Keuntungan Beternak Burung Puyuh

Keuntungan Beternak Burung Puyuh – Burung puyuh merupakan unggas daratan berukuran kecil serta gemuk, dengan makanan utama biji – bijian, serangga serta mangsa berukuran kecil lainnya. Beberapa jenis puyuh diternakkan dalam jumlah besar untuk diambil telur atau dagingnya.

Telur puyuh dapat dijadikan sebagai pendamping makanan yang dapat menambah lezat cita rasa, di Jepang telur akan dimakan mentah bersama sushi sebagai menu makan siang. Sedangkan Kolombia lebih suka direbuh terlebih dahulu sebagai pelengkap hot dog dan humberger.

Telur puyuh sering dijadikan jajanan lokal populer dengan cara direbus kemudian dicelup dengan saus lalu digoreng dengan minyak banyak, selain itu diĀ Indonesia sendiri sudah biasa cemilan, lauk makan, serta isian bakso berbahan telur puyuh.

Sebelum adanya peternakan puyuh hidup di alam bebas, dengan habitat utama semak belukar atau sawah – sawah yang biasa disebut Gemak oleh orang Jawa. Burung ini sering diburu untuk dimasak dagingnya, sehingga membuat keberadaan puyuh di alam bebas semakin langka.

Dalam usaha memenuhi kebutuhan daging dan telur maka diadakan penakaran atau ternak puyuh, berikut adalah beberapa hal tentang keuntungan, kendala serta hal yang harus dipersiapkan.

Kelebihan Beternak Burung Puyuh

keuntungan-beternak-burung-puyuh

  • Pada saat ini minat untuk ternak burung puyuh masih sedikit, sehingga peluang pasar masih terbuka lebar.
  • Memanfaatkan daging dan telur, tujuan utama membudidayakan puyuh yaitu diambil telurnya. Selain itu ketika tidak mampu bertelur lagi dapat kita manfaatkan dagingnya.
  • Tidak membutuhkan tempat terlalu luas, berbeda dengan budidaya ayam yang sangat membutuhkan tempat sangat luas. Budidaya puyuh bisa dilakukan di dekat rumah karena tidak memerlukan tempat luas.
  • Pemanfaatan kotoran burung sebagai pupuk kandang, selain itu juga dapat dijadikan sebagai pakan ikan karena kotoran burung satu ini mengandung protein tinggi.

Kendala Beternak Burung Puyuh

  1. Pemilihan lokasi memelihara akan berpengaruh terhadap kesuksesannya,
  2. Gunakan desain kandang yang nyaman,
  3. Pemilihan bibit dapat menentukan produktifitas telur yang dihasilkan,
  4. pemberian pakan yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap hasil telur.
  5. Perhatikan suhu udara pada kandang supaya produktifitas telur stabil,
  6. Selalu bersihkan lingkungan dalam kandang,
  7. Tentukan tujuan pemasaran dari telur yang dihasilkan.

Berikut solusi mengatasi aneka macam kendala di atas :

Pemilihan Lokasi Beternak

Lokasi yang dipilih sebaiknya dekat sumber air bersih serta dapat dijangkau alat transportasi bertujuan untuk memudahkan pemeliharaan, pengawasan serta pemasaran. Jauhkan kandang dari sumber kebisingan supaya puyuh tidak mengalami stress sehingga dapat berkembang biak dan telur yang dihasilkan bisa maksimal.

Manfaat Mengkonsumsi Daging Puyuh

Membuat Ukuran Kandang Puyuh yang Sesuai

Tempat untuk ternak haruslah kokoh dan nyaman bagi puyuh, Idealnya bisa memakai ukuran panjang 100 cm, lebar 60 cm dan tinggi 30 cm guna menampung setiap 30 – 35 ekor puyuh.

Semakin kecil kandang akan membuat produksi telur semakin baik, karena apabila ukuran kandang terlalu besar maka burung akan banyak bergerak. Hal tersebut tentu akan membuat energi yang didapatkan dari pakan akan habis untuk bergerak mengelilingi tempat ternak.

Buatlah kandang secara bertingkat untuk menghemat tempat, jumlah tingkat idealnya adalah empat tingkat. Usahakan cahaya matahari dapat langsung masuk ke dalam, agar burung memperoleh kehangatan alami.

Gunakan kawat strimin pada dinding kandang atau bisa menggunakan bambu, Namun apabila menggunakan bambu atur supaya jarak jangan terlalu renggang supaya puyuh tidak dapat keluar.

Untuk alas kandang sebaiknya gunakan kawat strimin agar kotoran langsung jatuh ke penampungan dan tidak bersentuhan langsung dengan burung puyuh. Pada tempat pakan tempelkan kawat strimin pada dinding luar, dengan posisi memanjang sesuai ukuran kandang. Sedangkan pada tempat minumnya dapat diletakkan disamping atau di belakang kandang.

Gizi dan Manfaat Telur Puyuh

Cara Pemilihan Bibit Burung Puyuh

Pemilihan benih puyuh akan menentukan produktifitas telur, pilihlah anakan dalam masa produktif dengan usia berkisar tiga minggu. Bibit yang sudah tua biasanya tingkat produksi telur juga sudah berkurang, untuk memilih anakan yang bagus berikut ciri – cirinya :

1. Lincah dan aktif bergerak.
2. Bentuk tubuhnya sempurna, simetris dan anggota badannya lengkap.
3. Warna bulunya cerah dan tidak kusam.

Penyakit Pada Burung Puyuh

Pemberian Pakan Yang Baik Untuk Puyuh

Pemberian makanan berkualitas dapat menentukan telur yang dihasilkan oleh burung puyuh, Biasanya pakan diberikan untuk petelur adalah pellet atau tepung remah – remah. Berikan makanan dua kali sehari setiap pagi dan sore hari.

Menjaga hawa pada kandang sangatlah penting agar puyuh merasa nyaman sehingga telur yang dihasilkan pun maksimal, jagalah udara tetap pada temperatur 20 derajat celcius dengan tingkat kelembapan antara 30 – 80 %.

Berikan lampu penerangan 25 watt pada siang hari dan 40 watt pada malam hari supaya suhu tetap hangat. Pasanglah sirkulasi udara untuk mengurangi panas ketika matahari terik agar temperatur tetap stabil dan zat amoniak dapat terbuang.

Cara Menentukan Kelamin Telur Puyuh

Memasarkan Burung Puyuh

Saat membangun sebuah usaha, sebenarnya hal paling sulit dilakukan adalah cara pemasaran. Ketika panen telur puyuh masih dalam skala kecil, anda dapat menjual ke tetangga atau menitipkan ke warung/pedagang sayur.

Namun apabila hasilnya sudah mulai banyak sebaiknya kita harus mencari tengkulak untuk membeli hasil panen atau bergabung dengan koperasi petani. Hal tersebut dilakukan agar mempermudah penjualan hasil panen, semoga informasi ini bermanfaat, Terima kasih sudah mengunjungi artikel kami.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment