12 Manfaat Ajaib Ikan Baung Untuk Kesehatan

12 Manfaat Ajaib Ikan Baung Untuk Kesehatan – Ikan baung merupakan binatang air tawar yang mempunyai fisik menyerupai lele. Namun baung mempunyai kulit lebih halus serta bentuk tubuh ramping. Sehingga karena kerampingannya banyak yang menyebutnya dengan ikan duri.

Jenis ini memiliki kandungan protein tinggi serta rendah lemak. Sehingga sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil sebab baik untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Jenis ini memiliki tekstur daging kenyal, gurih serta harganya yang terjangkau oleh masyarakat.

Manfaat Ikan Baung Bagi Kesehatan

manfaat-ikanbaung-bagikesehatan

Hewan air ini mudah ditangkap di sungai besar ataupun muara dengan menggunakan jalur atau dipancing. Binatang air ini mudah ditemukan di daerah Kalimantan dan Aceh terutama pada alur sungai terutama saat air naik atau banjir. Selain itu manfaat ikan baung bagi kesehatan sangatlah banyak.

Kandungan gizi pada baung dapat mencegah seseorang dari penyakit anoreksia yaitu penyakit yang mengganggu nafsu makan. Sehingga menyebabkan penderitanya yang kebanyakan perempuan tidak ingin makan. Akibatnya akan kehilangan banyak berat badannya sehingga tubuhnya akan sangat kurus.

Selain mencegah aneroksia, berikut manfaat ikan baung bagi kesehatan :

Mencegah kanker usus

Satu lagi yang perlu untuk tahu, sel kanker bisa tumbuh di manapun tergolong pada usus. Karena hal tersebut wajib berhati -hati dalam menjaga sistem pencernaan supaya dapat menghindari penyakit kanker usus.

Untuk mencegahnya dapat mencoba manfaat ikan baung bagi kesehatan, dagingnya mempunyai serat lembut, sehinga membuat usus dapat menghindari terkenanya iritasi yang memungkinkan terjadinya mutasi sel.

Manfaat ikan kerapu untuk ibu hamil

Sumber protein hewani

Protein hewani dapat dipakai untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Dengan manfaat ikan baung sungai ini, tubuh akan mempunyai resistensi untuk melawan rasa sakit akibat racun, bakteri, maupun virus telah menginfeksi tubuh.

Protein juga dapat berfungsi menjaga kestabilan asam dan basa dalam tubuh, mengatur pH tubuh, tetapi fungsi utama dari protein binatangi ialah sebagai zat pembentuk massa otot pada tubuh. Begitu juga manfaat ikan baung bagi kesehatan.

Meningkatkan nafsu makan

Beberapa orang memikirkan caranya mengurangi bobot tubuh. Namun orang lain justru memikirkan bagaimana caranya meningkatkan bobot tubuh. Ketika seseorang ingin gemuk otomatis wajib membuat selera makannya menjadi meningkat supaya menjadi lebih banyak makan.

Sehingga makin bertambah nutrisi yang diserap tubuh. Dan tubuh pun menjadi gemuk. Manfaat ikan baung sungai sangat pas untuk terapi penyembuhan penyakit anoreksia.

Memberantas lemak jahat LDL

Lemak HDL ialah lemak yang bagus untuk kesehatan tubuh karena lemak ini sifatnya tidak jenuh sehingga tidak mengendap dan melekat di dinding pembuluh darah.

Lemak HDL juga mempunyai fungsi sebagai penyapu lemak jahat LDL. Ketika lemak LDL menyingkir dari tubuh maka akan dapat menghindari beragam macam penyakit seperti penyakit jantung dan kolesterol. Inilah manfaat ikan baung bagi kesehatan tubuh yang mampu menjaga organ penting.

Sumber kalori

Keperluan kalori setiap orang tidak sama berdasarkan bagaimana proses metabolisme di dalam tubuh. Makin bertambah orang beraktivitas maka makin bertambah kalori diperlukan. Dengan konsumsi makanan yang cukup dan mengambil manfaat ikan baung sungai, maka kebutuhan kalori tubuh dapat terpenuhi.

Sehingga wajib makan yang sangat pas dengan jumlah keperluan kalorinya. Karena kalau tidak maka organ tubuh bisa drop misalnya menjadi sangat kurus. Manfaat ikan baung bagi kesehatan mampu menjadi sumber kalori karena dapat menambah energi.

Meningkatkan fungsi otak

Otak ialah salah satu organ tubuh yang sangat perlu. Kesehatan otak banyak dipengaruhi oleh jaringan-jaringan pembangun yang sehat sehingga bisa mendukung hubungan sel motorik dan sel otak.

Lemak yang tedapat dalam manfaat ikan baung sungai bisa membuat sel sel dalam otak terus berkembang dan membentuk lapisan sel yang sehat. Secara khusus lemak dalam binatang air ini juga membantu tubuh supaya bisa berpikir cepat sehingga menentukan kecerdasan otak.

Meningkatkan metabolism tubuh

Proses metabolisme memerlukan dukungan yang kuat dari protein. Metabolisme akan membentuk badan yang sehat karena semua proses pencernaan, penyerapan nutrisi dan pengolahan beraneka macam zat yang masuk ke organ tubuh bisa melakukannya dengan baik.

