Kandungan Gizi Dan Manfaat Ikan Tenggiri

Ikan ini merupakan kerabat dekat tuna, tongkol, madidihang, makerel dan kembung. Tenggiri banyak disenangi orang, diperdagangkan dalam bentuk segar, ikan kering, atau diolah menjadi kerupuk, siomay, dan lain-lain.

Bentuk tubuh pada ikan tenggiri berbentuk memanjang, kemudian memipih lumayan kuat pada sisi-sisinya, seluruh tubuhnya telanjang tidak bersisik kecuali pada gurat sisinya (bidang corselet tidak jelas). Moncong meruncing, dengan mulut lebar dan gigi-gigi tajam dan kuat di rahang atas dan bawah.

Sedangkan ukuran panjang moncongnya (snout length) lebih pendek daripada sisa kepala bagian belakang. Sirip punggung dalam dua berkas, yang depan dengan XIII – XXII jari-jari keras (duri). Untuk bentuk sirip punggung dan sirip anal diikuti oleh banyak sirip kecil tambahan.

Ikan tenggiri sangat terfavorit, itu karena rasa dagingnya enak dan seratnya sempurna untuk dijadikan sebagai bahan baku makanan olahan seperti bakso. Tenggiri juga mempunyai sangat banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, hewan ini terbukti mengandung vitamin B kompleks tinggi.

Kandungan Gizi Ikan Tenggiri

Kandungan nutrisi ikan tenggiri pun banyak sehingga sangat baik untuk tubuh. Tenggiri ialah bahan makanan hewani laut yang umum dimakan oleh masyarakat Indonesia. Ikan yang umum dipakai sebagai bahan pembuat pempek ini mengandung energi sebesar 109 kilokalori, protein 21,5 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 2,6 gram, kalsium 0 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 0 miligram.

Selain itu di dalam tenggiri juga terkandung vitamin A sejumlah 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut diperoleh dari melakukan penelitian terhadap 100 gram ikan tenggiri, dengan jumlah yang bisa dimakan sejumlah 100 %.

Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Tenggiri

Dengan banyaknya kandungan gizi pada tenggiri maka terdapat banyak yang dapat diperoleh dari mengkonsumsinya antara lain :

Meningkatkan Kesehatan Otak

Dalam proses masa perkembangan anak memerlukan banyak asupan gizi yang bagus dan banyak, untuk anak yang lagi dalam masa perkembangan ataupun bagi orang dewasa memakan ikan satu minggu 2 kali dapat membantu meningkatkan fungsi otak karena tenggiri mengandung asam lemak omega 3 yang sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan otak.

Selain itu, orang dewasa yang memakan setidaknya 2 ekor tenggiri setiap minggunya dapat mengurangi resiko kepikunan.

Mengobati Gangguan Saluran Kencing

Untuk mempertahankan kandungan gizi ikan tetap terjaga usahakan memakannya dalam situasi masih segar. Selain wajib dalam kondisi segar, jeroan juga wajib dalam kondisi baik/utuh.

Hati ikan tengiri diyakini memiliki kegunaan menangani gangguan saluran kencing. Namun untuk pengkonsumsi hati tenggiri ini hanya diperbolehkan bagi penderita dengan usia 20-45 tahun. Bagi manula, metode ini dianggap terlalu beresiko karena wajib dikonsumsi belum matang.

Manfaat Makan Ikan Patin

Mencegah Resiko Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit gangguan yang menginfeksi jantung dan pembuluh darah. Pada sistem kardiovaskular ini merupakan bagian sangat vital, maka penyakit kardiovaskular sangat berbahaya bagi kesehatan.

Ikan tenggiri mempunyai kandungan omega 3 sangat bagus dalam menjaga kesehatan pembuluh darah dan menyehatkan jantung. Oleh sebab itu, bagi yang mempunyai riwayat darah tinggi sangat pas memakan tenggiri.

