,5 tahun. Hal yang penting diperhatikan juga adalah ratio perkawinan dan pembuahan ayam kampung yakni seekor induk jantan untuk membuahi empat ekor betina agar menghasilkan kondisi telur terbaik.

Mengambil Telur Baru

Telur yang telah disimpan lebih sulit untuk ditetaskan, Sehingga ada baiknya memilih telur baru untuk ditetaskan. Tapi tidak semua telur baru berkualitas baik jadi tetap perlu dilakukan pemilahan atau pemilihan agar sesuai dengan yang diharapkan.

  Cara Ternak Ayam Kate

Mempunyai Ukuran Normal

Telur ayam kampung unggulan biasanya berbentuk normal yakni tidak terlalu besar atau kecil dan berbentuk bulat lonjong. Hal ini bisa dilakukan pemeriksaan dengan cara menimbang telur karena ciri telur ayam kampung berkualitas berada di angka 40 gram setiap butirnya.

Kulit Telur Dalam Kondisi Utuh atau Tidak Retak

Cangkang telur sangat penting untuk masa penetasan telur, karena dapat menghalau bakteri masuk ke dalam embrio telur. Bakteri yang masuk akan merusak struktur dalam embrio sehingga membuat telur gagal menjadi anakan ayam.

Selain itu kondisi cangkang yang retak membuat suhu tidak dapat merata ke  seluruh bagian telur.

Cangkang Telur Bersih

Sebelum menetaskan telur wajib untuk memeriksa kebersihan kulit telur. Kotoran ayam yang menempel pada bagian cangkang mampu menimbulkan bakteri pengganggu proses penetasan telur.

Untuk hal ini, perlu cara membersihkan kulit telur ayam kampung yakni dengan menggunakan air hangat diusap secara perlahan. Selanjutnya keringkan dengan menggunakan kain lap yang kering.

Warna Kulit Telur Sedikit Keruh

Ternyata warna kulit telur juga berpengaruh dalam kecepatan proses penetasan. Telur yang mempunyai warna gelap atau keruh cenderung lebih cepat dalam hal penetasan disbanding yang berwarna terang atau cerah.

  Cara Mengawinkan Ayam Bangkok

Melakukan Test Cahaya

Telur ayam kampung kondisi baik untuk ditetaskan dapat dilihat juga dari keadaan bagian dalam dengan menggunakan bantuan cahaya. Telur yang baik akan mempunyai sedikit rongga udara dan tidak berpindah-pindah tempat saat diputar.

Pada bagian tengah telur yang baik akan terdapat titik kecil yang merupakan bibit embrio.

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!