Makanan Burung Merpati

Makanan – Merpati atau burung dara merupakan binatang yang sangat ramah dan telah dijadikan binatang kesayangan semenjak lama. Beberapa merpati bahkan ada yang diberi pelatihan dalam melakukan beberapa pekerjaan sebagai pembawa pesan.

Burung dara termasuk dalam binatang sosial sehingga lebih membuatnya nyaman saat hidup berkelompok. Merpati selalu dimanfaatkan sebagai simbol kasih sayang, karena meskipun ia terbang jauh tinggi pasti ia bakal balik lagi atau ingat rute pulang.

merpati pun kerap dimanfaatkan sebagai ajang balap, hias, dan untuk dikonsumsi.

Pakan Burung Merpati Agar Cepat bertelur

pakan-burung-merpati

Jika anda hendak merawat satu burung dara saja, anda wajib mempunyai komitmen yang tinggi untuk menyediakan perhatian kepadanya. Sekarang kita akan mengulas mengenai makanan yang di sukai oleh merpati.

Burung dara banyak diternakkan di samping tempat tinggal dan di liarkan, karena sifatnya yang setia akan membuatnya tetap berada di sekitar kurungan, sekalipun pergi pasti akan kembali. Makanan merpati juga tidak terlalu sulit karena sangat gampang untuk di cari di dekat pekarangan.

Cara Menjodohkan Merpati

Pakan Burung Dara Agar Cepat Gemuk Jagung

Pakan yang paling biasa dikasihkan untuk menambah berat badan ialah jagung, selain gampang didapatkan dipasaran juga murah harga yang ditawarkan. Penyediaan makanan dapat dilakukan 2 kali sehari atau 1 kali sehari.

Pilihan bergantung pada kesiapan waktu anda untuk menyediakan pakan pada merpati anda. Waktu yang sempurna jika penyediaan makanan 2 kali sehari yakni jam 7 dan jam 4 sore apalagi pada ketika cuaca tengah terik.

Jika waktu anda sekadar mampu menyediakan pakan 1 kali dalam sehari, anda cukup menyediakannya di waktu sore hari.

Pakan Untuk Burung Dara Aduan

Pakan yang mempunyai reputasi bagus untuk burung dara aduan  yakni kacang hijau. Mungkin sekarang sangat jarang peternak yang memilih menggunakan pakan kacang hijau. Hal tersebut tidak terlepas dari mahalnya kacang hijau itu sendiri, atau sekitar 2 kali lipat dari harga jagung.

Untuk waktu pemberian yang baik agar kacang hijau mampu menunjang pertumbuhan merpati yakni dengan memberikannya setiap dua hari sekali bergantian dengan jagung. Pemberian pakan secara teratur dapat membuat burung dara lebih cepat bertelur.

Pakan Burung Merpati Putih

makananan burung merpati putih yang satu ini tidak kalah mahal dengan kacang hijau, bahkan mencapai tiga kali lipat atau lebih dari harga jagung. Biasanya beras merah diberikan pada burung kicau, namun seiring waktu manfaat birahi yang diciptakan oleh beras merah juga dibutuhkan oleh burung dara.

Dengan terjadinya birahi maka akan membuat proses perjodohan merpati semakin cepat, sehingga membuat hewan piaraan semakin bertambah banyak.

Makanan Anakan Burung Merpati

Mungkin anda akan bertanya-tanya apakah ada perbedaan makanan burung dara anakan dengan dewasa?. Sebenarnya tidak ada perbedaan, semua makanan dapat diberikan secara langsung pada anakan merpati.

Namun, ada baiknya untuk memberi pakan seperti beras atau jagung yang telah diselep dan dicampur air. Kerongkongan anakan burung dara sangat kecil yang ditakutkan pemberian makanan jagung akan menyumbat sehingga menyebabkan kematian.

Usahakan uuntuk menyediakan minuman dalam wadah yang banyak, ini sebagai langkah antisipasi agar makanan dapat mudah tertelan oleh anakan burung merpati.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment