Manfaat Ikan Tawes Dan Telur Ikan

Manfaat Ikan Tawes Dan Telur Ikan Bagi Kesehatan. – Hewan air ini mempunyai nama latin puntius javanicus dengan ciri badan panjang memimipih ke samping dan berwarna gelap ini bukanlah ladang yang sulit untuk diternakkan dan memberikan banyak keuntungan.

Bukan hanya keuntungan secara materi saja, tetapi juga keuntungan dari segi kesehatan.

Manfaat Konsumsi Ikan Tawes

Manfaat dari konsumsi ikan tawes secara rutin

[the_ad id=”3237″]

Ikan tawes termasuk dalam tipe ikan tawar dengan banyak zat berguna untuk tubuh. Tinggi akan kalori, fosfor, omega 3, vitamin a, serta kalsium ialah beberapa keunggulan dari tawes yang membedakannya dengan tipe ikan tawar lain.

Untuk memperoleh hewan air ini pun bukan suatu hal yang menyulitkan karena budidayanya sudah menjadi hal yang digemari oleh orang indonesia sehingga mudah untuk memperolehinya di supermarket ataupun di pasar tradisional.

Cara mengolah jenis ini pun tidak terlalu sulit, bahkan bisa diolah menjadi beberapa tipe kuliner seperti dibakar, digoreng, ataupun diolah menjadi pepes.

Berikut beberapa manfaat dari konsumsi ikan tawes:

  • Mencegah Osteoporosis

Tidak dapat dipungkiri jika fosfor mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, dan manfaat fosfor bisa didapat dari ikan satu ini. Kandungan fosfor sejumlah 150 mg pada tiap tawes sangatlah berguna untuk mempertahankan kesehatan tulang dan gigi.

Alias memperkecil terjadinya osteoporosis di kemudian hari. Fosfor ialah salah satu zat penting untuk menyusun struktur tulang dengan menggunakan cara mengendap pada matriks tulang.

Bukan hanya osteoporosis saja sebagai bentuk akibat kekurangan asupan fosfor, tetapi bisa juga dalam bentuk kerusakan gigi atau mudah mengidap penyakit alias metabolisme tubuh lemah.

Informasi menarik Metode Paling Mudah dalam Budidaya Ikan Tawes

  • Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Semua orang telah mengetahui manfaat omega 3 untuk kesehatan tubuh sangat beraneka macam dan tentu saja semua orang ingin memiliki manfaat satu ini dan salah satunya ialah dengan mengonsumsi tawes.

Asam lemak omega 3 sangatlah efektif untuk memantau tekanan darah dan juga menurunkan kadar trigliserida pada darah. Apabila sistem kardiovaskular lancar maka berbagai macam penyakit berbahaya dapat dicegah.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Untuk menjaga kesehatan mata, bisa memperoleh nutrisi yang dibutuhkan dengan menggunakan cara mengonsumsi tawes ini secara teratur. Karena hewan air ini mempunyai kandungan vitamin A sejumlah 150 mg pada tiap ikan dan hal tersebut juga sangatlah berguna untuk memenuhi keperluan vitamin A tiap harinya.

Manfaat vitamin A sangatlah beragam dan berkhasiat untuk tubuh, selain ditambahkan pil penambah vitamin A. Bisa juga mengonsumsi bermacam-macam bahan alami lain untuk mempertahankan kesehatan mata salah satunya ialah jenis tawes ini.

Berbagai Manfaat yang Didapat Dari Konsumsi Ikan Gurame

  • Memenuhi Kebutuhan Kalori

Manfaat lainnya yaitu berkhasiat untuk memenuhi keperluan kalori. Pastinya sangatlah berguna sekali untuk menunjang aktivitas sehari -hari agar tetap lancar dan badan tidak terasa lemas lunglai.

Manfaat kalori sangat bisa diperoleh dari kandungan pada jenis tawes ini, karena kalori ialah zat tertinggi pada ikan ini, lebih tepatnya 198 kalori tiap satu ikan. Sebaliknya, jika keperluan kalori sehari- hari tidak berkecukupan dalam sehari, maka akan mampu membuat merasa lemas dan mudah jatuh sakit.

Manfaat Konsumsi Telur Ikan

Manfaat dari komsumsi telur ikan

[the_ad id=”3775″]

Selama ini banyak yang hanya mengetahui kandungan gizi dan manfaat dari daging ikan saja. Namun perlu untuk mencoba olahan telurnya. Karena di dalamnya terdapat kandungan gizi yang tak kalah dari dagingnya.

Beda tipe ikan akan memproduksi telur tidak sama. Penggemar sushi mungkin familiar dengan telur-telur bundar kecil berwarna oranye terang. Ini ialah telur salmon. Ikan lain, misalnya kakap, gurame, dan ikan mas mempunyai telur-telur kecil berkerumun menjadi satu kelompok besar.

Setiap jenis telur memiliki kandungan gizi berbeda, berikut kandungan gizi dan manfaat yang umum ada pada telur ikan :

  • Vitamin Dan Mineral

Di dalam telur ikan tawes terdapat berbagai macam vitamin yang cukup banyak dan bervariasi, contohnya vitamin B12 yang bagus untuk kesehatan otak. Vitamin D diperlukan supaya tulang semakin kuat, kalsium yang menjadi zat pembangun utama pada tulang, serta sedikit magnesium dan zat besi.

Telurnya bisa juga dijadikan makanan sumber mineral selenium, karena cukup banyak kandungannya. Selenium sendiri bertugas untuk menghindarkan kerusakan sel serta mempunyai peran penting dalam pengobatan penyakit kanker.

Manfaat dari Makan Ikan Jelawat dan Ikan Mas

  • Protein

Tak diragukan lagi, kandungan protein yang terdapat di dalam telur ikan tidak kalah dengan dagingnya. Telur dari ikan cakalang mengandung beragam protein tipe asam amino bisa membantu tubuh untuk memulihkan bermacam-macam jaringan, membantu penyerapan kalsium, serta meningkatkan antibodi.

Sementara per 100 gram telur kakap diketahui mengandung sejumlah 24-30 gram protein. Telur ikan bisa dijadikan alternatif sumber makanan protein sehari-hari.

  • Lemak

Jenis lemak yang dimiliki oleh ikan ialah lemak baik, yakni lemak tidak jenuh dan asam lemak omega 3. Lemak baik ini pun “diwariskan” pada telur-telurnya.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa pada 85 gram telur kakap terdapat 7 gram lemak yang setengahnya merupakan tipe lemak tidak jenuh.

Di dalam tubuh, lemak tak jenuh akan membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Hal paling penting ialah telur ini kaya akan asam lemak omega 3, telah dipercaya dapat menghindarkan proses membentuk radikal bebas, membantu mengurangi kadar kolesterol jahat, hingga membantu mendukung proses perkembangan anak.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment