Manfaat Belut Dan Ikan Sidat

Di indonesia, belut sawah dan belut rawa merupakan dua tipe belut yang banyak diperoleh. Namun jika berkeinginan belut berdaging lebih tebal maka pilihlah belut sawah.

Masyarakat yang tinggal di daerah persawahan dapat mengonsumsi belut sebagai lauk yang bernilai gizi tinggi, setara yang terkandung gizi ikan, dengan harga relatif lebih miring dari ikan maupun daging.

Manfaat Belut Untuk Kesehatan

 

Belut mengandung vitamin A, B, C, kalsium, zat besi, fosfor, dan masih banyak lainnya. Kandungan tersebutlah nantinya dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Berikut ragam manfaat daging belut untuk kesehatan tubuh :

Mencegah anemia

Zat besi diketahui dapat membantu dalam proses membentuk hemoglobin. Hemoglibin itu sendiri ialah bagian dari darah merah yang berguna untuk mengikat oksigen. Dengan produksi hemoglobin yang meningkat, peredaran darah akan semakin lancar sehingga daging belut ini akan mampu menghindarkan dan menyembuhkan anemia.

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh

Oksigen akan membantu proses membentuk energi, istilah ilmiahnya oksidasi. Asupan makanan yang masuk wajib diproses bersama oksigen supaya bisa berubah menjadi energi.

Makin bertambah oksigen maka akan makin bertambah energi yang dihasilkan. Artinya, akan menjadikan tubuh semakin sehat dan kebal terhadap berbagai macam penyakit.

Ini juga karena kandungan vitamin C yang mempunyai peran sebagai antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas.

  • Menghilangkan Lemah, Letih dan Lesu

Orang yang terjangkit kekurangan zat besi akan memperlihatkan gejala-gejala seperti lemah, letih, lesu dan rasa malas untuk melakukan airtivitas. Dengan tercukupinya asupan zat besi karena memakan belut, bermacam-macam gejala tersebut akan secara gampang hilang sehingga tubuh bakal balik bugar.

  • Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Adanya kandungan kalsium dan fosfor pada daging belut dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Fosfor bertugas untuk membentuk masa tulang.

Apabila tubuh kekurangan kandungan tersebut maka tulang menjadi keropos sehingga menjadi osteoporosis. Selain itu fosfor bersama kalsium dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi.

  • Bagus Untuk Janin

Saat mengandung, ibu hamil butuh lebih banyak kalsium dan fosfor untuk janinnya, jika keperluan ini tidak berkecukupan, maka perkembangan tulang sang janin akan terganggu.

Selain itu mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein juga sangat diperlukan bagi tubuh agar manfaat dari kalsium serta fosfor dapat diserap tubuh secara maksimal.

  • Manfaat Kandungan Vitamin B

Ternyata belut kayak akan vitamin B. Kandungannya sangat mirip telur dan lebih gede dari daging sapi. Vitamin B akan membantu tubuh terkait masalah kofaktor enzim, hasilnya metabolisme tubuh juga semain bagus. Vitamin ini penting bagi otak, membantu membentuk protein, hormon, dan sel darah merah.

  • Mencegah Kanker

Belut mempunyai mineral dan zat turunan protein cukup lengkap, sehingga baik untuk mempertahankan kesehatan organ tubuh, utamanya jantung, otak, dan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, daging pada belut juga mampu membentuk hormon yang mampu menghindarkan terjadinya kanker, utamanya kanker payudara.

Bahaya Konsumsi Daging Belut

Di balik manfaat daging belut tersebut, belut juga mempunyai efek samping. Makanan yang banyak mangandung protein hewani sangat umum mempunyai kandungan lemak jenuh tinggi.

Dalam satu saji (150-180 gram belut), kandungan kolesterolnya sebesar 188 mg. Bagi yang terjangkit kolesterol, sangat tidak rekomendasi untuk memakan belut. Bukan tanpa alasan pelarangan terhadap penderita kolesterol, karena pada belut terdapat kandungan lemak tinggi.

  • Resiko Penyakit Degenaratif

Jika belut dimakan dalam porsi besar, terlalu sering, dan metode masak yang tinggi lemak, misalnya digoreng atau digoreng tepung. Maka hal ini dapat meningkatkan kadar lemak daalam tubuh sehingga akan menimbulkan resiko penyakit degenerative.