Menurunkan Resiko Kanker

Kanker kapanpun dapat menjangkiti, jika tidak memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi, kanker juga termasuk dalam penyakit rawan bahaya karena bisa menjadi pemicu kematian, dengan rutin memakan makanan hewani seperti ikan sangat bagus untuk menghindarkan penyakit kanker seperti kanker mulut, kanker kerongkongan, kanker ovarium, kanker usus besar dan kanker prostat.

Manfaat Sering Konsumsi Ikan Bandeng

Mencegah Anemia

Anemia merupakan suatu kondisi dimana sel darah merah pada tubuh seseorang berkurang dalam jumlah tertentu. Masalah anemia dapat ditimbulkan karena kurang mengkonsusmi makanan bergizi.

Salah satu mineral yang membentuk sel darah merah ialah zat besi. Kandungan zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah memiliki kegunaan untuk mengikat oksigen didalam sel darah merah. Sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pencegah anemia.

Mengobati Linu di Kaki

Selain dijadikan lauk, ikan tenggiri juga dapat dipakai untuk menangani linu di dekat kaki. Yaitu dengan memanfaatkan daging di dekat insang, karena daging di dekat insang ini yang terkandung zat pereda ngilu dan linu persendian. Untuk mendapatkan manfaat ini sebaiknya diolah dengan cara dikukus tidak digoreng.

Menyembuhkan Penyakit Kulit

Manfaat berikutnya dari ikan tenggiri ialah untuk menyembuhkan penyakit kulitdengan memanfaatkan siripnya. Sirip ikan ini dapat mengobati penyakit kulit seperti eksim, kudis, panu, luka bernanah dan sebagainya.

Caranya, rebuslah sirip tenggiri sampai air hasil rebusan tinggal setengahnya, lalu tambahlah rebusan daun sirih untuk menghilangkan bau amis, selanjutnya diminum.

Bermanfaat Bagi Janin dan Bayi

Kandungan mineral aa dan dha  dalam ikan tenggiri sangat berguna untuk proses kehamilan. Karena mampu menguatkan jaringan otak janin, dan menguatkan pertumbuhan janin saat baru lahir. Dengan tambahan asupan mineral ini, bayi bisa berkembang dan berkembang dengan baik.

Ikan tenggiri mempunyai kandungan protein bagus, serta bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak. Selain protein, tenggiri juga mengandung asam lemak omega 3 yang bagus bagi meningkatkan fungsi otak si kecil.

Mengonsumsi kepala ikan tenggiri sangat bagus karena bisa membantu mencukupi tambahan asupan yodium serta memenuhi keperluan tiroid dalam tubuh. Pada tenggiri juga mengandung gelatin berguna untuk mempertahankan pencernaan.

Manfaat Ikan Gabus

Mencegah Depresi

Dari hari ke hari tuntutan hidup akan semakin tinggi sehingga setiap orang sering terkena depresi cukup berat setiap hari dan jika tidak ada tindakan maka dapat mengganggu kesehatan, tetapi tak harus risau karena hal ini dapat dicegah dengan memakan ikan, lewat penelitian yang pernah dikerjakan ternyata memakan ikan secara teratur akan menurunkan seseorang mengalami depresi.

Obat Untuk Ketombe

Berbagai cara telah dilakukan untuk memperoleh manfaat ikan tenggiri yang maksimal dan salah satunya ialah duri ikan tenggiri menjadi obat untuk ketombe.

Caranya : dengan menjemur lebih dahulu duri ikan tengiri hingga kering. Setelah itu dibakar hingga berwarna hitam, lalu dilembutkan. Serbuk ini selanjutnya dikombinasikan minyak kelapa atau lidah buaya dan dioleskan di kulit kepala selama kira-kira 2 jam.

Setelah itu rambut dicuci hingga bersih. Lakukan proses tersebut beberapa kali hingga ketombe beneran lenyap.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!