Makanan Ayam Kalkun

Makanan – Ayam kalkun ialah salah satu ayam yang banyak dikembangkan bahkan terdapat 7 tipe kalkun ada di Indonesia. Berurutan jenis kalkun yang paling banyak dipelihara di Indonesia dari urutan terbanyak ke tersedikit yakni royal palm, golden palm, bronze, self buff, putih dan black spanish.

Ada banyak perbedaan antara tujuh jenis kalkun yang hidup di Indonesia namun paling mudah yakni cukup melihat pada corak bagian warna tubuhnya.

Salah satu yang wajib diperhatikan dalam beternak kalkun yakni pembuatan kandang yang nyaman. Kandang kalkun sebenarnya sangat mudah dalam membuatnya karena mirip dengan kandang ayam serta tidak perlu menggunakan bahan yang mahal.

Namun perlu ditinjau ulang bahwa bahan membuat kandang kalkun wajib memenuhi syarat dan ideal untuk tumbuh kembangnya. Ukuran dan desain kandang kalkun dapat diatur sedemikian rupa sesuka peternak, tapi tetap harus memperhatikan aspek sirkulasi udara dan cangkupan sinar matahari.

Makanan Ayam Kalkun Agar Cepat Besar

makanan-ayam-kalkun

Kalkun termasuk dalam hewan omnivora yakni pemakan segala, sehingga tidak perlu menyediakan makanan yang khusus seperti halnya hewan peliharaan lain. Makanan utama kalkun dapat berupa sisa nasi, bekatul dan lain sebagainya seperti apa saja yang dimakan ayam.

Namun hal yang perlu diperhatikan sebelum memberi makanan pada ayam kalkun yakni memeriksa tingkat kekerasan serta baunya. Usahakan hanya memberi pakan yang masih segar, jika memberi nasi sisa selayaknya di cek terlebih dahulu dan pastikan tidak basi.

Berikut adalah beberapa makanan utama ayam kalkun yang bagus untuk perkembangan serta pertumbuhan :

Nasi Aking Pakan Ayam Kalkun Dewasa

Pakan yang dapat disediakan ialah sisa nasi yang telah dijemur di bawah sinar matahari sampai kering atau orang-orang lebih sering menyebutnya dengan nasi aking. Kemudian untuk cara pemberiannya wajib direndam dengan air panas terlebih dahulu agar mengembang dan tidak terlalu keras.

Selain untuk pakan kalkun, nasi aking bisa juga disediakan untuk unggas lain seperti bebek dan ayam. Walaupun nasi aking mengandung karbohidrat sehingga sangat bagus untuk ketahanan , namun perlu bagi anda untuk mengecek terlebih dahulu nasi aking yang diberikan.

Pastikan nasi aking tidak berbau serta tidak terkontaminasi dengan zat berbahaya, hal tersebut dilakukan supaya kalkun tetap dalam kondisi sehat. Makanan ini sangat cocok diberikan untuk ayam kalkun yang telah dewasa.

Cara Membedakan Ayam Kalkun Jantan dan Betina

Voer Pakan Agar Ayam Kalkun Cepat Bertelur

voer atau br ini biasa dikasihkan oleh para pemilik ternak karena kandungan protein dan karbohidrat tinggi. Walaupun voer sangat cocok untuk membuat bertambah bobot kalkun anda namun perlu diperhitungkan juga harganya.

Untuk saat ini harga voer memang sangat mahal di pasaran sehingga membuat para pemilik ternak yang berpikir dua kali untuk menyediakan pakan tipe ini. Biasanya pemilik ternak memadukan antara voer dengan bekatul yang bisa menurunkan biaya pakan.

Sayuran Pakan Kalkun Umur 2 Bulan

Daun memang punya beragam vitamin dan yang amat sering digunakan oleh para pemilik ternak kalkun. Kebanyakan peternak lebih memilih menggunakan daun pisang karena dapat diberikan secara langsung tanpa perlu dicampur dengan tipe pakan lainnya.

Tetapi jika anda hendak mengombinasikan maka tipe bekatul dan voer sangat klop sebagai pelengkap sayuran untuk kalkun. Selain daun pisang ada beberapa sayur dan daun yang dapat dikombinasikan seperti sawi, kangkung, enceng gondok, daun pepaya dan sawi.

Pemberian daun pepaya sebisa mungkin tidak teramat banyak karena bisa mengakibatkan ayam kalkun lumpuh.

Bekatul Halus Untuk Pakan Kalkun Umur 1 Bulan

Bekatul atau dedak ialah tipe makanan yang biasa digunakan sebagai campuran untuk pakan unggas. Harga yang turjangkau serta mudahnya dalam pembelian membuat bekatul menjadi makanan andalan para peternak kalkun.

Untuk pemilihan bekatul, disarankan untuk memakai yang tipe halus karena lebih disenangi oleh ayam kalkun sehingga selera makan akan sangat meningkat.

Baca Artikel Lainnya :
Cara Membedakan Ayam Kalkun Jantan dan Betina Ayam kalkun ialah tipe unggas yang dikenal dengan bentuk badan yang besar, serta berpotensi diternakkan, dan sebagai makanan konsumsi. Daging ayam kal...
Cara Mengatasi Kalkun Mencret Kalkun mencret ditandai dari tinja yang mempunyai warna cair dan berwarna keputih-putihan atau kehitam-hitaman. Kondisi tubuh juga terlihat lemah, den...
Cara Budidaya Kalkun Kalkun merupakan tipe unggas penghasil daging terbaik. Pemilik ternak biasanya budidaya kalkun untuk memperoleh dagingnya. Ukuran yang besar menjadika...
Cara Membedakan Jenis Kelamin Kalkun Cara Membedakan Kelamin Kalkun -  salah satu tipe unggas alternatif yang bisa dipelihara, ternyata harga kalkun lebih tinggi dari ayam biasa. Kita bis...
Cara Mengatasi Kalkun Lumpuh Cara Mengatasi Kalkun Lumpuh - Tubuh kalkun yang terkena penyakit lumpuh akan terlihat lemas sekali dan cuma dapat terkulai di permukaan tanah. Bahkan...
Ciri Bibit Kalkun Berkualitas Kalkun (numida meleagris) ialah unggas yang dikembangkan untuk diambil dagingnya sedangkan saat di luar negeri ayam ini lebih terkenal dengan sebutan ...
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!