Makanan Alternatif Ikan Nila

Ikan nila ialah ikan yang dapat mengkonsumsi segalanya atau disebut juga dengan omnivora. Hal ini membuatnya bisa bertahan hidup dengan makanan apapun didalam sungai maupun kolam.

Ketika ikan nila masih kecil, ia akan mengkonsumsi plankton dan sisa-sisa mikro yang ada di bawah kolam. Tapi sebaiknya di beri tambahan pakan agar proses perkembangannya cepat.

Pakan Alternatif Ikan Nila agar Cepat Besar

ikan-nila-cepat-besar

Untuk ikan nila yang baru saja menetas, penyediaan makanan berupa kuning telur bisa juga di terapkan. Terbukti kuning telur mempunyai sangat banyak protein yang dapat menolong proses perkembangan ikan yang masih bayi.

Tidak hanya itu kuning telur bisa juga di gunakan untuk makanan ikan cupang, sebagai makanan pengganti artemia.

1. Limbah Dapur

Pernah kan punya bahan makanan yang sudah tidak terpakai ? Itu tergolong dalam limbah dapur. Jika mempunyai kolam budidaya ikan nila maka limbah tersebut dapat dimanfaatkan untuk memberi makan nila yang ada di kolam. Jadi tidak perlu  membuangnya ke tempat sampah lagi.

2. Ampas Kelapa

Ampas kelapa ialah salah satu sampah dapur yang dapat di gunakan sebagai pakan ikan nila alami. Karena ampas kelapa mempunyai protein dan gizi lainnya yang bagus untuk perkembangan ikan nila.

Penggunaan ampas kelapa sebagai pakan bisa diberikan secara langsung atau melalui proses fermentasi.

3. Limbah Sayuran

Masih seputar sampah dapur yakni sayuran, sampah sayuran dipercaya sangat ampuh untuk pakan nila alami sebagai penekan biaya pakan. Sampah sayuran amat gampang untuk didapat, setiap tempat tinggal tangga pasti mempunyai sampah sayuran.

Pemberian sampah sayuran hanya 20% saja, sisanya wajib gunakan pakan pelet.

4. Limbah Roti

Buangan roti umumnya mudah di temukan di cafe atau wadah makan yang menyuguh kan roti sebagai menu utamanya. Selain itu buangan roti bisa juga di temukan di tempat tinggal tangga yang kerap memakan roti.

Roti yang di buang umumnya dari sisa makanan pengunjung atau roti yang telah basi dari pada di buang sia-sia lebih baik untuk pakan ikan nila.

5. Sisa Nasi

Untuk yang kerap menyisakan nasi, jangan buang nasi secara sia-sia karena dapat dijadikan makanan alternatif ikan nila. Ini karena nasi mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi untuk mempercepat perkembangan.

Untuk pemberian pakan bisa mengombinasikan nasi dengan dedak atau langsung saja menyediakannya untuk pakan.

6. Dedak

Untuk makanan satu ini sangat bagus untuk ikan nila kecil. Ini karena ukuran dedak yang kecil dan sesuai dengan diameter mulut. Dedak banyak dipilih sebagai makanan alternatif karena banyak terkandung karbohidrat yang bagus untuk perkembangan ikan nila.

Selain itu, harga tipe makanan ini tergolong murah dan mudah didapatkan.

Makanan Alami Ikan Nila Jenis Tumbuhan

Makanan ikan nila sangat beragam bahkan tumbuhan juga dapat menjadi pakan yang baik untuk perkembangannya. Berikut adalah beberapa jenis tumbuhan yang baik bagi perkembangan ikan nila.

1.  Azolla

Azzola ialah tumbuhan paku air dari suku azzollacae. Penggunakaan azzola memang belum banyak di ketahui oleh para pemilik ternak ikan nila. Padahal azzola juga mempunyai gizi yang bagus bagi perkembangan dan mampu menekan biaya pakan.

Kandungan gizi dari azzola ialah protein sejumlah 30%, selain itu azzola bisa juga di guanakan sebagai pakan ikan lain seperti gurame, patin dan bawal.

2. Daun Talas

Daun talas merupakan salah satu makanan ikan nila alami yang dapat dipilih untuk mempercepat perkembangan. Para pembudidaya juga lebih mengutamakan daun talas karena lebih menghemat biaya pakan.

Selain itu, makanan satu ini juga memiliki tujuan supaya ikan nila tidak ketergantungan dengan pakan buatan seperti pelet.

3. Kangkung

Sama halnya dengan daun talas, kangkung juga merupakan salah satu makanan ikan nila punya kualitas bagus yang dapat diberikan. Umumnya para pembudidaya memberikan kangkung dengan menggunakan cara dipotong kecil sebelumnya.

Atau umumnya membiarkan kangkung tumbuh sendiri di kolam supaya ikan bisa mengkonsumsiya kapan saja.

4. Lumut

Lumut merupakan salah satu tipe pakan ikan nila agar segera berkembang karena punya beragam protein. Selain dijadikan makanan alami, lumat juga banyak dipakai oleh para pemancing untuk memperoleh ikan nila.

Lumut umumnya sudah ada banyak tumbuh di kolam. Tetapi kalau sudah habis, bisa mencari lumut di sungai dan sawah untuk tambahan makanan ikan nila.

Makanan utama ikan nila

Pada biasanya pakan ikan nila yang harus di kasihkan ialah pelet dengan jenis ff999, jenis 781 sp, dan 781-2. Jangka waktui penyediaan makanan untuk nila dewasa paling tidak 3 kali sehari pagi, sore dan malam, karena di jam tersebut ikan akan makan dengan lahap.

Jika membudidayakan nila makanan pokok berupa pelet ini sangat di sarankan

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!