Metabolisme juga akan mendukung proses fisiologis sehingga tubuh menjadi lebih kuat. Dengan manfaat ikan baung bagi kesehatan yang mengandung banyak protein maka dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Meningkatkan kesehatan jantung

Ikan baung ternyata juga sangat perlu untuk merawat kesehatan jantung. Protein bisa membentuk perlindungan khusus bagi tubuh dengan menimbangkan kandungan kolesterol dalam tubuh yang dapat dari makanan.

Protein bisa mengancam kolesterol buruk yang dapat mengakibatkan resiko penyakit jantung. Sehingga manfaat ikan baung sungai dapat memperkecil resiko penyakit jantung.

Meningkatkan produksi hormone

Hormon dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur sistem kerja organ tubuh dan sistem respon untuk tubuh. Lemak yang ada dalam ikan baung mempunyai peran untuk mempertahankan produksi hormon sehingga membantu menjaga kesehatan tubuh.

Kekurangan lemak dapat mengurangi produksi hormon sehingga tubuh menjadi sangat sulit berkembang atau pertumbuhan tubuh tidak sesuai dengan usia.

Manfaat ikan baung bagi kesehatan juga dapat nampak dari bagaimana bisa menentukan kadar hormon pada tubuh terutama hormon perempuan dan hormon laki -laki.

Meningkatkan energy

manfaat-ikan-baung

Tubuh memerlukan protein dengan jumlah yang besar. Asuspan protein akan membuat tubuh mempunyai banyak energi yang dapat mempunyai peran untuk mendukung beraneka macam aktivitas harian.

Protein pada manfaat ikan baung bagi kesehatan mempunyai peran penting untuk mengembangkan daya ikat, memori dan beraneka macam aktivitas fisik.

Menghaluskan kulit dan mempercepat penyembuhan luka

Bila mendambakan kulit yang lembut, caranya amat gampang cukup makan saja ikan baung yang diolah dengan digoreng atau dibakar. Karena mempunyai beragam vitamin B dan vitamin C yang sangat baik untuk kulit.

Luka terkadang susah sembuh karena banyak faktor, misalnya karena lambatnya regenerasi sel, umumnya karena faktor buruknya darah yang rendah trombosit. Manfaat ikan baung bagi kesehatan bisa mengobati luka ini.

Menstabilkan mood

Obat penimbang mood susah diperoleh seseorang karena butuh resep dokter. Beda dengan mood stabilizer alami, yang berasal dari makanan, terutama manfaat ikan baung sungai. Untuk memperolehnya hanya perlu pergi ke pasar ikan.

Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan

Jenis – Jenis Ikan Baung

Dengan segudang manfaat yang didapat dari mengkonsumsi ikan baung, juga terdapat berbagai jenis ikan baung yang ada. Antara lain :

Ikan baung putih

Tipe ini justru lebih sering disebut sebagai ikan baung saja. Panjang rata-ratanya mencapai 20 cm. Biasanya dikenali dengan ciri sirip lemak yang pendek dan pangkal sirip lemak mempunyai panjang kurang dari setengah jarak sirip punggung ke sirip ekor.

Sirip punggung baung putih mempunyai duri lunak. Bila sirip terkembang, akan masih terlihat seperti gigi gerigi yang meruncing di bagian tersebut. Kepala baung agak memipih datar dan lebar.

Baung putih dapat ditemui di sungai-sungai daerah pulau kalimantan, pulau sumatera, dan semenanjung malaya. Di daerah Kalimantan, ikan baung putih bisa ditemui di hampir seluruh daerah.

Sementara, daerah Sumatera dapat ditemui di Sumatera Utara, Riau tepatnya di daerah indragiri, jambi, dan sumatera selatan di banyuasin dan ogan.

Ikan baung tageh

Jenis tersebut banyak tersebar di pulau Jawa. Hewan ini dikenal dengan nama lain ikan bawon dalam bahasa Betawi, singgal atau singgah dalam bahasa Sunda, dan tageh dalam bahasa Jawa.

Beberapa daerah lain seperti banyumas mengenalnya dengan baceman. Sementara, di Kuningan Jawa Barat disebut sebagai beong atau bebeong.

Panjang tubuh ikan baung tageh maksimum mencapai 38 cm, tetapi biasanya kurang dari itu. Warna tubuh relatif seragam tanpa bintik atau bercak hitam. Kepala baung tageh memipih dan datar, tubuh memipih tegak. Ikan ini banyak dimakan dan dapat secara gampang diperoleh di pasar lokal.

Ikan baung kuning

Disebut juga sebagai ikan baung senggal atau senggal saja dalam bahasa Sunda. Mempunyai panjang tubuh kurang dari 20 cm. Sirip lemaknya pendek. Ciri lain ialah jika ujung sirip punggung terlipat, tak mungkin mencapai awal sirip lemak.

Tubuh ikan baung kuning biasanya berwarna polos cokelat kekuningan. Terdapat garis memanjang di tengah sisi tubuh berwarna krem atau kekuningan. Kepala ikan ini agak memipih datar dan lebar.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment