Manfaat Konsumsi Ikan Bawal

Ikan ini berasal dari Hawaii dan sebanyak daerah di Indonesia. Ikan bawal hidup berkoloni serta tergolong tipe pemangsa. Jenis ini sangat terkenal di kalangan masyarakat karena mempunyai rasa daging enak juga gurih.

Ikan bawal termasuk dalam protein hewani yang berguna bagi manusia. Manfaat ikan bawal terdapat banyak yang didapat seandainya mengonsumsi secara terus menerus. Lemak dengan kandungannya ialah lemak tak jenuh, hal tersebut menjadikannya mudah untuk dapat dicerna oleh tubuh dengan sempurna.

Kandungan Gizi Ikan Bawal

Ikan bawal memiliki banyak kandungan gizi yang sangat berguna bagi tubuh. Asam lemak omega 3 merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Banyak terdapat pada salmon, tuna dan makarel. Namun, sebuah penelitian di jepang mendapati kandungan omega 3 tertinggi justru ada pada ikan bawal jepang.

Ikan bawal mengandung energi sebesar 96 kilokalori, protein 19 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 1,7 gram, kalsium 20 miligram, fosfor 150 miligram, dan zat besi 2 miligram.

Selain itu di dalamnya juga terkandung vitamin A sejumlah 150 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut diperoleh dari melakukan penelitian terhadap 100 gram ikan bawal, dengan jumlah yang bisa dikonsumsi sejumlah 80 %.

Manfaat Ikan Bawal

Manfaaat yang dapat diperoleh, dari memakan ikan bawal ini sendiri sangatlah banyak, juga protein serta nutrisi baik, dapat diserap dari hewan air satu ini. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi ikan bawal :

  • Untuk Pertumbuhan Otak Anak

Salah satu zat pendukung pertumbuhan otak ialah manfaat minyak ikan salah satunya berasal dari ikan bawal. Kandunganya berupa DHA dan EPA ternyata mempunyai repon positif untuk neuro kognitif pada anak-anak.

Kandungan tersebut apabila terserap oleh tubuh, jika nutrisi pada otak berkecukupan, maka kinerja otak dapat maksimal juga dapat lebih maksimal dalam menerima pelajaran.

Mengurangi resiko penyakit jantung

Kemampuan lain dihasilkan oleh omega 3 yaitu menurunkan resiko gagal jantung. Salah satu penyebab penyakit jantung ialah penempelan bercak atau binti-bintik pada pembuluh darah.

Disinilah asam linoleat atau lebih terkenal dengan omega 3 dalam manfaat ikan bawal, mampu memeriksa cara mencegah penempelan tersebut.

  • Mencegah Stroke

Omega 3 juga berkhasiat sebagai pengobatan dan cara mencegah stroke. Kandungan di dalamnya mampu menurunkan emulsi stroke 21% dan menurunkan keparahan stroke 50%.

Dalam suatu kongres issfal juga menyebutkan bahwa nutrisi asam lemak omega 3 mampu meningkatkan fungsi sel otak dan menurunkan peradangan syaraf.

Memakan ikan dua sampai empat porsi sehari mampu menghindari resiko stroke. Daging ikan memang memberikan sejuta manfaat seperti pada tongkol, tuna, bandeng

  • Mengontrol Kadar Kolesterol

Penumpukan kolesterol akibat lemak jahat pada makanan akan semakin bertambah saat berumur dewasa. Untuk itu perlu menjaganya dengan memakan makanan yang dapat mengikat kolesterol sehingga bisa turun.

Salah satunya dengan ikan bawal karena di anggota tubuh ikan bawal memiliki simpanan minyak ikan amat tinggi. Manfaat minyak ikan (cold liver) yang terdapat pada tubuh bawal, mengandung asam lemak tak jenuh bagus untuk kebugaran jantung yakni asam lemak omega 3.

  • Menyehatkan System Kardiovaskular

Manfaat mengkonsumsi ikan bawal bisa menghindari penyakit – penyakit berat, seperti gagal jantung, maupun sakit berat lain. Olahan ikan bawal yang bagus dapat menghindarkan terjadinya pengumpulan trigliserida, meminimalisir adanya tingkat trigliserida berlebihan, dapat memperbanyak HDL (kolesterol bagus ), serta menghindarkan adanya pembekuan darah. Hal tersebut secara menyeluruh akan memudahkan sistem kerja kardiovaskular.

