Manfaat Ikan Gurame

Gurame merupakan ikan air tawar yang banyak dikonsumsi karena dagingnya padat, durinya besar-besar, rasanya enak serta gurih. Di alam, gurami hidup di sungai-sungai, rawa, kolam, juga di air payau.

Tetapi paling sangat suka kolam-kolam tidak terlalu dalam dengan banyak tumbuhan. Sesekali jenis ini muncul ke permukaan untuk bernapas langsung dari udara.

Induk gurami, untuk beberapa waktu menjaga serta merawat anak-anaknya. Telurnya dilekatkan di tetumbuhan air atau ditaruh di sarang terbuat dari tumbuh-tumbuhan.

Gurami terutama ialah pengkonsumsi tumbuhan, tetapi terkadang juga melahap serangga, ikan lain, juga barang-barang yang membusuk di air di kolam-kolam.

Kandungan Nutrisi Ikan Gurame

 

Umumnya tubuh manusia memerlukan protein, sejumlah 0,75 atau 0,80 gram perkilo dari bobot tubuh, cukup banyak karena fungsinya sangat vital, untuk itu perlulah asupan protein setiap hari dalam tubuh.

Ikan gurame terkenal sebagai salah satu makanan yang mengandung banyak proteinnya. Karena gurame sendiri mempunyai kandungan protein sejumlah 19% bisa kita serap.

Hasil ini jauh lebih tinggi dari tipe ikan lainnya seperti lele, nila, dan ikan mas, terlebih kandungan asam amino essensial yang dihasilkan oleh hewan inipun cukup besar.

Selain protein di dalam gurame, kandungan nutrisi lain dalam ikan ini salah satunya ialah lemak, yaitu sebesar 2,2%.

Hasil ini dinilai lebih tinggi daripada ikan mas, yang hanya mempunyai kandungan 2% dan ikan juga berada di atas nila mempunyai kandungan hanya 0,49%.

Bukan hanya itu saja, gurame juga mempunyai kandungan penting lainnya, seperti vitamin serta zat makronutrien serta mikronutrien lainya.

Manfaat Ikan Gurame Untuk Kesehatan

Gurami hampir selalu tersedia di restoran untuk dijadikan pelbagai macam kuliner. Terutama gurami bakar dan gurami asam-manis. Ikan ini berharga cukup mahal. Gurami juga disenangi sebagai ikan hias akuarium. Berikut manfaat konsumsi ikan gurame :

  • Mencegah Penyakit Degenerative

Penyakit degeneratif ialah penyakit yang umum dialami saat usia tua, atau biasa disebut penyakit menua. Beberapa penyakit tergolong degeneratif ialah tekanan darah tinggi, jantung koroner, serta kanker.

Penyebab utama penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi ialah, kolestrol tidak terkontrol, sedangkan sebagian besar makanan dengan nutrisi penting, juga mempunyai kadar kolestrol tinggi untuk tubuh.

Salah satu makanan dengan kolestrol tinggi juga ialah kerang, udang, gajih sapi, iga, dan sebagainya, supaya nutrisi tetap terjaga, maka perlu makanan pengganti dengan nutrisi serupa, tetapi mempunyai kandungan kolestrol rendah.

Contohnya ialah gurame, mempunyai protein tinggi tetapi kadar lemaknya rendah, yaitu 55mg/10 gr saja.

Sebagian besar penyebab penyakit kanker ialah dikarenakan pola makanan tidak teratur, zat kimia, rokok, serta minuman keras. Kegiatan makanan tersebut sifatnya karsinogenik, atau menyebabkan terjadinya kanker pada tubuh.

Ikan gurame terbukti mempunyai nutrisi cukup untuk memperkecil risiko penyakit degeneratif.

  • Menyehatkan System Kardiovaskular

Manfaat mengonsumsi gurami bisa menghindari timbulnya sakit berat, contohnya gagal jantung, maupun sakit berat lainnya. Olahan ikan gurami yang sehat dapat mencegah dari timbulnya pengumpulan trigliserida, menurunkan adanya tingkat trigliserida berlebihan, dapat memperbanyak HDL (lemak yang bagus ), dan menghindari adanya pembekuan darah.

Hal tersebut secara keseluruhan bisa memudahkan sistem kerja kardiovaskuler.

  • Mencegah Marasmus Dan Penyakit Kwashiorkor

Salah satu penyakit kekurangan gizi paling sering kita temui, pada balita usia 0 -2 tahun ialah marasmus, yaitu retardasi perkembangan tubuh dan kurangnya lemak serta otot di bawah kulit.

