Manfaat ikan kerapu untuk ibu hamil

Ikan kerapu termasuk dalam tipe ikan laut, biasanya hidup di karang-karang. Ada 46 tipe spesies di dunia, tetapi yang biasa diperoleh di perairan Indonesia saat ini ialah kerapu bebek/tikus, kerapu lumpur, kerapu kertang, kerapu macan, kerapu totol, kerapu karang, kerapu pasir dan kerapu sunu.

Di beberapa negara tropis, ikan kerapu (groupers) sudah mulai di budidayakan secara komersil. Selain mempunyai rasa daging lezat dan mempunyai kandungan gizi tinggi, juga mempunyai harga jual tinggi di pasar dunia.

Manfaat Ikan Kerapu Untuk Ibu Hamil Serta Kesehatan Tubuh

manfaat-ikan-kerapu-untuk-ibu-hamil

Mahalnya harga komoditas ini diakibatkan ketersediaannya di alam mulai berkurang, sedangkan permintaan pasar dunia semakin tinggi. Karena banyaknya manfaat ikan kerapu untuk ibu hamil serta kesehatan tubuh, sehingga banyak orang mengkonsumsinya.

Budidayanya juga telah digalakkan di indonesia selain untuk memenuhi keperluan dalam negeri, juga sebagai komoditas ekspor.

Ikan kerapu dari Indonesia diekspor dalam situasi hidup ke Hongkong, Taiwan, China, Jepang, Korea Selatan, Vietnam, Thailand, Filipina, USA, Australia, Singapura, Malaysia dan Perancis.

Ikan kerapu alam dan hibrida telah ada banyak dibudidayakan di Indonesia ialah: kerapu tikus/bebek, kerapu macan, kerapu cantik (persilangan kerapu macan dan batik), kerapu cantang (persilangan kerapu macan dan kertang).

Dari empat tipe ini, kerapu cantang dan kerapu cantik paling secara umum dikuasai dibudidayakan. Hal ini diakibatkan keduanya mempunyai masa budidaya relatif pendek, sehingga dirasa lebih menguntungkan bagi pembudidayanya.

Jenis ini memiliki berbagai macam kandungan gizi baik untuk kesehatan tubuh. Sehingga tidak heran apabila permintan pasarnya pun semakin tinggi karena diiringi dengan semakin banyaknya peminatnya.

Kandungan gizinya antara lain asam lemak omega-3, vitaminĀ  d dan b2 (riboflavin), fosfos, kalsium dan mineral : zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium.

Dengan banyaknya nutrisi di dalamnya, maka banyak pula manfaat ikan kerapu untuk ibu hamil yaitu:

Mengembangkan otak janin

Kandungan ikan kaya akan asam lemak omega-3 sangat berguna untuk mengembangkan sistem syaraf dan otak pada janin yang terdapat di dalam kandungan. Oleh karena itulah cara membuat anak cerdas semenjak dalam kandungan, pada ibu hamil disarankan untuk banyak memakan olahan hewan air setiap harinya.

Selain itu kandungan DHA bisa menghindarkan terjadinya kontraksi di dalam rahim. Apabila kontraksi dini terjadi, ibu hamil akan rentan mengalami keguguran.

Selain omega 3 juga terdapat asam folat sehingga manfaat ikan kerapu untuk ibu hamil ini bisa meningkatkan kecerdasan otak janin.

Mengembangkan neurologis dan menyehatkan mata janin

Kandungan omega-3 yang menjadi manfaat ikan kerapu untuk ibu hamil berguna menumbuhkan dan mengembangkan fungsi neurologis pada janin di dalam kandungan.

Kandungan protein dan DHA bisa dipakai untuk menyehatkan indera penglihatan pada janin. Jika indera penglihatan sehat, janin akan dapat menghindari kebutaan.

Menghindari bayi premature

Mengkonsumsinya secara rutin bisa menghindarkan janin terlahir secara prematur. Bahan makanan yang dapat dipakai untuk menghindarkan bayi lahir secara prematur ialah ikan laut, sebab kandungan gizinya lebih gede dibandingkan dengan ikan air tawar. Ini merupakan salah satu manfaat ikan kerapu untuk ibu hamil.

Mengembangkan dan menguatkan otot janin

Jika janin mempunyai otot yang tidak berkembang, janin tersebut akan menjadi lumpuh. Sebab syaraf di dalam tubuh janin punya hubungan dengan otot yang terdapat di dalam badannya. Oleh karena itulah penting sekali mengambil manfaat ikan kerapu untuk ibu hamil dengan memakannya secara rutin.

Otot bagi janin ialah hal penting sebab janin bisa bergerak diakibatkan otot di dalam badannya, memakannya secara rutin bisa dipakai untuk memperkuat otot janin. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya mempunyai peran penting dalam memperkuat otot janin.

Mengurangi depresi

Kandungan DHA terbukti bisa memiliki manfaat ikan kerapu untuk ibu hamil yaitu menghindarkan dan menurunkan depresi. Terutama saat beberapa ciri orang hamil baru muncul banyak yang merasakan tertekan akibat kehamilannya.

