Gizi dan Manfaat Telur Puyuh

Telur puyuh ialah telur yang dihasilkan oleh burung puyuh (coturnix coturnix). Teksturnya sangat mirip dengan telur ayam biasa, hanya ukurannya saja jauh lebih mungil dibandingkan telur ayam maupun bebek. Makanan satu ini mempunyai cangkang atau kulit berwarna putih pucat disertai motif coklat. Telur ini biasa dijumpai dalam bermacam-macam hidangan, seperti sayur sop dan bubur ayam.

Manfaat telur puyuh bagi kesehatan terdapat beraneka macam. Hal ini tidak lepas dari kandungan sebanyak vitamin dan zat bernutrisi lain terdapat di dalamnya, antara lain protein, vitamin A, vitamin B, hingga asam amino.

Telur puyuh mengandung zat zeaksatin dan lutein, bermanfaat untuk menujang kesehatan mata. Kandungan vitamin A serta vitamin B2 (riboflavin)  di dalamnya  juga dapat membantu degenerasi makula serta bisa memperkecil risiko terkena gangguan mata seperti kerusakan kornea dan katarak.

  • Mencegah anemia

Manfaat telur puyuh bagi kesehatan yang utama yaitu mencegah timbulnya penyakit anemia atau kurang darah yang dikarenakan oleh kurangnya jumlah hemoglobin. Padahal, hemoglobin ialah zat dalam sel darah untuk mendistribusikan darah dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Zat besi ialah zat yang punya peran penting dalam produksi hemoglobin. Asupan zat besi cukup tentu akan membuat kadar hemoglobin dalam darah imbang. Telur puyuh ialah salah satu sumber zat besi terbaik yang dapat digunakan untuk menghindarkan anemia.

Manfaat Konsumsi Ikan Bawal

  • Mencegah kanker

Risiko kanker dapat dikurangi dengan menggunakan cara mengonsumsi telur puyuh secara teratur salah satunya. Khasiat ini diakibatkan adanya kandungan selenium, yaitu zat antioksidan yang bertugas untuk mengatasi radikal bebas serta menghindarkan kerusakan jaringan tubuh.

  • Memperbaiki memori otak

Kandungan kolin pada telur puyuh sangat bagus untuk membantu mengoptimalkan dan juga memulihkan memori dari otak orang dewasa. Dengan kata lain, kolin akan berguna sangat perlu untuk meningkatkan daya ingat, daya berpikir, konsentrasi dan juga fokus pada orang dewasa, sehingga akan sangat bagus untuk dimakan.

  • Mengatasi alergi

Manfaat telur puyuh untuk tubuh manusia lainnya yakni mengatasi timbulnya alergi bawaan sejak lahir. Sebagian orang memiliki alergi terhadap telur ayam, telur puyuh mungkin dapat menjadi asupan pengganti yang sempurna. Sebab kandungan dalam telur puyuh justru dapat menghindarkan dan menangani alergi. Ini karena dalam di dalamnya terkandung zat bernama ovomucoid, yakni senyawa yang berguna menangani gejala alergi.

Manfaat Mengkonsumsi Daging Puyuh

  • Membantu perkembangan otak janin dan Mencegah kematian janin

Kolin dalam telur puyuh juga mempunyai manfaat sangat bagus untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak pada janin pada proses kehamilan. Bagi para ibu hamil, cobalah untuk menambahkan asupan yang mempunyai kandungan kolin tinggi, serta bisa membantu pertumbuhan otak janin menjadi lebih optimal dan juga menjadi lebih berkualitas lagi.

Masih dari manfaat kolin yang terkandung di dalam telur puyuh, selain dapat membantu pertumbuhan otak pada janin, tetapi juga sangat bagus untuk melindungi janin.

Pasalnya, kolin mampu untuk menghindarkan kematian pada jaringan-jaringan janin, sehingga janin yang hidup di dalam kandungan bisa terlepas dari bermacam-macam macam gangguan kesehatan.

