Keunikan Sapi Wagyu

Keunikan sapi wagyu adalah nama sebuah varian daging sapi dari Jepang. Daging wagyu memang mempunyai kualitas lebih dibandingkan daging sapi biasa. Harganya pun lebih mahal karena mempunyai kandungan gizi tinggi, cita rasa khas, kesejukan, dan kehalusan daging yang sempurna.

Daging wagyu mempunyai serat daging berlemak tak jenuh yang tampilannya seperti marmer dan biasa disebut dengan istilah marble / marbling. Daging ini mempunyai tekstur lebih halus dan beraroma khas.

Mengenal Keunikan Sapi Wagyu Khas Jepang

Harga sapi wagyu Temanggung di Indonesia

Sensasi juicy khas daging sapi wagyu khas jepang di Indonesia peternakan Temanggung akan terasa disetiap gigitannya. Diberikan dengan teksture daging yang halus serta aroma yang meningkatkan selera makan akan memberikan pengalaman tidak sama ketika anda mencicipinya.

Wagyu berasal dari kata wa dan gyu. Wa berarti jepang, gyu berarti sapi. Jenis ini memang diternakkan dari jepang, tepatnya di Kobe. Sapi wagyu bisa dibilang adalah sapi bertanduk yang berambut hitam dan merah.

Kualitas daging paling baik dimiliki oleh wagyu berbulu hitam. Betisnya kuat dengan berat rata-rata ketika lahir sekitar 70 ponds. Ternak wagyu dibesarkan dalam sebuah lokasi penggemukan selama 300 hingga 600 hari untuk menciptakan kadar lemak otot yang tinggi, secara biasa, semakin tinggi lemak otot di sepanjang daging, semakin tinggi kualitas daging secara menyeluruh.

Banyak yang mengucapkan makanan ini memiliki kualitas nomor satu di dunia. Hal ini yang mengakibatkan harga yang ditawarkan mahal.

Rahasia di balik harga mahal daging wagyu

Daging sapi yang terkenal karena harga yang ditawarkan sangat mahal. Jika harga daging sapi biasa sekitar Rp. 140.000/kg, harga daging sapi wagyu di Indonesia untuk peternakan Temanggung bisa mencapai Rp. 800.000 lebih per kilogramnya. Berikut rahasia di balik harga mahal daging wagyu :

Daging sapi khas jepang

Keunikan dari sapi wagyu dapat dilihat dari sejarahnya, nenek moyang binatang ini pertama kali datang ke Jepang pada tahun 400 sebelum masehi. Tipe yang datang pertama kali saat itu ialah tipe sapi hitam Jepang yang saat ini menjadi secara umum dikuasai (sekitar 90%) dari total menyeluruh sapi wagyu.

Selain sapi hitam jepang, terdapat 3 tipe sapi lain yang dikategorikan sebagai sapi wagyu yakni sapi cokelat jepang, sapi tanpa tanduk jepang, dan sapi tanduk pendek jepang.

Setiap sapi wagyu juga mempunyai keturunan darah yang murni, artinya adalah tidak adanya perkawinan silang antara sapi wagyu dengan tipe sapi yang lain. Sapi wagyu cuma dapat berkembang biak dengan sejenisnya. Hal ini untuk mempertahankan supaya kualitas daging yang dihasilkan tidak berubah-ubah.

Meskipun daging wagyu ialah daging khas Jepang, rasa yang khas dan kenikmatan darinya membuat peternak di negara lain juga terpikat untuk membudidayakannya.

Salah satu contohnya ialah sapi yang diberi nama American Style Kobe Beef. Sapi ini merupakan hasil persilangan antara sapi angus khas amerika dengan sapi wagyu khas jepang.

Sapi hasil persilangan tersebut pun dibesarkan dengan metode yang sama seperti sapi wagyu di jepang. Hal ini membuat kualitas sapi american style kobe beef ini bisa berkompetisi dengan sapi wagyu dari Jepang walaupun harga yang ditawarkan masih lebih rendah dari daging wagyu jepang.

Jenis – jenis sapi potong

Keunikan perlakuan sapi wagyu yakni seperti raja

Melihat harga daging sapi wagyu di Indonesia untuk peternakan Temanggung yang tinggi tentu saja hal itu bukan tanpa sebab. Ternyata supaya daging wagyu ini mempunyai kualitas sempurna, sapi hitam jepang ini beneran diperlakukan seperti raja. Misalnya, pembudidayaan di desain khusus di daerah pengunungan yang sejuk, jauh dari kegaduhan.

Supaya piaraan selalu merasa bahagia karena melihat pemandangan asri dari pegunungan dan bebas dari stress. Suhu di dalam kandang juga diperhatikan dengan baik, wajib selalu terjaga supaya tidak terkena pergantian suhu panas atau dingin yang terlalu ekstrim.

Satu lagi, hewan ini secara bergiliran akan dielus-elus, didengarkan musik klasik, bahkan dikasihkan pijat akupuntur dan relaksasi. Untuk relaksasi ini setiap hari di pijat dengan pijatan khas jepang untuk membuat daging wagyu empuk.

Makanan dan minuman sapi wagyu

Memberi makan sapi wagyu pun juga dilarang asal, wajib dengan rumput hijau segar (bukan jerami. Diberikan dengan bermacam-macam macam buah-buahan dan sayuran. Untuk kelengkapan gizinya, juga diberi suplemen vitamin dan kalsium.

