Manfaat Gula Jawa Untuk Ayam

Manfaat Gula Jawa Untuk Ayam Jago Kampung – Gula jawa termasuk dalam pemanis alami yang berasal dari bahan dari tebu, aren dan air kelapa, tentu hal tersebut membuatnya terbagi juga menjadi tiga jenis berdasarkan bahannya. Sangat mudah menemukan keberadaan gula merah di sekitar kita, hal tersebut tidak lain karena proses pembuatannya yang mudah yakni hanya membutuhkan penggodokan secara tradisional.

Walaupun dibuat secara sederhana tapi manfaat gula jawa untuk ayam kampung aduan sangat beragam mulai dari kesehatan sampai menambah berat badan. Para peternak sering menggunakan gula merah sebagai tambahan nutrisi untuk ayam petelur yang mengalami sakit.

Fungsi Gula Merah Untuk Ayam Bangkok

manfaat-gula-merah-untuk-ayam

Pemberian campuran air dengan gula jawa punya banyak manfaat tapi yang paling utama yakni meningkatkan stamina ayam aduan. Kandungan sukrosa dan glukosa dalam gula jawa mampu menggantikan energi yang hilang dan bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap lingkungan sekitarnya. Stamina yang terjaga mampu membuat ayam jago menjadi lebih kuat terhadap perubahan cuaca dan kuat jika beradu.

Mungkin sering anda bertanya bagaimana cara menambah berat badan ayam bangkok agar cepat gemuk?. Dan jawaban untuk pertanyaan tersebut ialah rutin memberikan  air gula jawa. Kandungan di dalam gula aren mampu menambah nutrisi serta meningkatkan nafsu makan ayam kampung. Jika pemberian dilakukan secara rutin dan teratur tidak menutup kemungkinan ayam bangkok menjadi lebih tegap dan besar.

Air gula jawa juga ternyata terbukti ampuh mengatasi dehidrasi pada ayam yang sering terkena penyakit. Biasanya flu atau cacingan dapat menyebabkan ayam broiler menjadi malas untuk makan dan minum. Dengan memberikan air gula merah pada ayam bangkok yang sakit akan menolongnya dalam memenuhi kekurangan energi dan nutrisi dalam tubuh. Hal tersebut karena air gula merah terbukti mampu diserap oleh tubuh dengan sangat mudah dan tanpa efek samping.

Manfaat Jahe Untuk Ayam Bangkok

Cara Membuat Ramuan Gula Merah Untuk Ayam Bangkok

membuat-ramuan-dari-gula-aren-untuk-ayam

Saat artikel ini ditulis, saya telah memasuki musim penghujan. Bukan hal yang aneh jika pada musim penghujan banyak sekali ayam broiler yang mati karena perubahan suhu yang terlalu ekstrem setelah musim kemarau.

Mungkin ada juga yang bertanya kenapa ayam petelur mati pada musim penghujan ? Dapat disimpulkan bahwa hal ini dikarenakan ayam bangkok mengalami kekurangan energi dan nutrisi untuk mengatasi perubahan hawa dari panas ke dingin. Sebagai langkah mengantisipasinya kita dapat memberikan ramuan yang terbuat dari gula jawa merah, aren atau kelapa.

Bahan yang dibutuhkan

  • Gula jawa secukupnya atau satu sendok (bisa menggunakan gula jawa merah, aren atau kelapa)
  • Lengkuas sebesar jempol
  • Air putih satu gelas
  • Proses pembuatan.

Hal pertama yang harus dilakukan yakni mencampurkan gula jawa dengan air sampai melebur menjadi satu (terbentuk larutan air gula). Nyalakan kompor lalu masak larutan hingga mendidih, biarkan larutan yang telah direbus hingga dingin lalu taruh pada tempat air minum ayam.

Cara Mengobati Ayam Ngorok

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memberi Air Gula Merah Pada Ayam

khasiat-gula-jawa-untuk-ayam

Walaupun air gula jawa punya banyak manfaat untuk segala jenis ayam, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya manfaat yang diambil dapat maksimal. Mungkin dibawah ini hanya sedikit yang bisa dibagi namun akan ditambah seiring bertambahnya waktu. Memberikan air gula jawa juga perlu diatur waktunya yakni hanya sekali dalam sehari, setiap pagi atau sore hari. Sifat air gula sebagai obat tentu akan mempunyai efek samping seperti menjadi lemas dan lesu karena kelebihan nutrisi.

Gula jawa merupakan pemanis alami yang banyak manfaat tapi perlu diingat bahwa ada gula pasti ada semut. Untuk itulah perlu menambahkan lengkuas atau bawang putih untuk menghindari kehadiran semut dalam campuran air gula. Pantang untuk memberikan air gula jawa pada waktu musim kemarau, hal tersebut akan membuat ayam aduan menjadi terlalu agresif.

Baca Artikel Lainnya :
Cara Budidaya Kalkun Kalkun merupakan tipe unggas penghasil daging terbaik. Pemilik ternak biasanya budidaya kalkun untuk memperoleh dagingnya. Ukuran yang besar menjadika...
Cara Membedakan Ayam Kalkun Jantan dan Betina Ayam kalkun ialah tipe unggas yang dikenal dengan bentuk badan yang besar, serta berpotensi diternakkan, dan sebagai makanan konsumsi. Daging ayam kal...
Cara Memilih Bibit Ayam Kampung Cara Memilih Bibit Ayam Kampung Jantan dan Betina Berkualitas - Berurusan ekonomi peternakan ayam kampung memang juga merupakan salah satu tipe usaha ...
Cara Mengobati Ayam Ngorok Penyebab dan cara mengobati ayam ngorok dengan cepat. Pada Peternakan ayam mengkategorikan menjadi dua jenis, yaitu sebagai petelur dan pedaging. Ayam...
Cara Mengatasi Kalkun Lumpuh Cara Mengatasi Kalkun Lumpuh - Tubuh kalkun yang terkena penyakit lumpuh akan terlihat lemas sekali dan cuma dapat terkulai di permukaan tanah. Bahkan...
Makanan Ayam Kalkun Makanan - Ayam kalkun ialah salah satu ayam yang banyak dikembangkan bahkan terdapat 7 tipe kalkun ada di Indonesia. Berurutan jenis kalkun yang palin...
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!