  • Memilimalisir resiko sakit jantung

Pada seporsi telur puyuh atau sekitar 5 butir mengandung 244 IU vitamin A dan 119 mg kolin yang mampu memberi manfaat telur puyuh untuk kesehatan tubuh manusia. Juga menyumbang 8-10 persen dari jumlah total asupan vitamin A harian, dan 22-28 persen asupan kiln harian.

Kedua zat tersebut efektif dalam menghindarkan infeksi, tak terkecuali memperkecil risiko penyakit jantung. Bagi yang hendak dapat terlepas dari risiko penyakit jantung, mulailah konsumsi makanan ini secara teratur dari sekarang.

Keuntungan Beternak Burung Puyuh

  • Menurunkan tekanan darah

Bagi para penderita tekanan darah tinggi (hipertensi), telur puyuh bisa dijadikan alternatif menu sehat untuk mengurangi tekanan darah pada tubuh. Manfaat untuk mengurangi tekanan darah didasari adanya kandungan kalium pada telur mini ini.

Kalium ialah mineral yang mempunyai peran sebagai vasodilator guna memperlebar pembuluh darah sehingga peredaran darah berjalan lancar dan tekanan darah pun tetap imbang. Kalium juga berfungsi untuk membudidayakan fungsi sistem kardiovaskular.

  • Meningkatkan kesuburan serta Memperlambat proses penuaan

Manfaat telur puyuh bisa juga meningkatkan kesuburan. Ini karena  mengandung zat penting dalam peningkatan kualitas dan kuantitas sperma, seperti protein, zinc, dan fosfor. Bagi yang kini tengah merencanakan kehamilan bersama pasangan, cobalah untuk mulai mengonsumsinya secara teratur.

Manfaat lainnya ialah mampu untuk memperlambat proses penuaan. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa makanan ini mampu menghambat penuaan sejumlah 40%. Kandungan zat anti-penuaan bernama lutein menjadi faktor kunci dari manfaatnya.

Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan

  • Menanggulangi radikal bebas

Sel-sel tubuh yang rusak dikarenakan oleh paparan radikal bebas, serta racun dari sisa makanan. Telur puyuh mengandung zat antioksidan dan asam amino. Kedua zat ini menciptakan manfaat untuk detoksifikasi.

Antioksidan bertugas untuk menanggulangi radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh, sedangkan asam amino mempunyai peran dalam pengikatan racun dan pemlimbah racun tersebut.

  • Mengatasi sembelit dan Menjaga kesehatan gigi

Sembelit ialah kondisi di mana tinja sulit untuk dikeluarkan. Sembelit dikarenakan oleh tubuh kekurangan serat. Selain buah-buahan, telur puyuh termasuk dalam sumber serat yang patut untuk dikonsumsi guna mencukupi keperluan serat harian.

Telur puyuh mengandung zinc yang mampu memberi peran dalam menjaga kesehatan gigi, juga mengobati masalah bau mulut.

Tidak hanya itu, zinc di dalamnya juga efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu proses membentuk sel, dan meningkatkan kesuburan.

Manfaat Daging Burung Dara

  • Menyehatkan rambut 

Bagi yang memiliki keluhan rambut rontok, konsumsi telur puyuh dapat menjadi solusi. Sebab, nutrisi di dalamnya diklaim cenderung m.mxgay rambut menjadi lebih kuat.

Tak hanya itu saja, dengan mengonsumsi telur pula, rambutmu akan terlihat lebih berkilau. Jadi, jangan hanya menjaga dari luar saja, menjaga dari dalam juga perlu.

Kandungan protein dan vitamin banyak memberi ruang pada jaringan-jaringan mengalami regenerasi. Sehingga berujung pada meningkatnya kekebalan tubuh terhadap serangan patogen pemicu beraneka penyakit.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment