Jenis – Jenis Ayam Hias Unik

Ayam tergolong unggas yang dekat dengan kehidupan manusia. Hal ini karena kegunaannya yang begitu besar. Daging, bulu, hingga fesesnya bisa kita gunakan sebagai penopang kehidupan.

Jenisnya pun tidak sekadar ayam potong dan petelur, namun juga ayam hias. Jenis ini dianggap bisa menjadi penghibur di kala senggang atau penghilang stres karena beban kerja.

Jenis Ayam Hias

Namun sebelum membeli ayam hias, anda wajib memastikan sebelumnya tipe ayam apa yang akan diternakkan karena tipenya beraneka. Mulai dari ayam yang mempunyai bulu yang baik, langka, atau bunyinya yang khas.

Berikut adalah jenis – jenis ayam hias yang unik.

Ayam Batik

Bagi para peminat  batik dan sedang mencari ayam hias yang mempunyai motif seperti itu, ayam batik dapat menjadi pilihan. Ayam ini disebut juga ayam sebright, ayam ini meliputi 2 varian, yakni yang berasal dari italia dan kanda.

Keunikan ayam ini terletak pada posturnya yang kecil dari ayam kampung, tetapi terbilang agak besar jika dibandingkan dengan ayam kate.

Ayam Cemani

Jenis hewan satu ini sangat cocok dipelihara karena warnanya yang berbeda dan unik. Ayam yang berasal dari Kedu, Temanggung, Jawa Tengah  ini memiliki warna serba hitam.

Mulai dari bagian mata, bulu, paruh, hingga kaki seluruhnya berwarna hitam gelap. Kadang-kadang pengecapnya pun berwarna hitam, meskipun ada juga yang mempunyai warna abu-abu.

Ayam Mutiara

Jenis ayam hias ini berasal dari afrika serta tergolong yang paling menjadi kesukaan oleh para pecinta ayam. Soalnya, ayam mutiara mempunyai bunyi yang bising, perangai yang cerewet, bulu yang indah, dan akan menciptakan banyak telur. Pokonya kompit deh ayam ini.

Ayam Pelung

Jenis ini merupakan ayam buras lokal berasal dari Cianjur, Jawa Barat. Dibanding tipe ayam lain, ayam ini mempunyai perkembangan yang relatif cepat. Ayam pelung dewasa besarnya bisa mencapai 5-6 kg sedangkan tingginya antara 40-50 cm.

Apabila sedang mencari ayam hias yang mempunyai bunyi yang khas sepertinya anda perlu memilih tipe ayam pelung. Dengan bunyi yang besar, agak serak, namun jernih dan panjang ayam ini bisa menjadi pilihan.

Apalagi tidak sekadar bunyinya saja yang merdu, perawakannya juga tinggi besar menyerupai ayam bangkok.

Ayam Kapas

Jenis ayam hias ini bisa jadi pilihan anda jka sedang mencari hewan kesayangan di rumah. Soalnya, ayam ini mempunyai bulu yang indah dengan tampilan yang mengemaskan. Selain itu, ayam kapas juga mempunyai perawakan yang baik. Jadi sangat pas untuk melepas stres karena beban pekerjaan.

Ayam Kalkun

Selain dapat dikonsumsi, ternyata varietas ini tergolong ayam hias yang mempunyai bulu cantik.  Walaupun mempunyai tubuh yang besar dan wajah yang sedikit aneh, penampilan ayam ini terbilang elegan.

Sifat ayam ini yang tenang , bulunya yang indah, dan bunyi kluk-kluk-kluk-kluk yang khas pasti membuat anda jatuh hati dan ingin merawat ayam ini.

Ayam Poland

 

Jenis ini mempunyai raut wajah yang teramat dingin dengan jambul yang hampir menutupi bagian lingkar kepala dan mata. Selain itu, bulu ayam polan juga terbilang cantik bila dibandingkan tipe ayam yang lain.

