Ciri Kambing Etawa Kaligesing

Ciri Kambing Etawa Kaligesing Sehat dan Asli Indonesia. Ada banyak jenis kambing etawa yang ada di Indonesia salah satunya kambing etawa kaligesing. Ciri kambing kaligesing sangat mudah dilihat secara fisiknya. Perlu bagi kita untuk mengetahui ciri kambing kaligesing agar sobat tidak salah memilih kambing. Pemilihan yang tepat akan menghasilkan kambing etawa kaligesing yang sehat dan bagus.

Kambing kaligesing merupakan kambing hasil silang antara kambing etawa dengan kambing lokal. Pemberian nama kaligesing sesuai dari tempat awal perkembangbiakannya yang berada di daerah kaligesing. Sobat dapat menemukan daerah kaligesing di desa dekat dengan daerah purworejo.

Banyak orang lebih memilih kambing peranakan kaligesing karena dianggap memiliki berbagai kelebihan. Dari berbagai kelebihan kambing kaligesing, cepatnya pertumbuhan menjadi alasan utama orang banyak mencari. Kambing kaligesing asli memang terkenal cepat dan mempunyai tubuh yang besar.

Kambing Etawa peranakan kaligesing dapat tumbuh dengan cepat. Pertumbuhan juga harus di imbangi dengan perawatan, dan pemberian makanan yang bergizi untuk kambing. Kambing yang berkembang dengan cepat akan memaksimalkan keuntungan para peternak.

Ciri Kambing Etawa Kaligesing Asli dan Sehat

kambing-etawa-kaligesing-lomba

Kambing kaligesing asli merupakan kambing hasil persilangan ( berbeda jenis ) antara Jamnapari dari India dengan kambing daerah Lokal. Karena hasil persilangan ini pula kambing kaligesing mempunyai ciri – ciri khusus yang berbeda dengan kambing lokal.

  1. Ukuran Badan

    Ciri – ciri utama kambing etawa kaligesing bisa dilihat dari fisiknya. Kambing kaligesing tergolong memiliki tubuh yang cukup besar. Ukuran tinggi kambing bahkan bisa mencapai 1 meter untuk pejantan. Sedangkan untuk betina kurang dari 1 meter.

    Untuk urusan berat badan, kambing etawa kaligesing juga tergolong berisi. Kambing jantan dapat memiliki berat badan mencapai 90 kilogram dalam kondisi sehat. Sedangkan kambing betina mencapai 70 kilogram.

    Kambing etawa kaligesing juga termasuk mempunyai tubuh yang panjang. Panjang kambing etawa antara jantan dan betina berbeda. Untuk kambing etawa kaligesing jantan panjangnya bisa mencapai 1,2 meter.

    Sedangkan untuk betina hanya mencapai 80 cm.

    Baca : 11 Ciri Khusus Kambing Sehat (Lengkap)

  2. Tanduk Kecil.

    Sebagai alat untuk pertahanan diri kebanyakan kambing jantan dari berbagai ras mempunyai tanduk. Kambing etawa peranakan kaligesing umumnya mempunyai ukuran tanduk yang kecil.

    Kambing etawa kaligesing yang sehat mempunyai tanduk yang tumbuh normal. Tanduk kaligesing terlihat sungguh menawan karena menghadap kebelakang dan melengkung rapi.

    Cara mudah menentukan kondisi kesehatan tanduk dapat dilihat dari warnanya yaitu hitam pekat.

  3. Kepala Tegak dan Dahi Melengkung.

    Kondisi kesehatan kambing etawa kaligesing biasanya ditandai dari posisi letak dan bentuk kepala yang tegak. Bentuk dahi kaligesing juga sedikit berbeda dari kambing ras lainnya.

    Jika umumnya kambing mempunyai bentuk dahi datar, punya kaligesing sedikit melengkung kebelakang.

    Baca : 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Kambing Dengan Cepat

  4. Leher Tidak Membungkuk.

    Penentuan kesehatan kambing kaligesing juga dapat dilihat dari posisi lehernya yang tegap serta tidak membungkuk. Leher yang sengkleh bisa menjadi tanda kambing mengalami kesalahan urat sehingga membuatnya tidak kuat mengangkat bagian kepala.