Sehingga anak – anak yang menderita penyakit ini mempunyai tubuh sangat kurus serta lemas, seperti hanya tulang terbungkus kulit tetapi perutnya membesar.

Penyakit marasmus disebabkan oleh kurangnya asupan makanan bergizi yang terkandung protein dan kalori cukup, infeksi, genetis, prematuritas, atau masalah lingkungan, penyakit ini termasuk cukup serius.

Sedangkan penyakit kwasiokhor atau lebih dikenal sebagai penyakit busung lapar, yaitu penyakit malnutrisi protein umumnya menjangkit anak- anak juga balita.

Penyakit ini biasanya dijumpai di daerah pedalaman, yang masih tidak perduli akan kesehatan penduduknya, sehingga kurang asupan gizinya, tandanya ialah tubuh kurus kering. Bagian tangan juga kaki tetapi perutnya buncit, sedangkan bagian wajahnya bengkak lebam.

Kedua penyakit ini hamper sama, namun hal ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan salah satunya adalah konsumsi ikan gurame.

  • Membantu Perkembangan Otak dan Otot

Salah satu manfaat ikan gurame ialah membantu pertumbuhan otak. Asam lemak omega 3 dengan kandungan dalam gurame terbukti dapat membantu pertumbuhan sel otak, terutama untuk usia anak-anak.

Tidak hanya membantu perkembangan otak, mengonsumsi gurame terbukti dapat membantu perkembangan otot. Ikan gurame mengandung kadar protein tinggi sangat bagus untuk perkembangan otot.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Protein pada gurame memiliki fungsi membantu pembekuan darah jika terjadi luka, karena kandungan unsur fibrinogen dan tromboplastin. Ketika jatuh dan mengalami luka, maka darah akan keluar dari kulit.

Untuk itu tubuh membutuhkan sistem pembekuan darah untuk menghentikan luka tersebut. Di sini fungsi tromboplastin bekerja. Setelah itu fibrinogen membantu dengan membentuk jaringan baru sebagai pengganti jaringan rusak akibat proses jatuh tadi.

Dengan adanya stimulus fibrinogen banyak, maka kesembuhan luka juga semakin cepat.

  • Menghindari Chacexia Dan Menghaluskan Kulit

Ada lagi penyakit serius mengenai kekurangan protein yaitu cachexia. Penyakit ini membuat penderita merasa gampang kelelahan padahal hanya melakukan aktivitas ringa saja. Gejala yang timbul seperti penipisan otot, kurangnya protein, penuruman bobot tubuh secara abnormal.

Saat ini sangat banyak krim atau alat kosmetik dengan kandungan protein di dalamnya,  karena salah satu fungsi protein ialah untuk membantu meregenerasi kulit, protein akan lebih bagus penyerapanya jika diolah di dalam tubuh, sehingga jika bisa tetap tampil cantik, konsumsilah ikan gurame kaya protein ini.

  • Membantu Program Diet

Jika sedang menjalani program diet, mengonsumsi gurami merupakan alternatif baik bagi tubuh. Ikan gurami kaya akan mineral, vitamin dan nutrisi.

Orang yang sering mengkonsumsinya umumnya akan jarang mengkonsumsi makanan dengan banyak kandungan lemak jenuh seperti halnya pada keju atau daging.

Ikan gurami tidak mempunyai kandungan kolesterol banyak, sangat tinggi vitamin dan protein serta mempunyai kandungan omega 3 amat banyak. Ikan gurami tak mungkin merusak program diet.

  • Pendamping Nasi Yang Sempurna

Jika sedang mengalami kemalasan saat makan siang dengan lauk sama setiap hari, bisa coba untuk mulai memakai ikan gurami untuk kumpulan menu pendamping nasi yang nikmat. Ikan gurami ialah sumber protein hewani yang memiliki banyak kelebihan, di antaranya ialah: kaya akan vitamin, protein, mineral dan berkalori rendah.

Ikan gurami amat bagus bagi yang hendak menjaga metabolisme tubuh selain kita peroleh dari makan sayur-sayuran. Banyaknya gizi pada gurami juga cukup menarik bagi manusia, seperti asam amino esensial maupun non esensial.

Disamping itu, gurami juga memiliki daya serap relatif tinggi yakni 90-100 persen.

Lebih dari itu, ikan gurami pun gampang untuk diolah bisa digoreng, dikukus atau direbus lebih menyehatkan.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!