Manfaat Konsumsi Daging Burung Belibis

Daging burung belibis ternyata bisa dimanfaatkan sebagai olahan kuliner yang sedap. Rasa khas dari kuliner daging belibis sangat mirip seperti tekstur dan rasa daging ayam. Selain mempunyai cita rasa sedap, daging belibis juga memberikan banyak manfaat saat dimakan.

Adapun manfaat daging belibis bagi kesehatan tidak sekadar mempunyai kegunaan untuk mengatasi gejala penyakit ringan saja, tetapi juga gejala penyakit berat yang rawan bahaya.

Manfaat Daging Burung Belibis

Belibis ialah salah satu tipe burung yang hidup di daerah India dan Cina. Di Indonesia, jenis ini dikenal dengan sebutan burung meliwis atau kuntul. Burung ini tidak hidup secara menetap karena diperolehi selalu berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Belibis mempunyai paruh, berdarah panas dan melakukan perkembang biakan dengan bertelur.

Burung belibis umumnya bisa diperoleh di daerah rawa karena menyukai melahap ikan-ikan kecil di rawa. Binatang ini hidup secara berkelompok, karena hal tersebut maka jarang sekali dijumpai jenis ini hidupĀ  menyendiri.

Jika dilihat secara sekilas, binatang ini mempunyai perawakan mirip dengan bebek petelur atau bebek Jawa. Namun binatang ini mempunyai gerakan lebih gesit dari bebek jawa.

Berikut beberapa manfaat dari daging burung belibis :

Mencegah Penyakit Kanker

Kanker merupakan penyebab kematian terbesar di dunia, hal ini dikarenakan perjalanan hormon tidak teratur sehingga mengakibatkan daging tumbuh pada jaringan tubuh yang normal atau biasa disebut dengan tumor ganas. Penyakit ini tergolong penyakit mematikan apabila tidak segera ditangani.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit kanker yaitu dengan mengkonsumsi daging burung belibis. Mengkonsumsi daging ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga apabila system kekebalan tubuh kuat maka penyakit tidak akan mudah menyerang termasuk kanker.

Menurunkan Berat Badan

Daging burung belibis dapat dijadikan menu bagi yang sedang menjalani program diet. Hal ini karena terdapat kandungan karbohidrat yang dapat menggantikan nasi. Selain itu juga terdapat kandungan rendah lemak sehingga saat melakukan diet disertai konsumsi daging belibis tetap bisa makan makanan yang disukai tanpa takut gemuk.

Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan pengeroposan tulang yang terjadi karena tulang tidak kuat dan rapuh. Daging burung belibis juga diketahui berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit osteoporosis. Kandungan mineral yang terdapat didalamnya mampu melenturkan setiap kerusakan jaringan-jaringan tulang dan menghindarkan terjadinya tulang keropos.

Menyeimbangkan Cairan Dalam Tubuh dan Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat daging burung belibis lain yakni dapat menyetarakan mineral atau cairan dalam tubuh. Di dalam daging ini terkandung sodium (natrium) yang berguna untuk memenuhi cairan (mineral) dalam tubuh. Terdapat 2 mg sodium akan diperolehkan oleh tubuh saat mengonsumsi dagingnya.

Produksi sel darah merah yang baik saat mengonsumsi daging burung belibis dapat membuat peredaran darah lancar. Hal ini dapat membuat darah sampai ke semua anggota tubuh dan membuat setiap sistem saluran darah pada anggota tubuh menjadi aktif.

Meregenerasi Sel Darah Serta Melancarkan Pencernaan

Apabila saluran darah lancarĀ  tentu akan membuat sistem kerja darah dalam tubuh berjalan dengan baik. Hal ini bisa juga menjadi dampak positif seperti terjadinya regenerasi sel darah yang terjadi dalam tubuh.

Meskipun di dalamnya hanya terkandung 35 protein, tetapi daging belibis ini cukup efektif untuk melancarkan pencernaan. Protein yang terdapat di dalamnya mampu membantu proses metabolisme sehingga pencernaan akan lebih lancar dan sehat.

Meningkatkan System Imun

Dalam sebuah penelitian, daging burung belibis mengadnung 586 me (kj/100 g). Maka dari itu, dengan mengonsumsi daging ini maka akan terhindari dari beraneka macam virus ataupun bakteri yang terdapat di lingkungan sekitar. Hal ini ditimbulkan karena sistem imunitas dan antibiotik tubuh akan lebih kuat dan sistem kekebalan meningkat beberapa persen dari terlebih dahulu.

Sumber Energy Bagi Tubuh dan Mengobati Penyakit Kusta

Di dalam satu ekor daging burung belibis terkandung hampir 35 gram karbohidrat. Karbohidrat memang menjadi sumber utama di dalam tubuh, karena hal tersebut akan dirasakan energi terjaga dalam waktu lama setelah mengonsumsi daging burung tersebut.

Manfaat burung belibis lainnya yakni mampu menyembuhkan penyakit kusta. Untuk memperoleh manfaatnya, dapat memakai darahnya dan mengolesinya pada semua anggota tubuh.

Banyak sekali sumber protein bisa ditemukan salah satunya ialah sumber protein hewani. Daging burung belibis termasuk dalam burung yang mempunyai sumber protein hewani tinggi. Daging binatang ini sangatlah baik dimakan untuk mempertahankan kesehatan tubuh.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!