Khasiat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan

Tongkol termasuk dalam tipe ikan tangkapan penting bagi nelayan. Di dalam area perdagangan internasional binatang jenis ini dikenal sebagai kawakawa, little tuna, mackerel tuna, atau false albacore.

Hewan ini memiliki ciri punggung berwarna biru gelap metalik, dengan pola coret-coret miring kompleks mulai dari pertengahan sirip punggung pertama ke belakang.

Bagian sisi badan dan perut berwarna putih keperakan, dengan bercak-bercak khas berwarna gelap di antara sirip dada dan sirip perut, yang tidak selalu ada.

Khasiat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan

Ikan ini biasanya ditangkap bercampur dengan tipe lain. Alat tangkap yang dipakai terutama ialah jaring insang, dan juga pancing tonda. Kadang-kadang jenis ini diperoleh pula lewat pengoperasian pukat pantai atau pancing rawai.

Tongkol diperjualbelikan dalam bentuk ikan segar, beku, dan dikalengkan. Juga dalam rupa-rupa ikan olahan: dikeringkan, diasinkan, diasap, atau dipindang. Dagingnya punya kualitas bagus bila segar, tetapi dengan cepat akan memburuk bila tidak ditanggulangi dengan baik.

Beberapa tahun terakhir, pemerintah memang sedang mempromosikan kampanye makan ikan demi membuat tubuh menjadi lebih sehat. Salah satu tipe ikan yang dianjurkankan untuk dimakan ialah tongkol. Berikut ialah beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh jika rutin mengonsumsi tongkol.

Mencegah Penyakit Jantung

Manusia memerlukan kolesterol pada jumlah tertentu dan akan berbahaya jika jumlahnya sudah melampaui batas. Tingginya kolesterol pada tubuh juga menjadi salah satu hal yang menyebabkan utama munculnya penyakit jantung.

Ikan tongkol dianggap ampuh meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol tubuh. Selain itu pada binatang ini terkandung kadar asam lemak omega 3 sangat tinggi yang telah dikenal luas mampu menghindarkan datangnya penyakit jantung koroner.

Kandungan ini juga akan mampu mengurangi kadar kolesterol di dalam pembuluh darah arteri. Hal ini tentu akan menghindarkan penumpukan plak yang dapat mengakibatkan datangnya bermacam-macam macam penyakit sangat parah.

Menurunkan Berat Badan

Ikan tongkol kaya akan kandungan lemak sehat dan protein yang sangat berkhasiat bagi pertumbuhan otot dan pembakaran lemak tubuh. Penelitian juga menyatakan bahwa protein dan lemak pada tongkol sangat bagus dalam mengurangi kadar ghrelin atau hormon yang dapat memicu rasa lapar.

Kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya juga akan membuat tubuh memproduksi hormon leptin yang dapat membantu menahan keinginan untuk makan dengan berlebihan. Dan juga akan mencegah untuk terpikat ngemil di sela-sela waktu makan.

Mencegah Hypertensi

Pakar kesehatan menyarankan untuk rutin mengonsumsi makanan dengan takaran asam lemak omega 3 demi menghindarkan kenaikan tekanan darah sekaligus mengurangi risiko hipertensi.

Ikan tongkol tergolong dalam bahan makanan yang memililki kandungan dengan sifat anti peradangan ini. Di dalam tongkol juga terdapat kandungan lain seperti potasium dan vasodilator yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan efektif.

Apabila tekanan darah dalam kondisi terkendali, maka sistem kardiovaskular akan menjadi lebih sehat sehingga akan menghindarkan datangnya serangan jantung, stroke, serta aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah.

Pakar kesehatan juga menyarankan untuk tidak asal-asalan mengolah tongkol. Jika menambahkan garam terlalu banyak pada olahan ikan ini, tetap saja risiko terkena peningkatan tekanan darah akan meningkat.

Selain itu, juga ada baiknya tidak asal-asalan menggorengnya atau mengolahnya dengan santan karena dicemaskan akan mampu memberi dampak kesehatan yang tidak baik.

Menjaga Sirkulasi Darah

Ikan tongkol dikenal luas sebagai ikan yang bagus untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Di dalam ikan ini terdapat kandungan zat besi cukup tinggi. Ditambah dengan adanya vitamin B, maka proses membentuk sel darah merah di dalam tubuh akan terjaga.

Masalah anemia juga tidak mudah menghampiri jika rutin mengonsumsi hewan satu ini.

Namun perlu diperhatikan, seandainya ingin memakan tongkol untuk menghindarkan terjadinya anemia, harap untuk memastikan untuk tidak menggoreng tongkol. Rebuslah ikan tongkol segar dan buatlah menjadi semacam sup untuk dimakan setiap harinya.

Mencegah Peradangan

Ikan jenis ini memiliki kandungan kolesterol baik dan anti peradangan. Dengan mengonsumsinya, maka tubuh tak mungkin mudah terkena stres, baik itu stres fisik ataupun stres psikis. Kandungan asam lemak omega-3 mempunyai kekuatan untuk membantu seseorang terlepas dari depresi.

Asam lemak omega-3 mampu menurunkan gejala depresi hingga 50 persen. Tanpa adanya peradangan berarti, tubuh tak mungkin mudah jatuh sakit sekaligus membuat bermacam-macam sistem bekerja sebagaimana mestinya. Rutin mengonsumsi ikan ini bisa juga menghindarkan nyeri akibat arthritis dan asam urat.

Menjaga Kesehatan Mata Serta Meningkatkan kemampuan otak

Kandungan omega 3 pada tongkol ini, dapat menurunkan resiko mengalami amd (age macular disease) atau tipe penyakit mata yang ditimbulkan oleh penuaan. Selain itu, kandungan omega 3 ini juga akan jadi turunkan angka resiko mengalami kerusakan pada mata.

Omega 3 yang tekandung dalam ikan tongkol dapat membantu mengembangkan kepandaian dan tenaga kognitif seseorang. Selain berguna bagi yang hendak meningkatkan tenaga kognitif, dapat juga berguna bagi ibu yang lagi hamil, supaya tenaga kognitif dari bayi menjadi semakin baik.

Detoksifikasi Hati Dan Mengobati penyakit rematik

Kandungan selenium pada ikan tongkol dapat membantu organ hati dalam melakukan proses detoksifikasi atau pengeluaran racun tubuh. Selenium dapat mempercepat dan membantu proses tersebut.

Selain memakan beberapa obat rematik, ternyata ikan tongkol ini juga dapat membantu dalam masa menyembuhkan dari penyakit rematik yang di derita. Ikan tongkol dapat diolah sesuai selera.

Dapat pula memakan olahan ikan tongkol tersebut setiap hari seandainya ingin membantu masa menyembuhkan dari rematik parah.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!