Jenis Makanan Hidup Ikan Cupang

Banyak makanan ikan cupang yang dapat ditemukan dengan amat gampang, dan mungkin bahkan ada disekitar tapi tak mengetahuinya. Pertumbuhan ikan cupang juga menurut dari makanannya, jika pakan bagus, maka bisa berkembang besar.

Bagi yang lagi mencari makanan ikan cupang berkualitas baik, maka dapat memilih dari list dibawah ini.

Macam – Macam Makanan Ikan Cupang Beserta Manfaatnya

cupang-hias-unggulan

Mungkin beberapa makanan ini bisa ditemukan dengan menggunakan cara membelinya di toko pakan, tetapi ada pula yang dapat ditemukan gratis.

Berikut ialah tipe makanan ikan cupang bernutrisi tinggi bagus untuk perkembangannya.

Pakan Agar Cupang Makin Berwarna –  Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk ialah bisa di gunakan sebagai makanan ikan cupang karena banyak terkandung nutrisi bagus bagi cupang. Jentik nyamuk bisa didapatkan di endapan air, saluran air, got bahkan selokan. Itulah kenapa jentik nyamuk ialah pakan terbaik yang dapat diperoleh secara mudah dan gratis.

Kandungan dalam jentik nyamuk tidak sekadar protein saja, tetapi ada lemak dan serat yang tentu bisa menguatkan otot ikan cupang, agar lebih tangguh ketika beradu.

Sebelum memberikan jentik, sebisa mungkin rendam jentik nyamuk ke dalam air bersih sebelumnya karena umumnya feses dari air sebelumnya masih tertinggal di tubuh jentik nyamuk.

Pilih jentik nyamuk berupa lava, jangan yang berbentuk lingkaran, karena akan mengganggu pertumbuhan. Usahakan melakukan penyaringan sebelum memberikan jentik nyamuk pada ikan cupang agar feses dan lava lingkaran bisa terbuang.

Jenis Pakan Cacing agar Cupang Cepat Besar

Cacing Darah

Jika hendak memakai cacing darah sebagai makanan ikan cupang, ada baiknya berikan cacing darah dalam kondisi mati, dan dalam kondisi telah mengering. Sebenarnya cacing yang telah mengering tidak baik untuk cupang, oleh sebab itu ada baiknya bisa menggunakan cacing darah sebagai pakan sampingan saja.

Cacing Sutra

Contoh makanan ikan cupang berikutnya ialah cacing sutra. Berdasarkan para pemilik ternak, cacing darah ialah makanan yang terbagus bagi perkembangan ikan cupang, karena punya beragam sekali protein, serat, lemak tinggi serta protein.

Cacing sutra amat gampang di temui di pinggir sungai, saluran air seperti got, tapi jika tidak ingin repot mencari, lebih baik membelinya di toko penjual ikan hias

Cacing Halus

Masih dengan tipe cacing, berikutnya makanan yang bagus untuk ikan cupang ialah cacing halus, bisa diperoleh cacing ini secara gratis atau membeli. Cacing halus bisa didapatkan di area persawahan, serta rawa-rawa. Selain itu bisa juga membelinya di toko pakan terdekat, dan harga yang ditawarkan pun lumayan miring.

Pemberian cacing darah ada baiknya pada ikan cupang berusia 5 sampai 11 hari, karena di amati dari kasiatnya. Ikan cupang yang berusia 5 hari telah mampu mencerna makanan yang mempunyai tekstur cukup padat.

Makanan Burayak Cupang Aduan – Kutu Air

Binatang ini agak aneh bila di jadikan pakan, tapi memang benar, kutu air mempunyai kandungan gizi bagus bagi ikan cupang. Karbohidrat dan protein mampu menolong perkembangan ikan cupang agar bugar dan segera berkembang.

Fungsi lain dari kutu air ialah mampu memperkuat tulang dan menjadikan sisiknya lebih cerah.

Ada dua tipe kutu air yang dapat digunakan untuk makanan ikan cupang, pertama ialah dhapinma sp dan yang kedua ialah dapina magna. Fungsi dari dhapina sp ialah untuk pakan burayak umur 3-5 hari, sedangkan dapina magna untuk ikan cupang yang telah besar.

Pakan Cupang agar Agresif – Artemia (Udang Kecil)

Artemia ialah udang asin yang mempunyai bentuk kecil, udang tipe ini memang sangat pas di gunakan untuk makanan ikan cupang. Artemia biasa hidup di perairan dengan kadar garam tinggi, karena ia tidak mempunyai tenaga untuk bertahan dari serangan binatang lain.

Karena ukuran udang ini sangat kecil, jadi artemia sangat pas untuk pakan burayak cupang. Artemia mungkin sangat susah di cari di hutan, tapi bisa juga membelinya di toko pakan ikan hias, atau bisa menjadikan artemia sendiri secara gampang.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!