Manfaat Daging Burung Dara

Burung merpati atau dara ialah spesies burung bertipe columbidae mempunyai bentuk fisik gempal dengan leher pendek dan paruh ramping-pendek. Biasanya burung merpati atau dara ini sering dijadikan sebagai binatang piaraan. Tetapi daging dari burung merpati ini bisa juga dijadikan sebagai bahan makanan.

Para pakar sendiri telah mendapati kemudian menganalisa beberapa khasiat serta manfaat burung merpati (dara) bagi kesehatan tubuh menurut penelitian-penelitian dan hasil riset.

Manfaat Daging Merpati

Daging dari burung merpati atau dara ini sering diolah menjadi beberapa macam kuliner, seperti : burung dara bakar, burung dara goreng, rica-rica burung dara, dara merah sambal balado, serta masih banyak lainnya. Rasa dari daging burung merpati juga sangat khas lebih sedap agak manis, tidak sama dari daging ayam, angsa, dan bebek.

Tidak hanya itu selain mempunyai rasa yang lezat dan gurih, daging burung dara juga mempunyai segudang kandungan gizi serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh, antara lain : protein, zat besi, omega-3, omega-6, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, riboflavin, niasin, asam folate, kalsium, magnesium, potassium, selenium, dan fosfor. Berikut ialah manfaat daging merpati untuk kesehatan yang dapat kita temukan.

Mencerdaskan Otak

Menurut data yang didapat dari usda (united states department of agriculture), daging burung merpati atau dara mempunyai kandungan omega-3 250 mg dan omega-6 6400 mg dalam tiap 110 gr.

Sangat tingginya jumlah kandungan omega-3 dan omega-6 terbukti dapat merangsang jaringan tubuh dalam membangktikan fungsi kognitif otak. Sekaligus meningkatkan kekuatan otak dalam berfikir serta mengenali (memory ability).

Baik Untuk Organ Tubuh Serta Darah

Dikarenakan kandungan gizi yang ada pada daging merpati, daging merpati juga berguna bagi tubuh kita dalam menjaga kesehatan organ tubuh dan darah, yakni antara lain sbb:

  • Mengoptimalkan fungsi hati serta ginjal
  • Mengurangi tekanan darah
  • Meningkatkan memori
  • Mengatur kadar gula darah, serta
  • Meningkatkan kecerdasan otak

Ternyata selain dagingnya, hati dan tulang merpati juga dapat memberikan manfaat yang bagus untuk tubuh yang dijabarkan sebagai berikut :

Hati burung merpati mengandung kolin yang memberikan manfaat untuk membantu tubuh dalam memanfaatkan kolesterol dan menghindarkan radang pembuluh darah (aterosklerosis).

Tulang burung merpati mengandung zat yang bisa membantu tubuh dalam meningkatkan elastisitas kulit dan memulihkan peredaran darah.

Memperkuat Imunitas Tubuh

Daging burung merpati atau dara merupakan satu-satunya yang mempunyai beraneka vitamin, antara lain vitamin C, vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12. Dengan tersedianya bermacam vitamin, para pakar nutrisionist meyakini fungsi dari dagimg burung dara ini sangat baik dalam menjaga dan menguatkan imuniatas tubuh (sistem kekebalan tubuh).

Membangkitkan Fungsi Otot Serta Saraf

Kandungan zat besi, magnesium potassium pada daging burung merpati (dara) mampu mempunyai peran aktif dalam mengatur kontraksi otot dan relaksasi otot. Tidak hanya itu, kandungan potassium pada daging burung merpati membantu mempertahankan fungsi otot syaraf serta membantu fungsi gerakan refleks.

Menyehatkan Mata Dan Mengatasi Anemia

Senyawa-senyawa aktif yang ada pada daging dari burung merpati mempunyai khasiat yang sangat luar biasa khususnya bagi kesehatan saraf mata.

Anemia biasanya ditimbulkan oleh defisiensi zat besi yang berakibat terhadap merendahnya kadar Hb dan infeksi sangat parah pada jaringan-jaringan darah merah. Sumber makanan hewani dari daging-dagingan biasanya bisa mengobati masalah kurang darah atau anemia tersebut.

Meskipun begitu terdapat beberapa tipe daging dari binatang unggas yang sangat ampuh dalam mengobati masalah anemia ini, salah satunya yakni daging merpati atau dara.

Mengatasi Arthritis

Tingginya kandungan zat besi dan fosfor pada daging burung merpati membuatnya sangat berguna dalam mengobati masalah nyeri sendi (arthritis). Kombinasi antara zat besi serta fosfor merupakan kedua kombinasi yang sangat cocok dalam mengaktifkan fungsi growth hormone. Hormon ini menopang proses membentuk serta perkembangan jaringan-jaringan baru di bagian persendian dan tulang.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Daging burung merpati atau burung dara ini juga mempunyai kandungan potassium yang sangat tinggi di dalamnya. Mendapatkan cukup asupan potassium dengan mengonsumsi daging burung merpati ini maka akan dapat menurunkan resiko terbentuknya batu ginjal.

Pada umumnya potassium memang bekerja khusus menurunkan ekskresi kalsium. Dimana salah satu hal yang menyebabkan batu ginjal ini ialah terlalu tingginya kadar kalsium dalam urin.

Mencegah Alzheimer

Penyebab dari penyakit alzheimer ialah karena kurangnya asupan asam lemak dalam tubuh. Daging burung merpati bisa memberi solusi untuk permasalah tersebut. Ini diakibatkan tingginya kandungan asam lemak dalam bentuk omega-3 dan omega-6 yang ada pada daging burung dara, sehingga resiko penyakit alzheimer sangat kecil.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Vitamin b6 yang ada pada daging burung merpati (dara) juga sangat berguna dalam memperlancar sistem aliran darah menuju organ-organ seluruh tubuh. Selain itu dengan tersedianya kandungan vitamin C, vitamin B12 dan zat besi dapat mendukung terjaganya fungsi kinerja jaringan-jaringan saraf otot.

Mencegah Kanker

Daging merpati mempunyai kandungan meneral yang tinggi seperti zat selenium. Seperti yang diketahui bahwa tipe zat ini sangat bagus bagi tubuh seperti menghindarkan kanker yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain hal tersebut juga zat selenium juga sangat berguna sebagai cara mencegah penyakit jantung koroner,menghindarkan terjadinya peradangan sendi dan meningkatkan fungsi tiroid.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!