Manfaat Ikan Gabus

Banyak yang tidak mengetahui manfaat dari ikan gabus. Ternyata kandungan gizi serta protein pada ikan gabus mengalahkan salmon yang terkenal akan kandungan gizi dan proteinnya.

Jumlah kandungan protein pada ikan gabus lebih dari 25% lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya. Kandungan albumin pada ikan gabus juga sangat tinggi. Albumin adalah protein utama dalam darah yang diproduksi oleh hati.

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Gabus Untuk Kesehatan Tubuh

Peran albumin bagi tubuh sangatlah penting, sehingga apabila kekurangan albumin bisa mengakibatkan beragam masalah untuk tubuh. Kandungan lain pada ikan gabus di antaranya ialah omega 3, zat besi, fosfor, kalsium, vitamin A, B1 serta air. Jika rajin memakan ikan gabus maka akan memperoleh manfaat tidak terduga. Berikut fungsi dari memakan ikan gabus.

1. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Selain sebagai media mempercepat penyembuhan luka ternyata ikan gabus juga mampu menjaga keseimbangan cairan yang terdapat dalam tubuh. Pada tubuh manusia meliputi 70% cairan. Tubuh memerlukan cairan yang dipakai untuk proses metabolisme.

Tubuh tidaklah selalu memperoleh asupan cairan cukup padahal tubuh memerlukan cairan dalam melakukan metabolisme. Albumin dengan kandungan di dalam ikan gabus mempunyai peran penting dalam menjaga kestabilan cairan karena albumin dapat membuat air dalam darah masuk ke dalam sel sehingga kestabilan terjadi.

Dan sebaliknya saat terjadi kelebihan konsentrasi air di dalam tubuh albumin mempunyai peran penting mengeluarkan kelebihan ini dari dalam sel selanjutnya air yang berlebih akan masuk ke dalam darah sehingga kestabilan cairan pada tubuh akan tetap terjaga.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat ikan gabus untuk mempercepat proses penyembuhan luka memang bisa dibilang sebagai yang paling utama. Hal ini tentunya berkat kadar albumin tinggi dalam ikan gabus. Seperti telah disebutkan terlebih dahulu, albumin merupakan protein utama dalam darah. Albumin mempunyai peran sangat perlu dalam penyembuhan luka.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa pemberian ekstrak ikan gabus pada pasien pasca operasi dipercaya menjadi pemicu masa menyembuhkan dari luka sangat cepat. Tentunya konsumsi ikan gabus tidak hanya baik untuk pasien yang menjalani operasi, tapi bisa juga digunakan untuk membantu masa menyembuhkan dari luka yang ditimbulkan oleh beraneka penyebabnya.

3. Membantu Pembentukan Sel Darah Putih

Sel darah putih sangat penting bagi tubuh karena sebagai sistem imunitas dan ikan gabus terbukti mampu membantu proses pembentukan sel darah putih. Saat adanya benda asing masuk ke dalam tubuh, sel darah putih ialah suatu bentuk pertahanan pertama tubuh dengan sifat fagositasnya.

Lagi-lagi albumin ialah protein yang sangat mempunyai peran dalam proses membentuk sel darah putih. Kekurangan albumin di dalam tubuh dapat menjadi pemicu tubuh mudah mengalami peradangan dan sakit.

4. Mengatasi Kekurangan Gizi

Menjaga kondisi gizi tetap tercukupi memang bukan merupakan hal mudah, apalagi pada anak-anak yang mempunyai kebiasaan susah makan. Hal ini lah yang dapat memicu sangat sering anak-anak kekurangan gizi pada masa perkembangannya.

Konsumsi ikan gabus maupun ekstrak ikan gabus secara teratur dapat memperbaiki kekurangan gizi tersebut, karena kandungan nutrisi di dalamnya hampir memenuhi keperluan gizi harian, terutama untuk anak-anak.

5. Menjaga kesehatan otot

Manfaat ikan gabus kemudian ialah dapat menjaga kesehatan dan memberi nutrisi tambahan untuk otot dalam tubuh. Tentunya sudah pernah mendengar bahwa protein ialah nutrisi yang sangat perlu dalam proses membentuk otot. Ikan termasuk dalam sumber protein terbaik untuk tubuh.