Ayam Serama

Mempunyai postur paling minimal dibandingkan tipe ayam hias yang lain, ayam serama bisa jadi pilihan yang tepat bagi anda. Ayam ini hanya mempunyai tinggi 15-20 cm. Walaupun bentuk badannya mini, ayam asal malaysia ini tergolong salah satu yang termahal di pasaran indonesia lho.

Ayam Ketawa

Hewan ini biasa dikenal dengan sebutan ayam jantan dari timur asli Indonesia yang berasal dari kabupaten Sindrap, Sulawesi Selatan. Unggas ini dinamai demikian karena suara kokoknya yang menyerupai suara tertawa manusia.

Ayam ketawa merupakan binatang yang masuk dalam kategori unggas yang dilindungi, diakibatkan eksistensinya yang langka dan hampir punah.

Ayam Sumatra

Ialah ras ayam kampung indonesia yang berasal dari pulau Sumatra, Indonesia. Penampilannya memiliki ciri badan tegap, kecil, dan padat. Ayam Sumatra jantan berkepala kecil, namun tengkoraknya lebar.

Ciri fisiknya pipinya terlihat penuh (padat), keningnya tebal, dan pialnya menggantung ke bawah. Paruh ayam sumatra biasanya pendek dan kokoh berwarna hitam, dengan cuping kecil dan berwarna hitam

Ayam Nunukan

Ialah ras ayam lokal yang dikenal di daerah nunukan dan tarakan. Ciri khas ayam ini ialah bulu utama (pluma) sayap dan ekor tidak berkembang atau lambat berkembang, sehingga masih terlihat tidak berekor.

Ciri yang lain yang lebih banyak didominasi ialah warna bulu yang coklat kemerahan dengan bagian ujung hitam (jenis columbian). Warna sisik ceker (kaki) kuning atau putih.

Ayam Hutan Kelabu

Ayam hutan kelabu atau gallus sonneratii memiliki ukuran fisik sedang, ayam jantan dengan panjang sekitar 80cm. Untuk betina berukuran lebih mungil, dengan panjang sekitar 38cm. Ayam hutan jantan mempunyai bulu-bulu leher, tengkuk dan mantel berwarna kelabu berbintik hitam-putih dengan kulit muka merah, bercak putih di indera pendengaran, paruh kuning kecoklatan, iris mata kuning.

Ekor hitam keunguan dengan bulu tengah ekor memanjang dan melengkung ke bawah. Pada bagian bawah tubuhnya memiliki warna kelabu bergaris putih dan bagian kaki berwarna kuning kemerahan terang dengan sebuah taji.

Di beberapa negara ayam ini sering dijadikan ayam lomba, dimana keunikan bentuk mereka yang dijadikan penilaiannya, makin cantik bentuk jambul mereka maka makin bagus penilaian dari juri – juri.

Sebagai ayam hias maka memang sangat jarang ayam polland dijadikan ayam pedaging, namun merawat mereka termasuk sulit karena beberapa kasus ayam polland sering membunuh anaknya sendiri yang baru menetas.

Ayam Phoenix

Ayam phoenix merupakan kerabat dekat dari ayam Onagadori, yakni ayam yang mempunyai bulu ekor memanjang. Ukuran pada bulu ekornya bisa mencapai 12 sampai 27 cm, panjang ekor tersebut didapat dari pemilihan gen terbaik yang memungkinkan bulu ekor dapat terus tumbuh. Ayam phoenix ialah keturunan dari ayam onagadori jepang yang dipelihara di jerman.

Ayam phoenix merupakan binatang produktif dan aktif bergerak, ayam phoenix memerlukan asupan makanan berprotein tinggi supaya ekornya dapat tumbuh panjang optimal.

Tempat yang paling cocok untuk membudidayakan ayam phoenix ialah di perkebunan yang luas, mereka bisa berkembang dengan baik bila diletakkan di tempat yang bebas.

Ayam Leghorn

Ayam leghorn ialah salah satu tipe ayam yang berasal dari Italia. Di negara asalnya hewan ini dikenal juga dengan livorno atau livornese. Jenis ini biasanya berwarna putih cantik. Namun ada pula varian ayam leghorn dengan warna lainnya.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!