Saran penyajian belut

Untuk mendapatkan manfaat dari konsumsi belut secara optimal maka cara pengolahannya pun perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Berikut tips pengolahan daging belut :

Menyajikan daging belut dengan cara dibakar, dikukus atau direbus serta memilih makanan pendamping dengan kandungan serat tinggi seperti sayur – sayuran serta kacang – kacangan.

Mengkonsumsi daging belut dengan porsi cukup, untuk satu kali penyajian setidaknya 40 – 50 gram belut.

Membatasi konsumsi belut maksimal 2 – 3 kali dalam 1 – 2 bulan.

Manfaat Ikan Sidat

Ikan sidat mempunyai bentuk yang mirip dengan ikan belut. Perbedaan paling mencolok ialah pada siripnya. Ikan sidat mempunyai sirip di sekitar kepalanya menyerupai indera pendengaran, sedangkan belut tidak mempunyainya.

Ikan sidat bisa hidup di dua alam, yakni air tawar dan air laut. Saat reproduksi, sidat akan menuju ke laut dan setelah cukup besar bakal balik ke air tawar atau sungai. Hal ini berkebalikan dengan ikan salmon. Meski begitu kandungan gizi yang dimiliki ikan sidat hampir sama dengan ikan salmon.

Kebanyakan masyarakat Jepang mengimpor ikan sidat dari Indonesia dalam jumlah besar karena kegunaannya luar biasa. Sebagai negara mempunyai sumber ikan sidat yang melimpah, masyarakat Indonesia wajib bisa memahami dan memanfaatkan ikan sidat. Berikut beberapa khasiat pada ikan sidat.

  • Meningkatkan Daya Ingat

Sudah banyak dipercaya, memakan ikan sidat secara rutin dapat mendorong terbentuknya lemak fosfat dan pertumbuhan otak besar, berguna untuk meningkatkan daya ingat. Juga memulihkan sikulasi kapiler, mempertahankan tekanan darah normal, menangani pembuluh darah otak.

  • Memperpanjang Umur

Disebut sebagai “ginseng air”, fungsinya dalam memperpanjang umur dan melawan kelemahan dan penuaan tak ternilai. Sidat mempunyai kandungan nutrisi protein, karbohidrat, serta omega 3 yang tinggi.

Sehingga memperkuat fungsi otak dan memperlambat terjadinya kepikunan. Ikan sidat mempunyai kandungan asam lemak omega 3 tinggi, yaitu sekitar 10,9 gram per 100 gram.

Omega 3 ini terbukti mampu meningkatkan fungsi mental, memori, dan konsentrasi manusia. Zat yang banyak terdapat dalam lemak sidat ini juga terbukti mampu mengatasi depresi, gejala penyakit kejiwaan atau schizophrenia.

Mengkonsumsi ikan sidat dapat mengatur imunitas tubuh manusia, sebagai anti oksidan, menghilankan racun tubuh, serta memperlambat penuaan

  • Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Tubuh

Kandungan zink pada sidat sejumlah 9 kali lipat dari kandungan pada susu sapi. Oleh karena itu, ikan sidat terbukti sebagai kandungan gizi sangat perlu untuk tumbuh kembang tubuh. Zink mempunyai peran dalam respon imun, fungsi otak, dan kekuatan reproduksi sel dalam tubuh.

  • Menjaga Tekanan Darah

Zink dalam ikan sidat juga dapat berfungsi mengatur angiotensin dan endotelin yang menentukan tekanan darah. Jadi untuk memenuhi mineral ini perlu sering-sering konsumsi ikan sidat ini. Dengan sering memakan ikan sidat diinginkan tekanan darah tetap normal dan imbang.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A membantu menjaga pembuluh darah mata ke otak supaya tidak menyempit. Selain itu, vitamin A dapat menghindarkan proses membentuk radikal bebas yang bisa merusak sel retina dan lensa. Sehingga, vitamin A dapat sebagai pencegah katarak dan degenerasi macula pada retina.

  • Mencegah Resiko Penyakit Jantung

Ikan sidat terbukti dapat menyembuhkan permasalahan sistem kerja kardiovaskuler. Penyakit yang umunya terjadi akibat masalah pada sistem kardiovaskuler ialah serangan jantung, nyeri dada hingga stroke.

Pastinya semua orang tidak ingin sampai mengalami penyakit tersebut, jadi sering-seringlah mengonsumsi ikan sidat supaya dapat menghindari penyakit kardiovaskuler.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!