Kandungan protein dalam ikan gabus mengalahkan ayam, daging sapi, dan ikan air tawar dan bahkan beberapa tipe ikan laut. Kandungan protein di dalamnya memang masih di bawah ikan salmon, tapi ikan gabus dapat menjadi pilihan ikan air tawar terbaik untuk memenuhi keperluan protein.

6. Mencegah Terjadinya Pembengkakan

Albumin yang ada di dalam ikan gabus merupakan suatu tipe protein penting yang bisa menghindarkan terjadinya proses pembengkakan dalam tubuh. Pembengkakan terjadi karena sel darah kehilangan bentuknya.

Dalam darah banyak terdapat molekul dan partikel yang dalam kondisi normal tidak saling tercampur, disinilah peran albumin untuk memastikan darah merah dapat tercampur.

Apabila albumin di dalam tubuh mengalami kekurangan maka akan terbentuk suatu endapan darah di bermacam-macam pada anggota tubuh, endapan inilah yang bisa menimbulkan pembengkakan maupun lebam di dalam tubuh.

7. Mengatasi Hypoalbuminemia

Ikan gabus juga sangat ampuh mengatasi berbagai penyakit yang berbahaya salah satunya Hypoalbuminemia. Gejala hipoalbuminemia antara lain ialah seperti edema, selera makan berkurang, diare, mual, hipotens, penyakit kuning, dan masih banyak lainnya. Penyebab hipoalbuminemia juga ternyata beraneka mulai dari hipertiroidisme, diabetes, sirosis hati, gagal jantung, hingga penyakit lupus.

Pengobatan yang dikerjakan tentunya wajib menyeimbangkan dengan penyakit yang menyebabkannya. Di samping melakukan dalam mengobati penyakit utamanya, pemakaian ikan gabus bisa juga dikerjakan untuk menyembuhkan gejala dari rendahnya kadar albumin tersebut.

Biasanya ibu yang lagi mengandung disarankan untuk mengonsumsi banyak protein hewani seperti ati ayam, telur, dan ikan. Seperti diketahui, banyak tipe ikan air tawar, seperti ikan gabus yang lebih banyak mempunyai manfaatnya.

Kandungan protein pada hewan ini cukup tinggi dan terbukti sangat baik untuk perkembangan rahim ibu hamil juga janin.

8. Melancarkan Sistem Pencernaan

Ikan gabus mempunyai kadar protein yang tidak kalah dengan daging, tapi ikan gabus mempunyai keunggulan yakni akan cepat dicerna dalam pencernaan. Hal ini tentunya sangat perlu karena jika mencerna makanan yang gampang tercerna, maka sistem pencernaan tak harus bekerja terlalu keras hingga dapat membuat fungsinya terganggu.

9. Menambah Berat Badan dan Kesehatan Mata

Selain banyak makan untuk menambah bobot tubuh, bisa juga mengonsumi protein hewani yang terbukti sangat bagus untuk menambah bobot tubuh. Mengombinasikan karbohidrat dan protein seperti nasi dan ikan gabus, mengakibatkan proses membentuk sel.

Jika ingin mempunyai mata sehat, maka konsumsilah vitamin A secara teratur. Salah satu makanan yang terkandung vitamin A cukup tinggi ialah ikan gabus. Jenis ini mengandung 150 g vitamin, yang sangat manjur untuk mempertahankan kesehatan mata.

10. Mengkonsumsi ikan gabus

Cara paling biasa untuk memperoleh manfaat ikan gabus untuk kesehatan ialah dengan mengonsumsinya langsung. Ikan gabus tersedia dalam bentuk segar dan kering yang dapat diolah menjadi bermacam-macam macam tipe kuliner sesuai dengan selera.

Meskipun ikan gabus mempunyai rasa lezat, tapi tentunya tak seluruh orang menyukainya. Sebagian orang kesusahan mengonsumsi ikan karena aroma amisnya. Maka dari itu, ikan gabus juga tersedia dalam bentuk kapsul ekstak.

Penggunaan kapsul ekstak ikan gabus diadaptasi dengan keperluan dan manfaat yang diharapkan. Pilihan ekstrak ikan gabus pada umumnya sangat disarankan jika memakainya sebagai pengobatan.

Namun jika memerlukan manfaat ikan gabus untuk jangka panjang, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan gabus asli.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!