Manfaat Air Kelapa Untuk Burung Kicau

Bukan rahasia lagi bahwa air kelapa beberapa tahun terbaru diketahui sangat bagus untuk kesehatan manusia. Sebabnya, bahan ini selanjutnya tak sedikit digunakan sebagai obat beberapa penyakit, baik penyakit ringan maupun berat.

Faktor ini diakibatkan air kelapa nyatanya tak sedikit mengandung senyawa aktif yang sangat bagus bagi badan manusia.

Manfaat Serta Dampak Air Kelapa Untuk Burung Kicau

 

Sebetulnya, manusia telah lama memahami air kelapa berikut khasiatnya. Tetapi dengan pesatnya kemajuan di bidang medis, membikin masyarakat melupakannya serta beralih pada pengobatan medis.

Tetapi saat ini, tak sedikit orang yang sudah lelah dengan pengobatan medis sebab efek sampingnya yang angker. Karenanya, tak sedikit orang kembali lagi pada pengobatan tradisional, termasuk kembali melirik bahan alam ini.

Air kelapa tak hanya baik untuk badan manusia namun juga untuk burung berkicau. Sama semacam pada manusia, bahan dari alam ini bisa juga dijadikan obat untuk beberapa keluhan kesehatan burung berkicau.

Dengan sangat manjur, air kelapa sanggup menanggulangi beberapa gangguan kesehatan tersebut sampai sembuh total. Namun begitu, pengobatan menggunakan bahan berasal dari alam ini harus diperbuat selalu serta konsisten.

Atas dasar khasiat ini, maka beberapa produk obat untuk burung berkicau sekarang menggunakan bahan herbal ini. Faktor ini diakibatkan tidak hanya untuk menghindari efek samping obat medis apalagi obat bebas, perusahaan pembuat obat juga ingin memperkenalkan obat tradisional yang jarang sekali diperoleh dalam dunia pengobatan burung berkicau.

Berikut manfaat air kelapa untuk burung kicau :

Mencegah dehidrasi dan memulihkan stamina

Kandungan ion yang ada pada air kelapa terbukti dapat dengan cepat memperbaiki dehidrasi atau kekurangan ion pada tubuh hewan piaraan. Apalagi setelah aktifitas seperti kontes/lomba.

Apabila gacoan piaraan nampak kurang fit/kurang semangat untuk bergerak/bersuara, pemilik bisa dengan memberi air kelapa, yang juga ampuh untuk mengembalikan stamina piaraan yang kurang fit.

Memperbaiki system pencernaan

Air kelapa muda juga sangat manjur dalam menjaga serta menyembuhkan saluran pencernaan burung. Faktor ini diakibatkan karena bisa menghindarkan terjadinya beberapa masalah yang terdapat di saluran pencernaan bahkan bisa menetralisir keasaman lambungnya.

Sebabnya, bahan ini sangat bagus dengan menggunakan cara selalu untuk mempertahankan serta menyembuhkan penyakit pencernaan.

Mengatasi keracunan

Air kelapa merupakan air paling baik dalam pengobatan sebab mengandung zat anti racun yang dalam faktor ini tanin. Tak hanya itu, juga mengandung anti bakteri jadi sanggup membunuh bakteri yang mungkin menyerang burung piaraan.

Sebab itu, air kelapa ini sangat bagus di berbagai macam untuk burung yang mengalami keracunan, entah sebab hewan ini mengkonsumsi makanan beracun alias sebab mengkonsumsi sesuatu dengan menggunakan cara berlebihan, alias burung sakit dampak bakteri.

Mengatasi suara burung serak

Air kelapa juga sangat bagus untuk burung yang mempunyai bunyi tipis alias tak lebih merdu. Bahkan untuk burung serak, pemberiannya juga sangat rekomendasi.

Sebab air ini sanggup menambah nilai serta kerja pita bunyi serta melakukan pembersihan tenggorokannya. Dampaknya, volume dapat menjadi lebih maksimal serta powerpun lebih tebal serta merdu.

Meningkatkan kecerdasan burung

Masih sangat banyak fungsi dari air kelapa untuk sang burung. Di antara yang sudah di sebutkan, satu yang lain yaitu mampu untuk meningkatkan kecerdasannya. Artinya otak binatang piaraan akan gampang terasah, sifatnya cenderung burung cekatan dan lebih lincah.

Tips pemberian air kelapa

Mempertstabilkan plus-minus air kelapa, dianjurkan kepada para kicaumania supaya memakai air biasa saja sebagai minuman harian bagi burung bersuara merdu.

Untuk membuat stamina bertambah serta meningkatkan sistem imunitas dan antibiotik tubuh / menghindarkan penyakit, lebih ideal memakai multivitamin. Banyak produk multivitamin berkualitas yang beredar di pasaran, antara lain birdvit.

Tetapi, jika pemelihara tetap ingin memberikan air kelapa untuk piaraan, perlu melakukannya dengan pengontrolan ketat. Berikan sesuai dengan yang diperlukan saja, dan tidak dijadikan sebagai pengganti terhadap air minum.

Air kelapa cukup dikasihkan hitungan hari sekali atau satu minggu sekali. Cara pemberiannya pun bisa melakukannya dengan bermacam-macam metode, mulai dari mencampur 1/4 air kelapa dengan 3/4 air biasa, atau juga bisa diberikan dengan madu asli (1 sendok teh).

Dampak air kelapa untuk burung kicau

Begitu besarnya khasiat dengan kandungan pada air kelapa saat diminum oleh manusia tentunya berharap akan serupa pula dampak pada waktu dikasihkan kepada burung kicau.

Hal tersebut sedikit banyaknya memang bahan ini memberikan dampak positif saat diminum burung. Dampak positif tersebut mampu mengembalikan cairan tubuhnya yang hilang saat dijemur.

Selain itu, burung ocehan yang meminum air kelapa juga mempunyai daya tahan fisik yang kuat, sangat sulit terinfeksi penyakit, dan melakukan pembersihan tenggorokannya dari dahak yang bisa mengurangi kualitas kicauannya.

Hanya saja, pemberiannya untuk diminum burung kicau dilarang terlalu sering dan berlebihan. Hal ini diakibatkan kandungan kalium dan sodium yang terdapat di air kelapa dapat menimbulkan dampak yang kurang bagus untuk kesehatan yang memakannya secara berlebihan.

Dampak buruk tersebut dapat membuat burung ocehan terganggunya pada bagian jantung dan mampu menimbulkan kelumpuhan sampai kematian. Selain itu, piaraan dapat berkembang menjadi bergerak aktif dengan menyerang burung lain yang terdapat di dekat kurungan ataupun melawan pemeliharanya.

Persoalan lain yang dihasilkan dari memakan zat kalium dan sodium yang terdapat di air kelapa juga membuat burung dapat terganggunya pada bagian ginjalnya.

Hanya saja, pemberian bahan alam untuk diminum burung kicau dilarang terlalu sering dan berlebihan. Untuk itu, pemberiannya kepada burung ocehan memang dibolehkan tapi jangan dijadikan sebagai air minum pengganti yang dimakan setiap hari.

Air kelapa yang dikasihkan juga tidak terlalu banyak cukup 1/4 dari wadah cepuknya. Waktu pemberiannya pun dapat dikerjakan hanya selama satu kali dalam satu minggu saja.

Selain itu perlu untuk ingat bahwa air kelapa yang diminum burung ocehan ada baiknya tidak digabung dengan susu karena bisa menjadi racun di badannya.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!