Terapi Cara Membuat Lovebird Ngekek Mangap Cepat dan Mudah

Terapi Cara Membuat Lovebird Ngekek Mangap Cepat dan Mudah. Sudah bukan rahasia lagi bahwa lovebird yang bisa ngekek sampai mangap – mangap mempunyai pesona yang lebih menarik. Style ini biasa disebut dengan konslet dengan gaya khas merem melek seperti tidur.

Style ini tergolong baru sehingga masih sangat jarang ditemui bahkan di saat lomba kicau di gantangan masih terlihat aneh tapi menarik. Banyak yang berpendapat bahwa kondisi ini tergantung dari bawaan karakter burungnya. Jadi para kicau mania masih banyak yang bereksperimen dan menjadikan gaya konslet sebagai misteri yang wajib segera dipecahkan.

Terapi agar lovebird ngekek mangap

terapi-agar-lovebird-ngekek-mangap

Paling utama harus melakukan persiapan gacoan lovebird yang akan di cetak, pilihlah pejantan birahi namun memiliki bakat ngekek latah.

Kedua bikinlah birahi tinggi gacoan, mengapa harus tinggi karena agar mudah masuk tahap selanjutnya yaitu menjodohkan dengan betina.

Birahi lovebird yang tinggi

birahi-lovebird-tinggi

Sarat yang wajib ada dan sebisa mungkin wajib di persiapkan agar lovebird ngekek sambil mangap yakni dengan menentukan pejantan berbirahi tinggi. Apabila kondisinya gestang juga tidak apa-apa, yang paling penting yakni lovebird mempunyai bakat ngekek atau bahkan juga berbakat untuk gacor.

Pada saat birahi yang tinggi, umumnya lovebird tersebut akan siap untuk berkembang biak. Dengan demikian, perlu untuk mempersiapkan betinanya untuk segera di jodohkan.

Lovebird latah

lovebird-latah

Untuk mempermudah nanti untuk memelihara dan melihat pertumbuhan lovebird, maka ada baiknya pilihlah berkondisi latah. Dan ketika nanti mau di cek apakah cara yang dikerjakan sudah berhasil atau belum untuk membuat burung menjadi ngekek sambil mangap, maka bisa secara gampang melihat pertumbuhannya.

Pemberian makanan lovebird atau ekstra fooding (ef)

milet-EF

Sebagai pakan harian cukup memakai milet putih kiloan saja sehingga lovebird tidak cepat naik birahinya. Untuk mencukupi asupan nutrisinya pemberian ekstra fooding bisa di lakukan satu minggu dua kali.

Bisa di selang seling antara kangkung dan jagung manis muda.    Sedangkan untuk pemberian ef tersebut bisa kita atur sesuai keperluan. Jagung muda mempunyai fungsi untuk peningkat birahi burung lovebird, selain itu juga membuat stamina bertambah.

Kalau kangkung memiliki kegunaan untuk membuatnya tenang atau anteng. Cocok di pakai untuk terapi burung paud yang masih suka kepo.

Memberi Kecap Bango

Salah satu cara membuat lovebird ngekek mangap yaitu dengan memberikan doping kecap bango. Sebenarnya metode ini tidak terlalu direkomendasikan. Namun, salah satu kicau mania sudah berhasil membuat lovebird ngekek mangap memakai kecap bango.

Untuk setingan lovebird ngekek mangap, setingan hariannya cuma memberi embun sampai jam 07.00 pagi. Kemudian pemberian doping kecap bango sejumlah 3 tetes per tiga hari.

Setelah selesai, angin-anginkan selama 15 menit di tempat yang sejuk, lalu dikerodong full. Selanjutnya lovebird bisa diberi 3 tetes kecap bango supaya lebih cepat ngekek mangap.

Memberi Makanan Milet Racikan

Apabila melakukan beraneka macam macam hal ini hasilnya juga masih kurang untuk menjadikan lovebird ngekek sambil mangap, maka semuanya dapat mencoba memakai cara yang lain sebagainya. Diantaranya seperti meracik milet dengan maksud agar lovebird bisa mangap sambil ngekek. Namun, sebisa mungkin cara  seperti ini bisa di satukan dengan menggunakan cara di atas, atau dengan pemeliharaan yang lain sebagainya.

Untuk persyaratan yang sebisa mungkin dilakukan dengan memakai racikan milet yakni lovebird dewasa birahi tinggi. Sebisa mungkin juga mencari lovebird yang telah mempunyai pasangan atau justru dalam kondisi jebol birahi.

Cara meracik pakan milet supaya lovebird ngekek mangap

milet-racikan

Jika hal di atas masih kurang untuk membuat lovebird ngekek sambil mangap, maka dapat memakai cara lain sebagainya, seperti meracik milet.

Namun, ada baiknya metode ini bisa di satukan dengan menggunakan cara yang di atas, atau sebagai alternative lain sebagainya.

Untuk membuat racikan milet untuk lovebird, ada baiknya semua siapkan milet putih jumlahnya secukupnya. Setelah itu siapkan juga 2 siung bawang putih atau bahkan bisa juga lebih sesuai dengan banyaknya jumlah milet yang digunakan. Untuk menjadikannya bisa tumbuk lembut bawang putih tersebut serta menambahkan sedikit air.

Sesudah bawang putih ditumbuk sudah dalam kondisi lembut, aduklah dengan air putih. Dengan begitu, campurkan dengan milet putih, tersebut. Ada baiknya milet yang digunakan sebelumnya di jemur sebelumnya. Tujuannya agar cairan bawang putih itu dapat meresap dengan sempurna lalu jemur hingga milet kering kembali.

Pakan milet  yang telah mengering tersebut simpan di tempat pakan lovebird, dan berikan ketika sedang di pisahkan di pagi hari.

Setelah lovebird memakan racikan milet tersbut, tunggu hingga beberapa jam, apakan lovebird sudah mau ngekek sambil mangap atau belum, bila mampu menjadikannya ngekek mangap, berarti cara tersbut sudah berhasil untuk dikerjakan.

Leave a Comment