Manfaat Ikan Jelawat dan Ikan Mas

Ikan ini mempunyai bentuk badan seperti bercorak sisik renggang. Menjadikannya mirip ular. Rasanya terkenal sangat lezat serta gurih. Dengan daging tebal juga cocok untuk dihidangkan menjadi gulai, supaya bumbunya meresap.

Namun begitu, patut berhati-hati, sebab bila mengonsumsi jelawat berlebihan bisa dapat memicu pusing.

Manfaat Ikan Jelawat Untuk Kesehatan

Berikut manfaat ikan jelawat supaya semakin bijak dalam mengkonsumsinya:

  • Mengurangi Radang Paru – paru

Radang paru-paru ialah terjadinya peradangan dan terisi cairan pada pulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer. Penyakit ini umumnya ditimbulkan karena berlebihan minum alkohol. Untuk itu jelawat memiliki kegunaan dapat jadi cara mengatasinya.

  • Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi

Sungai menjadi lahan subur berkembangnya beraneka tipe ikan seperti salah satunya jelawat. Kandung fosfor di dalamnya cukup tinggi yang akan meningkatkan kinerja dari proses pencernaan makanan sekaligus meningkatkan proses pembuangan zat penting dalam tubuh.

Selain itu, kandungan fosfor dalam ikan jelawat baik untuk mempertahankan kesehatan tulang dan gigi supaya lebih kuat sehingga sangat sulit rapuh.

  • Mengontrol Berat Badan

Bagi yang sangat memperhatikan penampilan serta selalu ingin tampil sempurna. Ikan jelawat dapat membantu, karena kandungan lemak termasuk rendah dan mudah dicerna.

Manfaat dari jelawat ini dapat memeriksa bobot tubuh agar tidak kegendutan. Tentu saja ini akan membuat semua orang merasa bahagia, tak harus repot-repot menghindari beraneka macam macam makanan, terutama ikan.

  • Menambah Massa Otot

Ikan jelawat juga mengandung protein tinggi seperti jenis lain. Protein sendiri merupakan makronutrien berguna untuk membentuk biomolekul.

Pada ikan jelawat mengandung protein hingga mencapai 25% dan kebanyakan meliputi asam amino. Dengan tingginya protein dalam binatang air ini, maka sangat bagus dimakan untuk mengembangkan serta menyehatkan otot saraf khususnya bagi yang senang fitnes atau body building.

  • Meningkatkan Stamina Dan Imunitas

Stamina merupakan energi yang diperlukan tubuh supaya bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Biasanya orang meminum supelmen yang umum dijual di toko ataupun supermarket yang katanya menjadi lebih bertenaga dan bergairah. Maka dari itu cobalah khasiat jelawat.

tubuh manusia senantiasa memerlukan asupan nutrisi supaya tubuh kelihatan bugar. Ikan jelawat juga mengandung asupan yakni vitamin B1 yang berguna dalam menjaga tonus otot yang terdapat di sepanjang dinding sistem pencernaan, serta dapat meningkatkan sistem imunitas dan antibiotik tubuh dalam melawan stress.

Vitamin B1 juga mempunyai peran untuk membasmi rasa pusing dan letih karena kelalahan bekerja.

  • Mencegah Penyakit Gondok

Manfaat yodium dalam ikan jelawat ini juga sangat perlu untuk menghindarkan penyakit gondok. Apabila tubuh kekurangan yodium, khususnya pada saat proses kehamilan akan menjadi pemicu bayi terlahir kretin serta IQ rendah.

Oleh karena itu, memakan ikan jelawat juga sangat rekomendasi untuk ibu hamil dengan takaran tepat dan tidak berlebihan.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya berkhasiat untuk mengobati beraneka penyakit dalam, tetapi kandungan nutrisi yang terdapat dalam ikan jelawat juga baik dimakan untuk mempertahankan kesehatan dan kecantikan kulit juga menjadi sumber antioksidan untuk kulit yang juga terkandung dalam hewan air ini.

Salah satu penyakit kulit yaitu radang yang membuat warna kemerahan dan tampilan kasar di kulit serta jerawat bisa dicegah dengan menggunakan cara memakan ikan jelawat secara rutin.

Ikan jelawat memiliki kandungan protein tinggi dan bermacam-macam vitamin serta mineral lain ini sangat bagus dimakan segala usia mulai dari anak anak, orang dewasa juga ibu hamil.

Untuk memperoleh khasiat luar biasa dari ikan ini, hindari mengolahnya dengan menggunakan cara digoreng karena kandungan lemak jenuh pada ikan dan proses memasak akan menurunkan kandungan gizinya.

Manfaat Ikan Mas

Ikan mas merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis penting serta telah tersebar luas di Indonesia. Hewan air ini punya beragam nutrisi, seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin B1.

Namun, kandungan lemaknya sangat gampang rusak. Untuk menjaganya supaya tetap baik, sebaiknya dimasak dengan cara disup, dikukus, ataupun dipepes. Hindari memasaknya dengan digoreng. Berikut ini ialah 5 manfaat ikan mas untuk tubuh.

  • Mencerdaskan Otak

Minyak ikan sangat bagus untuk kecerdasan. Nutrisi DHA atau docosa hexaenoic acid yang mempunyai rantai panjang omega 3 dalam minyak ikan bisa merangsang pertumbuhan otak, sehingga otak akan lebih berkembang dan menjadikannya lebih pintar.

DHA juga mampu meningkatkan daya ingat pada otak, serta meningkatkan kemauan belajar.

  • Menyehatkan Mental Serta Mencegah Kanker

Selain banyak hal yang punya hubungan dengan fisik, ternyata mengonsumsi ikan dalam jumlah stabil bisa membuat lebih tenang dan sangat sulit emosi. Hal ini terkait dengan terkandungya yang mampu memonitor tekanan darah.

Menurut penelitian terakhir, ikan mampu menghambat perkembangan jaringan-jaringan kanker, terutama kanker payudara, usus, dan prostat.

  • Menurunkan Resiko Penyakit Jantung Dan Membantu Pembentukan Sel

Salah satu kandungan yang dimiliki oleh ikan mas ialah omega 3. Omega 3 sangat bagus untuk kesehatan jantung. Fungsi lainya ialah mampu memantau detak jantung supaya normal. Ketika seseorang mengonsumsi 2 porsi satu minggu, ternyata dapat menurunkan resiko gagal jantung.

Selain untuk kesehatan jantung, omega 3 juga membantu perkembangan. Hal ini terjadi karena omega 3 mampu merangsang jaringan-jaringan untuk berkembang sangat cepat.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!