  5. Hidung yang Bersih.

    Kesehatan kambing kaligesing asli juga dapat dilihat dari bagian hidungnya yang bersih serta nampak basah. Kambing yang kurang sehat biasanya memiliki hidung terlalu berlendir dan berkoreng di luar dan dalamnya.

    Hidung hewan termasuk bagian sensitif terhadap berbagai gejala penyakit. Sehingga sangat mudah menentukan kesehatan suatu kambing hanya dengan melihat bagian hidungnya.

    Baca : Kenali 9 Ciri dan Tanda Kambing Akan Melahirkan

  6. Telinga Panjang Menggantung.

    Cara paling mudah membedakan kaligesing dengan jenis lain yaitu dari bagian telinganya. Umumnya kambing mempunyai ukuran telinga yang pendek sehingga sangat berbeda dengan kambing kaligesing.

    Telinga kaligesing asli dan sehat biasanya berukuran panjang bahkan sampai jatuh menggantung sertaterdapat lipatan di bagian ujung.

  7. Kaki Lurus.

    Kaki tergolong organ yang sangat penting bagi makhluk hidup terutama hewan dan manusia karena berguna sebagai alat untuk berjalan. Hewan dapat dikatakan sehat jika mempunyai kaki yang lurus dan tegak.

    Begitu juga dengan peranakan kambing etawa kaligesing. Kondisi kaki terlihat lurus dan tidak pengkor bisa menjadi tanda kambing dalam kondisi prima.

    Langkah kaki kambing yang sehat biasanya sangat tegap dan tidak mengalami pincang.

    Baca : Kenali 6 Ciri dan Tanda Kambing Bunting / Hamil

  8. Kuku Hitam.

    Warna kuku kambing kebanyakan berwarna coklat muda, coklat tua dan hitam. Khusus pada peranakan etawa kaligesing mempunyai kuku berwarna hitam.

    Kuku yang bersih dan hitam menandakan bahwa kambing tersebut sehat. Pastikan juga kondisi kuku tidak cacat.

  9. Bulu Kaki Belakang Lebat.

    Bulu pada kambing berguna sebagai alat untuk mengatur suhu tubuh agar tetap dalam kondisi hangat sewaktu musim dingin. Namun kambing etawa jenis kaligesing asli mempunyai ciri khas yaitu bagian bulu pada keempat kakinya lebih lebat dari kambing lainnya.

    Ukuran panjang bulu pada kaki belakang kambing yang sehat akan lebih lebat dari bulu kaki depan.

    Baca : 7 Ciri Kambing Boer Asli Indonesia

  10. Warna Bulu.

    Peranakan kambing etawa kaligesing memiliki pola atau warna khusus. Warna khusus kambing etawa kaligesing biasanya berwarna hitam dan putih. Sedangkan untuk kambing Senduro memiliki bulu warna putih.

    Warna bulu memang tidak menentukan kesehatan tapi sobat wajib tahu agar tidak salah memilih jenis kambing etawa.

kambing-etawa-kaligesing-asli

Masih banyak sekali ciri – ciri kambing etawa kaligesing yang asli dan sehat.  Tapi kebanyakan sama dengan kambing pada umumnya, jadi kami hanya menjabarkan ciri – ciri khusus kambing etawa kaligesing.

Pemilihan kambing yang tepat akan menciptakan peranakan yang bagus pula bagi peternak.

Demikian artikel tentang Ciri Kambing Etawa Kaligesing Sehat dan Asli Indonesia. Jika sobat mempunyai pertanyaan berhubungan dengan artikel diatas silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah.

 

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

2 thoughts on “Ciri Kambing Etawa Kaligesing”

    • boleh boleh saja gan mengawinkan kambing tidak sejenis
      namun perlu dicermati hal ini pasti akan berpengaruh pada kualitas keturunan.
      jadi saran saya sebaiknya kawinkan kambing dengan yang sejenis

Leave a Comment

error: Content is protected !!