  • Membantu Program Diet

Setiap orang yang menjalankan program diet atau penurunan dalam bobot tubuh, sangat memerlukan asupan kalori mencukupi, supaya tubuh tetap fit dalam buang airtifitas sehari-hari.

Kadar kalori di dalam ikan bawal termasuk sangat tinggi, jadi bagi yang melakukan program diet sangatlah cocok bila memasukkan tipe ikan ini di dalam menu diet.

  • Mencegah Anemia

Salah satu zat dengan kandungan dalam ikan bawal ialah manfaat zat besi sejumlah 2 mg. Fungsi dari zat besi ialah untuk membantu perombakan dan proses membentuk hemoglobin.

Hb (hemoglobin) inilah patokan kenormalan eritrosit (sel darah merah), sangat membantu bagi yang mempunyai penyakit anemia.

  • Mengurangi Resiko Kanker

Manfaat  lain ialah dapat berkhasiat untuk menanggulangi radikal bebas yang mengakibatkan resiko kanker di dalam tubuh. Agar menghindarkan hal ini, dapat memakan hewan air ini karena kandungan gizi dan antioksidan di dalam ikan sangat beperan penting dalam menangkal radikal bebas pada tubuh.

  • Mencegah Penuaan Dini

Meremajakan kulit supaya tetap cantik dan elastis memang idaman setiap wanita. Salah satu tips ialah dengan memakan makanan yang terkandung vitamin D, manfaat ikan bawal salah satunya.

Dengan mengonsumsi setiap hari, maka vitamin d membantu meremajakan sel kulit, sehingga membuat sel kulit lebih sehat dan segar. Bahkan tipe vitamin D2 dan D3 mampu menurunkan resiko penyakit kulit seperti psoriasis.

  • Mencegah Osteoporosis

Kalsium dan fosfor termasuk dalam kandungan gizi yang mempunyai peran aktif untuk mempertahankan kesehatan tulang, bagi yang tidak ingin terkena osteoporosis.

Hal ini dapat dicoba dengan mulai memasukkan asupan jenis ini ke dalam menu sehat sehari- hari. Terlebih bagi anak -anak dalam masa perkembangan aktif. Supaya mempunyai tulang sehat dan juga kuat, dapat memberikan bawal kepada anak – anak.

  • Mengobati Osteomalacia

Merupakan penyakit yang menginfeksi pada jaringan tubuh manusia. Penyebabnya ialah ketidaknormalan fungsi jaringan ketika mengalami proses membentuk mineral pada tulang.

Akibatnya tulang menjadi lemah dan mudah patah, umumnya terjadi pada usia dewasa. Solusinya ialah ikan bawal dengan kandungan vitamin D serta manfaat matahari pagi.

  • Mencegah Rakhitis

Seperti osteomalacia menginfeksi dewasa, rakhitis ialah penyakit tulang menginfeksi anak-anak. Penyebab utamanya ialah kurangnya asupan vitamin D dan mineral tulang, sehingga pertumbuhan tulang terganggu.

Maka tulang yang dihasilkan lunak dan tidak kokoh. Solusinya ialah anak mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D, misalnya ikan bawal serta berjemur di bawah sinar matahari pagi.

  • Mengurangi Resiko Demensia

Bagi yang mampu memakan ikan setiap hari dapat menurunkan penyakit demensia. Salah satu tipenya ialah alzheimer. Penyakit ini menyerang memori atau wadah penyimpanan karena mengalami degradasi sel otak, sehingga pasien mengalami kelupaan parah.

Salah satu cara mencegahya ialah mengonsumsi ikan dengan kandungan zat omega 3 (DHA dan EPA). Ia mampu untuk menstimulus jaringan dan sel otak.

  • Menjaga Kesehatan Janin Serta Mencegah Peradangan Otak

Ibu hamil juga sangat membutuhkan gizi cukup, guna memenuhi keperluan janinnya, supaya janin di dalam kandungan tetap sehat dan juga proses membentuk sel otak janin dapat terbentuk secara penuh, maka disarankan untuk memakan ikan bawal yang kaya akan omega 3nya.

Omega 3 dengan kandungan di dalam bawal, mempunyai peranan penting, dalam menjaga system saraf otak dan juga peradangan pada otak, seperti yang diketahui bahwa otak mempunyai peranan dalam mengkoordinasi selurah jaringan saraf pada tubuh.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!