Bukan hanya spesial dari makanannya saja, binatang ini juga memperoleh perlakuan super spesial dengan minum sake. Pemberian sake ini ditujukan supaya ternak ini semakin tinggi selera makannya, dengan hal tersebut maka akan menaikkan lemak di daging nya juga.

Dengan perlakuan yang sangat luar biasa tiada tara itu menjadikannya sebagai primadona untuk para penikmat daging.

Manfaat Makan Daging Sapi Setiap Hari

Jepang mulai memproduksi wagyu halal

Manfaat mengkonsumsi daging sapi wagyu

Ngomong-ngomong perihal kehalalan daging wagyu, tentu sangat sulit mencari daging wagyu yang halal. Karena sapi wagyu di Jepang di beri minum sake untuk menaikkan selera makan mereka, membuat daging wagyu ini tidak aman dimakan oleh muslim.

Namun para pecinta daging muslim tidak perlu risau, ada juga daging wagyu jepang yang memperoleh sertifikat halal. Di antaranya ialah rumah potong binatang (RPH) zenkai meat yang terletak di Kumamoto Jepang. Pada tahun 2014 lalu RPH ini resmi mempunyai sertifikat halal dari majelis ulama indonesia.

Meskipun umumnya wagyu diberi minum shake untuk mempertahankan kebahagiaannya, RPH zenkai meat ini memastikan bahwa sapi-sapinya hanya dikasihkan air mineral.

Kandungan nutrisi pada daging wagyu

Keunikan lainnya dari daging sapi wagyu ialah setelah diteliti ternyata daging wagyu mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 dan omega-6. Serta lebih banyak asam lemak tak jenuh tunggal dibandingkan daging sapi lain hal ini pula yang membuat harga daging sapi wagyu di Indonesia tergolong mahal.

Persentase asam lemak memengaruhi tekstur dan rasa makanan di mulut, apalagi pada daging. Ini salah satu alasan kenapa daging sapi tipe ini dianggap sebagai daging sapi terbaik dan terenak.

Asam lemak tak jenuh membantu mengendalikan  tekanan darah dan menjaga suhu tubuh tetap normal. Serta kandungan asam lemak tak jenuh tunggal di makanan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu apabila asam lemak omega-3 dan omega-6 meningkat maka dapat membantu pencernaan trigliserida dan kolesterol.

Adanya kandungan protein dalam daging wagyu dapat membantu menjaga otot dan membakar lemak, karena bisa meningkatkan asupan oksigen, produksi energi, dan tingkat metabolisme. Berikut beberapa kandungan nutrisinya :

  • Lemak

Who menyarankan total asupan lemak tidak lebih dari 30 persen dari total keperluan kalori per hari. Sedangkan kadar lemak jenuh dilarang lebih dari 10 persen dari total asupan lemak dalam sehari dan wajib memperbanyak asupan lemak tak jenuh.

Ini setara dengan 67 gram lemak per hari yang meliputi 22 gram lemak jenuh dan sisanya lemak tak jenuh.

Jika dibandingkan yang terkandung lemak dalam satu porsi daging wagyu, maka terdapat sejumlah 20 gram lemak total dan 8 gram lemak jenuh. Mengonsumsi daging tipe ini masih cukup aman bagi kadar lemak total.

Namun hati-hati jangan sampai berlebihan, karena bila anda mengonsumsi lemak jenuh melebihi batas normal dapat meningkatkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung.

  • Protein

Standar angka kecukupan protein bagi masyarakat indonesia ialah sekitar 56-59 gram per hari untuk perempuan dan 62-66 gram per hari untuk laki-laki.

Sementara itu satu porsi daging wagyu setara mempunyai 22 gram protein. Ini setara dengan 30-40 persen keperluan protein harian anda. Daging sapi wagyu mengandung semua asam amino esensial, yang membuatnya punya sumber protein lengkap dan adalah alasan lain banyak orang suka mengkonsumsinya .

  • Zat besi

Zat besi ialah salah satu mineral tubuh yang mempunyai kegunaan untuk proses membentuk sel darah merah yang mempunyai peran mengangkut oksigen ke dalam tubuh.

Maka itu, kekurangan zat besi dapat mengakibatkan mudah lelah dan kekebalan tubuh menurun. Bagi yang mengalami anemia, wajib mengonsumsi makanan sumber zat besi supaya cepat pulih.

Keperluan zat besi untuk laki-laki dewasa dan perempuan di atas usia 51 tahun memerlukan 8 miligram zat besi per hari, dan perempuan berumur antara 19-50 tahun memerlukan 18 miligram zat besi per hari.

Daging wagyu bisa jadi pilihan sumber zat besi yang bagus karena mengandung 10 persen keperluan zat besi harian anda, atau sekitar 2 miligram per hari.

  • Natrium

Daging sapi wagyu khas Jepang di Indonesia peternakan Temanggung mengandung sekitar 60 gram natrium. Meskipun beberapa orang peka terhadap garam dan perlu memerhatikan asupan natriumnya tapi tubuh anda tetap membutuhkan zat mineral ini.

Natrium membantu menjaga kestabilan cairan tubuh, yang mempunyai peran dalam mendinginkan tubuh saat berkeringat dan membantu menyalurkan sinyal ke sistem saraf.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!