Oleh karena itulah memakannya adalah salah satu alternatif tepat untuk membasmi dan menghindarkan depresi selama kehamilan.

Meningkatkan imunitas

Ikan mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem imun. Manfaat ikan kerapu untuk ibu hamil ini ialah ketika janin di dalam kandungan dilahirkan oleh ibu hamil, kelak bayinya tersebut tak mungkin mudah mengalami sakit.

Vitamin C pada ikan laut maupun air tawar sangat baik untuk proses membentuk antobodi janin di dalam kandungan.

Menyehatkan kulit

Ibu hamil yang banyak mendapat manfaat ikan kerapu untuk ibu hamil terbukti kulitnya akan lebih sehat dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak memakannya.

Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil bisa membuat kulit ibu hamil kusam, berjerawat dan masih banyak lainnya. Vitamin pada makanan ini terbukti bisa menutrisi kulit ibu hamil dibandingkan dengan penggunaan kosmetik.

Sebab saat mengandung ibu hamil wajib menghindari penggunaan kosmetik sehingga ibu hamil diinginkan untuk memakannya secara rutin supaya bisa menutrisi kulitnya setiap hari.

Manfaat ikan kerapu bagi kesehatan

manfaat-ikan-kerapu-bagi-kesehatan

Selain menfaat ikan kerapu untuk ibu hamil sangat banyak bagi pengkonsumsi juga dapat mengambil manfaat ikan kerapu bagi kesehatan antara lain:

Menyehatkan system kardiovaskular

Manfaat ikan kerapu bagi kesehatan yaitu bisa menghindari penyakit – penyakit berat, seperti gagal jantung, atau penyakit-penyakit berat lain.

Olahan ikan tepat dapat dimanfaatkan untuk menghindarkan timbulnya pengumpulan trigliserida, meminimalisir adanya tingkat trigliserida berlebihan, bisa memperbanyak HDL (lemak yang bagus), dan menghindarkan adanya pembekuan darah.

Hal ini secara menyeluruh bisa memudahkan sistem kerja kardiovaskuler.

Sebagai menu diet sempurna

Jika sedang menjalankan program diet, mengonsumsi jenis ini merupakan alternatif yang cocok untuk tubuh. Ikan kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Orang yang suka mengonsumsinya umumnya akan sedikit dalam mengkonsumsi makanan dengan banyak kandungan lemak jenuh seperti pada keju atau daging.

Ikan tidak mempunyai kandungan kolesterol tinggi, sangat tinggi vitamin dan protein dan juga mempunyai kandungan omega 3 berlimpah. Sehingga tak mungkin menghalangi rencana diet. Sehingga manfaat ikan kerapu bagi kesehatan sangatlah cocok untuk menu diet.

Mencegah penyakit kolesterol

Manusia yang mudah terinfeksi penyakit jantung koroner ialah orang yang mempunyai kadar kolesterol di atas 300 mg/dl. Tapi, ancaman dari penyakit kolesterol tidak bisa terwujud jika sering mendapat manfaat ikan kerapu bagi kesehatan.

Hal tersebut diakibatkan pada setiap tubuhnya mempunyai kandungan minyak ikan sangat tinggi. Manfaat minyak ikan (cold liver) yang terdapat di dalam tubuhnya, mempunyai kandungan asam lemak tak jenuh baik bagi kesehatan jantung yakni asam lemak omega.

Anjuran olahan ikan kerapu untuk ibu hamil

Untuk mendapat manfaat ikan kerapu untuk ibu hamil, cara pengolahannya juga harus tepat. Berikut ini anjuran olahan ikan kerapu untuk ibu hamil :

Masak sampai matang

Ibu hamil jangan mengkonsumsi ikan belum matang dan dimasak setengah matang. Ibu hamil juga dilarang mengkonsumsi ikan dibakar secara langsung tanpa proses penggorengan sebelumnya.

Ikan belum matang yang langsung dibakar umumnya tidak matang sempurna, sehingga dapat menjadi makanan berbahaya bagi janin yang terdapat di dalam kandungan. Ikan belum matang dan setengah matang mengandung bakteri salmonella.

Apabila bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh janin dalam kandungan akan berbahaya. Ibu hamil juga dilarang mengkonsumsi ikan yang sudah diolah menjadi sushi, sebagian besar makanan jepang memakai bahan belum matang untuk kulinernya.

Buang sisik dan kepalanya

Sisik dan kepala ikan mengandung senyawa toksik cukup tinggi, sehingga saat ingin mengkonsumsi ada baiknya ibu hamil membuang sisik dan juga membuang kepalanya.

Banyak orang hobi mengkonsumsi kepala ikan, padahal kepalanya mengandung senyawa toksik tinggi, sehingga jika dimakan secara berlebihan bisa berbahaya bagi ibu hamil.

Hindari merkuri

Sebaiknya hindari memakan ikan yang banyak terkandung merkuri. Sebenarnya semua ikan mengandung merkuri, hanya kadarnya saja tidak sama. Ikan dengan takaran merkuri tinggi dilarang dimakan selama kehamilan.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment